20 Manfaat Madu Bagi Kesehatan

Tipscaraalami.com - Manfaat madu bagi kesehatan - Madu sudah sejak zaman dahulu dikenal sebagai sumber pengobatan berbagai penyakit dan juga berkhasiat bagi perawatan tubuh. Madu adalah suatu cairan yang kental, agak mirip sirup dan rasanya manis. Umumnya madu banyak dihasilkan oleh binatang lebah, baik yang di ambil di hutan maupun di kembang biak sendiri.

manfaat madu bagi kesehatan
Manfaat madu (c) Pixabay.com/WikiImages

Terungkap sudah rahasia orang zaman dahulu kenapa bisa sehat dan awet, ternyata mereka tidak menggunakan pemanis buatan seperti zaman sekarang, contohnya gula. Mereka sering menggunakan madu sebagai pemanis alami, jadi mereka bisa hidup sehat.

Lalu seperti apa khasiat madu asli dan manfaat madu bagi kesehatan? Seperti dilansir dari Healthmeup.com, ini 20 manfaat madu bagi kesehatan dan juga bikin cantik.


Manfaat Madu Bagi Kesehatan

  1. Manfaat madu untuk kecantikan kulit yaitu dapat membuat kulit Anda jadi lentur, hal tersebut dikarenakan senyawa humektan yang kaya pada madu yang berfungsi untuk membuat kadar air pada kulit tidak berkurang.
  2. Manfaat madu untuk kulit lainnya adalah dapat mengangkat sel kulit mati dan mencegah munculnya keriput.
  3. Kandungan anti-bakteri dan anti-mikroba pada madu membantu mencegah pertumbuhan bakteri tertentu. Sehingga sangat baik untuk digunakan untuk mengobati luka bakar dan lecet.
  4. Madu bermanfaat membuat luka di kulit cepat sembuh dan membersihkan bekas luka. Jadi luka di kulit Anda akan cepat kering dan tidak akan bernanah apalagi bau.
  5. Manfaat madu untuk kulit lainnya adalah dapat mengobati kulit yang rusak, dan mempercepat regenerasi ke sel kulit yang baru. Selain itu, madu juga dapat menyembuhkan eksim, dermatitis dan gangguan kulit lainnya.
  6. Sifat anti-jamur pada madu ternyata dapat dapat mengobati jamur pada kaki, seperti kurap, kutu air, panu, dan berbagai permasalahan kulit lainnya seperti infeksi pada kaki.
  7. Madu dapat melindungi kulit dari sengatan sinar matahari, antioksidan alami pada madu melindungi kulit dan mengobati kulit yang rusak karena terkena sinar ultraviolet.
  8. Madu dapat digunakan sebagai tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Jadi Anda tidak perlu lagi takut akan terkena sinar matahari, karena berjemur dan terkena sinar matahari juga bermanfaat bagi kesehatan.
  9. Manfaat madu untuk jerawat ternyata juga ada, yaitu madu bisa menembus lapisan atas kulit, jadi dapat mengelupas kotoran. Serta membantu melawan infeksi dan mencegah masalah jerawat.
  10. Manfaat madu untuk kecantikan lainnya adalah dapat meremajakan kulit, jadi Anda bisa menggunakan madu sebagai pelembab untuk kulit Anda.
  11. Manfaa madu untuk bibir yaitu dapat mengatasi bibir pecah-pecah, jadi akan membuat bibir Anda jadi halus dan lembut dan tentunya keriput pada bibir Anda akan hilang.
  12. Manfaat madu seperti glukosa, fruktosa, mineral, magnesium, kalium, kalsium, natrium klor, belerang, besi, gula dan fosfat. Tentunya kandungan tersebut sangat dibutuhkan bagi tubuh Anda agar tetap sehat.
  13. Kandungan vitamin pada madu yaitu vitamin B1, B2, C, B6, B5 dan B3, yodium, dan seng. Jadi dengan hanya mengkonsumsi madu saja ternyata banyak sekali vitamin yang Anda dapatkan.
  14. Madu dapat meningkatkan daya tahan dan mengurangi kelelahan otot.
  15. Madu membantu pada wanita yang mengalami morning sickness saat hamil.
  16. Konsumsi madu secara teratur akan meningkatkan penyerapan kalsium dan jumlah hemoglobin yang membantu untuk melawan anemia.
  17. Madu membantu menurunkan kolesterol serta meningkatkan HDL (kolesterol baik).
  18. Madu membantu membersihkan sistem pernapasan dari lendir.
  19. Madu membantu memodulasi sistem kekebalan tubuh, mencegah terulangnya infeksi.
  20. Madu memainkan peran penting dalam mengelola obesitas. Madu membantu mempercepat metabolisme yang pada gilirannya membantu tubuh lebih banyak membakar lemak.
Itulah manfaat madu, khasiat madu, dan kandungan madu bagi kesehatan dan kecantikan. Ternyata banyak banget manfaat dan khasiat madu bagi tubuh agar tetap cantik dan sehat. Jadi jangan ragu untuk mengkonsumsi madu. Carilah madu asli di kampung-kampung, karena madu yang di jual di supermarket dan pasar-pasar kualitasnya kurang terjamin, bisa jadi sudah di campur. Semoga bermanfaat!