5 Manfaat Buah Kelapa Bagi Kesehatan

Tipscaraalami.com - Manfaat buah kelapa - Kelapa adalah tumbuhan yang hampir diseluruh wilayah di Indonesia bisa di lihat. Kelapa adalah pohon yang begitu banyak manfaatnya bagi kehidupan, seperti batangnya yang bisa dijadikan kayu dan daun kelapa bisa sebagai bahan kerajinan.


manfaat buah kelapa
Manfaat buah kelapa (c) Pixabay.com/Vijayanarasimha
Pohon kelapa yang paling istimewa adalah terdapat pada buahnya. Pada buah kelapa saja Anda akan mendapatkan sejuta manfaat, seperti manfaat daging kelapa, manfaat air kelapa, manfaat buah kelapa ijo, manfaat kelapa parut, manfaat buah kelapa untuk rambut, kecantikan, manfaat buah kelapa untuk kesehatan, untuk kulit, dan masih banyak lagi kegunaan buah kelapa dan kandungan gizi buah kelapa juga sangat dibutuhkan tubuh lho.

Anda tidak akan rugi mengkonsumsi buah kelapa dengan begitu banyak manfaatnya. Tidak hanya itu saja, ada lagi Manfaat buah kelapa yang tunggal ini. Ini manfaat buah kelapa bagi kehidupan seperti dikutip dari situs Healthmeup.com di bawah ini.

Manfaat Buah Kelapa

1. Minyak kelapa
Coconut oil atau lebih di kenal dengan minyak kelapa adalah minyak yang dihasilkan dari buah kelapa yang telah tuan. Cara membuat minyak kelapa ternyata sangat mudah, dan bisa Anda lakukan dirumah, caranya siapkan daging buah kelapa yang telah di ambil dagingnya (parut), kemudian jemur di bawah sinar matahari. Setelah ini, masukkan kedalam wadah dan lihat minyaknya akan keluar secara alami.

Minyak kelapa mengandung 87 persen lemak jenuh yang disebut mampu meningkatkan kadar kolesterol. Namun hal tersebut tidak berlaku pada minyak kelapa. Sebab setengah dari jumlah lemak jenuh tersebut memiliki rantai medium yang mudah dicerna.

Manfaat minyak kelapa
  • Manfaat minyak kelapa untuk rambut yaitu dapat membuat rambut Anda jadi hitam, Anda bisa menggunakannya sebagai minyak rambut. Selain itu, minyak kelapa dapat menjaga rambut Anda tetap lembab, mencegah rambut rontok, dan mencegah ketombe.
  • Selain untuk rambut, minyak kelapa juga bisa di gunakan sebagai minyak goreng.
2. Daging buah kelapa
Selain minyak, manfaat buah kelapa lainnya adalah ada pada dagingnya. Kalau yang ini yang paling nikmat dan enak dari buah kelapa, yaitu dagingnya. Daging buah kelapa sangat enak bila dibuat es degan. Es degan dingin pun bukan cuma minuman lezat yang bisa dinikmati di siang hari, tetapi juga bergizi karena daging buah kelapa adalah makanan rendah karbohidrat namun berserat tinggi.

Selain enak di santap daging mudanya, ternyata banyak juga dagingnya yang mengolah sebagai makanan enak. Banyak kue-kue tradisional yang menggunakan daging kelapa sebagai isi dalamnya. Selain itu, mengkonsumsi daging kelapa muda ternyata dapat memperbanyak sperma dan dapat meningkatkan sistem pencernaan dan fungsi usus.

3. Santan buah kelapa
Manfaat buah kelapa selanjutnya adalah santan. Bagaimana rasanya bila masakan seperti kari atau opor tidak diberi santan, pasti kurang pas dan tidak enak. Santan buah kelapa banyak digunakan sebagai bahan masakan. Kandungan kalori dan lemak pada santan akan membuat suatu masakan lebih enak. Cara membuat santan ternyata sangat gampang, yaitu dengan cara daging santan di peras dan di giling dengan campuran air.

4. Air buah kelapa
Sama seperti daging buah kelapa, ternyata air buah kelapa muda sangat segar bila di minum dingin-dingin, yaitu dapat menambah energi dan membuat badan Anda bersemangat. Selain itu, air kelapa juga dapat mengatasi dehidrasi setelah berolahraga. Segelas air kelapa bahkan sudah bisa memenuhi 10 persen kebutuhan kalium setiap hari.

5. Batok buah kelapa
Selain untuk di konsumsi, ternyata batok buah kelapa bermanfaat sebagai bahan baku membuat berbagai jenis kerajinan tangan, sebagai arang, dan masih banyak lagi manfaat batok kelapa ini.

Itulah beberapa manfaat buah kelapa, ternyata seluruh bagian buah kelapa bisa di manfaatkan. Dan tidak hanya itu saja manfaat buah kelapa, masih banyak lagi manfaat buah kelapa yang bisa Anda dapatkan. Bila Anda memiliki manfaat lainnya, bisa berbagi bersama kami dengan menulisnya di kolom komentar. Terimakasih dan semoga bermanfaat!