15 Cara Menjaga Kesehatan Pencernaan Dengan Alami

Cara Menjaga Kesehatan Pencernaan - Tak bisa di pungkiri lagi bahwa zaman sekarang ini semuanya ingin serba praktis, soal urusan perut juga harus praktis. Jadi tak heran bila sering ada yang mengeluh perut kembung dan sembelit. Apalagi bila sedang akhir pekan dan liburan, maunya semua makanan kesukaan di lahap habis tanpa berpikir dua kali.

Anda patut tau, sistem pencernaan adalah organ yang sangat penting yang terdapat pada tubuh Anda. Sistem pencernaan berfungsi mencerna makanan yang Anda makan tiap hari dan akan disalurkan ke seluruh bagian tubuh Anda lainnya.

Nah ternyata gaya hidup dan apa yang Anda konsumsi ikut mempengaruhi kondisi kesehatan sistem pencernaan Anda. Bila Anda makan makanan yang tidak sehat pastinya sistem pencernaan Anda ikut terganggu. Dan sebaliknya dengan pola makan yang baik sistem pencernaan Anda akan ikut baik juga.


Cara Menjaga Kesehatan Pencernaan Dengan Alami

Ingat sistem pencernaan yang tidak sehat dapat mempengaruhi juga bagi kesehatan jantung Anda bila kesehatan pencernaan Anda sangat parah.

Supaya sistem pencernaan Anda tetap terjaga dan sehat, berikut ada beberapa cara meningkatkan kesehatan pencernaan yang patut Anda coba agar Anda tetap sehat dan bebas akan berbagai gangguan pada sistem pencernaan Anda.

Cara Menjaga Kesehatan Pencernaan


1. Makan dengan porsi kecil


Usahakan untuk makan dalam jumlah kecil dan jangan sekali makan dalam jumlah besar, karena tubuh manusia tidak mampu mencerna makanan di saat bersamaan dalam jumlah yang besar. Jadi, makalah dengan porsi kecil dan bila lapar bisa makan lagi.

Lihat juga:
Efek sering minum air dingin
Gejala diabetes
Gejala usus buntu
Cara mengatasi mual saat hamil

2. Jangan minum banyak saat makan


Saat sedang menikmati makanan, lebih baik jangan meminum air. Karena dengan meminum air saat sedang makan, air akan melemahkan enzim pencernaan alami di dalam tubuh Anda. Sehingga hal ini dapat mengganggu sistem pencernaan Anda.

3. Mengunyah makanan secara perlahan


Makanan yang lebih halus dan hancur di kunyah akan lebih baik untuk meringankan kerja sistem pencernaan Anda. Sebaliknya bila Anda buru-buru dalam makan, itu akan menyebabkan makanan tidak hancur sempurna saat dikunyah. Dan hal itu akan membuat sistem pencernaan Anda terganggu.

4. Sebelum tidur jangan makan banyak


Pada saat kita tidur, semua sistem tubuh pada manusia akan berhenti bekerja dan juga sistem pencernaan. Nah, makan dari itu bila kita makan saat mau tidur akan berdampak pada masalah kesehatan lainnya, seperti perut jadi mulas dan dapat meningkatkan berat badan.

5. Ketika sedang stress, lebih baik tidak makan


Stress termasuk faktor yang menyebabkan berat badan naik. Ketika sedang stres, umumnya seseorang akan cenderung makan banyak dan tidak memperdulikan apa yang mereka makan.

6. Konsumsi banyak makanan berfermentasi


Makanan fermentasi seperti yogurt atau acar baik untuk kesehatan karena bakteri alaminya baik untuk meningkatkan kesehatan usus.

7. Tidak lupa mengonsumsi peppermint atau teh jahe


Kedua makanan jenis ini mampu meningkatkan pencernaan Anda. Konsumsi makanan ini di malam hari di saat pencernaan Anda mengalami proses perbaikan.

8. Sarapan pagi


Jangan lupa untuk selalu sarapan pagi tiap hari meski sedikit. Karena sebelum melakukan rutinitas tiap hari, tubuh Anda akan membutuhkan banyak energi, bila Anda tak sarapan pagi makan bisa berakibat asam lambung.

Bagi Anda yang menderita maag, hindari sarapan pagi dengan makanan berat. Anda bisa makan makanan seperti bubur yang bagus untuk di makan di pagi hari, dan akan membuat pencernaan Anda tidak kaget karena dari semalam waktu tidur perut berpuasa.

9. Jangan begadang


Ingat lagu Roma Irama begadang itu tidak baik karena bila tidak ada manfaatnya. Nah bila tak ada manfaatnya sudah sepatutnya Anda tidak begadang. Karena begadang dapat membuat kesehatan pencernaan dapat terganggu.

Lihat juga:
Cara mengatasi diabetes
Cara mengatasi ambien
Cara mengatasi anak susah makan
Tanda tanda keguguran

10. Makan makanan yang cukup serat


Cara menjaga kesehatan sistem pencernaan lainnya adalah dengan konsumsi serat yang cukup. Serat yang cukup akan membantu kerja usus lebih baik, teratur, sehingga BAB akan lancar.

Mengkonsumsi serat yang cukup merupakan cara alami menjaga kesehatan sistem pencernaan Anda. Anda bisa mengkonsumsi makanan dan buah-buahan yang tinggi serat, seperti buah semangka dan lain-lain.

11. Perbanyak olah raga


Dengan rajin olah raga tiap hari ternyata tidak hanya membuat tubuh Anda sehat dan bugar tetapi juga dapat membuat sistem pencernaan Anda menjadi lancar. Saat tubuh digerakkan, makanan dalam tubuh akan mudah untuk di cerna oleh tubuh, jadi Anda akan jarang sembelit atau susah BAB.

12. Hidup sehat


Hindari kebiasaan hidup tak sehat. Hidup tak sehat sangat tak disukai oleh tubuh dan membuat sistem pencernaan Anda akan terganggu. Maka dari itu mulai sekarang hindari jajan sembarangan seperti makan gorengan, serta makan makanan olahan.

13. Kurangi makanan berlemak


Jangan terlalu banyak makan makanan berlemak. Bila Anda sangat ingin memakannya karena godaan nafsu, sebaiknya imbangi juga dengan makan makanan yang sehat. Contohnya sehabis makam nasi goreng, jangan lupa juga untuk memakan buah timun atau buah penurun kolesterol lainnya.

14. Jaga kebersihan


Selalu jaga kebersihan saat Anda makan. Seperti cuci tangan sebelum makan, atau mencuci bersih buah yang akan dimakan. Selain itu perhatikan juga akan kebersihan tempat makan Anda.

Dengan begitu Anda akan terbebas dari berbagai macam penyakit pada pencernaan Anda, seperti diare. Karena diare adalah penyakit yang diakibatkan oleh kebersihan makanan yang Anda makan.

15. Rokok, soda, dan alkohol


Cara yang terakhir menjaga kesehatan sistem pencernaan adalah menghindari rokok, minuman bersoda, dan alkohol. Karena melakukan hal ketiga tersebut dapat mempengaruhi kesehatan pada pencernaan Anda.

Lihat juga: 
Manfaat jeruk nipis
Manfaat buah sirsak
Manfaat daun kelor
Manfaat daun seledri
Manfaat daun singkong

Itulah 15 tips cara alami cara menjaga kesehatan pencernaan dari tipscaraalami.com. Jagalah selalu sistem pencernaan Anda, karena bila tidak dijaga akan banyak menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan lainnya, seperti susah BAB (buang air besar).

Baca juga tips cara alami lainnya, seperti manfaat mengkonsumsi telur mentah. Demikian, semoga bermanfaat!