0
TIPSCARAALAMI - Gejala stroke ringan - Stroke juga penyakit yang paling mematikan di dunia. Stroke bisa mengganggu pasokan darah ke otak, dengan putusnya aliran darah ke otak, maka sel-sel penting pada otak akan mati. Maka fungsi otak yang dikendalikan oleh sel tersebut akan kehilangan fungsinya. Maka bisa dibayangkan apa yang akan terjadi, bisa saja penderita stroke meninggal.

gejala stroke ringan
Gejala stroke ringan (c) Pixabay.com/geralt
Karena penyakit stroke tergolong penyakit yang sangat mematikan dan kapan saja bisa melumpuhkan penderitanya. Maka mulai dari sekarang Anda harus mengetahui gejala awal stroke dan pencegahannya. Seperti dilansir dari ABC News, ini 10 gejala stroke ringan yang harus Anda waspadai.


Gejala Stroke Ringan

1. Gangguan penglihatan atau pandangan kabur
Umumnya gejala awak stroke adalah mata Anda akan jadi rabun, pandangan penglihatan jadi kabur, bahkan bisa saja menghilangkan fungsi penglihatan di salah satu mata Anda.

2. Susah bicara atau linglung
Susah bicara dan linglung merupakan tanda atau gejala stroke yang mesti Anda waspadai, selain itu Anda akan sulit memahami perkataan orang lain. Umumnya dokter akan melakukan suatu tes sederhana pada Anda, seperti meminta Anda mengucapkan sebaris-dua baris kalimat, hal tersebut dilakukan untuk mengetahui sebesar apa Anda akan terkena stroke.

3. Lengan dan kaki lunglai
Gejala stroke ringan lainnya lengan dan kaki lunglai. Bila seseorang akan terserang stroke, maka wajar jika salah satu lengan atau kaki, atau keduanya tiba-tiba jadi lunglai, mati rasa atau lumpuh. Bahkan bisa jadi sisi tubuh yang lumpuh berkebalikan dengan bagian otak yang terserang stroke.

Anda bisa mencoba mengangkat kedua lengan Anda dengan posisi yang berjajar selama 10 detik saja. Jika salah satu lengan sedikit ke bawah, hal itu dapat mengindikasikan adanya lemah otot, dan bisa saja itu gejala awal stroke. Selain itu, Anda bisa juga membuka kedua mata, lalu sambil mengangkat setiap kaki secara bergantian, dan lihatlah apakah tingginya bisa sejajar atau tidak.

4. Pening atau kehilangan keseimbangan
Jangan mengira Anda mabuk ketika susah berjalan, pening, mual, dan kehilangan keseimbangan tubuh, padahal bisa saja itu adalah gejala stroke.

5. Nyeri
Nyeri mungkin bukan gejala stroke yang umum terjadi, tapi bila Anda tiba-tiba merasakan nyeri di bagian kaki, lengan, wajah atau dada Anda jangan di anggap sepele.

Sebuah studi pun menemukan wanita lah yang lebih sering mengalami gejala stroke non-tradisional dibandingkan pria, bahkan angkanya hingga mencapai 62 %. Gejala yang sering dan umum terjadi sama wanita adalah nyeri.

6. Sakit kepala akut
Selain nyeri, gejala stroke ringan lainnya adalah sakit kepala akut. Bila tiba-tiba Anda mengalami sakit kepala yang amat luar biasa dan belum pernah Anda rasakan sebelumnya, bisa jadi itu adalah gejala stroke.

7. Wajah 'murung'
Bila otot pada wajah Anda melemah secara tiba-tiba di suatu bagian, kemungkinan hal itu adalah gejala awal stroke. Coba pergi ke dokter untuk mengetahui lebih lanjur, karena dokter bisa mengetahui dengan cara meminta Anda tersenyum dan bisa juga memperlihatkan gigi Anda. Bila salah satu wajah Anda tidak bergerak, itu bisa berarti Anda terkena stroke.

8. Kelelahan atau perubahan kondisi mental
Hal ini lebih sering terjadi sama wanita. Tubuh akan sering lelah, melemah, disorientasi dan perubahan status mental. Bila semua hal ini terjadi sama Anda, kemungkinan Anda terkena stroke.

9. Cegukan
Biasanya cegukan ini hanyalah gejala minor pada pasien stroke. Namun bila strokenya menyerang bagian otak yang berfungsi mengatur sistem pernapasan, maka hal ini dapat memicu cegukan tiba-tiba yang tak kunjung reda. Gejala ini lebih banyak ditemukan pada pasien wanita.

10. Sesak napas atau palpitasi jantung (detak jantung yang abnormal)
Sesak napas seperti ini sering dialami oleh wanita, bila Anda mengalami detak jantung yang abnormal bisa jadi Anda terkena stroke.

Itulah 10 gejala stroke ringan. Bila Anda atau orang dekat Anda mengalami, berperilaku, dan menunjukkan hal aneh jangan diam saja. Siapa tau terkena stroke dan membutuhkan pertolongan. Segera hubungi atau bawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih cepat. Baca juga hal-hal yang tak terduga penyebab kanker. Semoga bermanfaat.
loading...
loading...
 
Top