7 Manfaat Jamur Untuk Kesehatan Yang Luar Biasa

Tipscaraalami.com - Manfaat jamur bagi kesehatan - Jamur adalah tumbuhan yang tidak mempunyai klorofil sehingga bersifat heterotrof dan bukan jenis sayuran. Jamur sangat enak bila dimasak dan dijadikan cemilan lezat.


manfaat jamur
Manfaat jamur tiram (c) Pixabay.com/stux
Kandungan nutrisi pada jamur tak kalah sama daging, kacang, dan biji-bijian. Dan kandungan nutrisi tersebut ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Anda bisa mengkonsumsi jenis jamur portobello, shitake, jamur kancing, kuping, tiram, tiram putih, hingga jamur merang yang penuh dengan nutrisi dan rendah kalori.

Seperti dilansir dari Healthmeup.com, ini 7 manfaat jamur untuk kesehatan.

Manfaat Jamur Bagi Kesehatan

1. Sumber vitamin D
Vitamin D adalah vitamin yang sangat bermanfaat bagi tulang dan gigi. Sumber vitamin D pada umumnya banyak terdapat pada jeruk, tomat, stroberi, brokoli, dan beberapa sayuran hijau lainnya. Tetapi mengkonsumsi jamur Anda juga bisa mendapat sumber vitamin D terbaik. Bila Anda mengkonsumsi jamur kancing, makan nutrisi vitamin D2 dan D3 juga bisa Anda dapatkan.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Selain itu, mengkonsumsi jamur juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Jamur akan berperan sebagai AntiVirus yang berguna menjaga dan melindungi tubuh Anda dari kerusakan sel dan jaringan tubuh Anda. Jamur juga mampu meningkatkan kesehatan sel dendritik yang ada di dalam sumsum tulang Anda untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari invasi mikroba.

3. Sumber antioksidan
Selain dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, ternyata jamur juga dapat berperan sebagai antioksidan yang baik, yang akan melindungi tubuh dan sel tubuh dari gangguan kesehatan yang bisa menyebabkan penyakit berbahaya.

4. Mengontrol berat badan
Selain itu, manfaat jamur lainnya adalah dapat mengontrol berat badan. Jamur juga bagus dikonsumsi bagi Anda yang lagi berdiet atau menurunkan berat badan. Dan sangat bagus bagi Anda yang tidak suka makan daging, dan bisa menggantikannya dengan jamur. Karena menurut sebuah penelitian mengatakan bahwa dengan mengonsumsi jamur maka dapat menunjukkan perbaikan dalam komposisi tubuh seperti pengurangan lingkar pinggang dan penurunan berat badan.

5. Melawan kanker
Untuk mengobati dan mencegah kanker, menggunakan cara alami adalah sangat baik. Anda bisa mengkonsumsi jamur, karena jamur adalah makanan alami mencegah dan melawan kanker. Banyak jenis kanker yang bisa di atasi dengan rajin mengkonsumsi jamur. Selain itu, jamur shitake dikenal mampu menghambat pertumbuhan tumor.

6. Kolesterol rendah
Selain itu, jamur merupakan tumbuhan yang kaya protein, rendah kolesterol, dan kandungan karbohidrat yang sangat rendah. Jadi sangat bagus dan bermanfaat untuk Anda konsumsi supaya membakar kolesterol dalam tubuh Anda.

7. Diabetes
Bagi Anda yang menderita penyakit diabetes, tak salahnya memasukkan jamur sebagai makanan sehat Anda. Karena jamur tanpa lemak, tanpa kolesterol, karbohidrat yang rendah, protein tinggi, vitamin, mineral, dan serat yang kaya sudah menjadi alasan kuat untuk Anda coba.

Tak hanya itu saja, jamur juga kaya akan kandungan insulin alami dan enzim yang membantu mogok gula atau pati makanan. Sekali lagi, jamur diketahui mengandung senyawa tertentu yang akan membantu fungsi hati, pankreas dan kelenjar endocrinal lainnya, sehingga meningkatkan pembentukan insulin dengan jumlah yang tepat. Penderita diabetes mudah terkena infeksi, terutama di kaki yang cenderung berlangsung lama. Antibiotik alami dalam jamur dapat membantu melindungi penderita diabetes dari infeksi yang ditakutkan.

Itulah beberapa manfaat jamur dan khasiat jamur bagi kesehatan tubuh manusia. Tapi ingat, jamur adalah makanan yang menyehatkan dan kaya akan nutrisi dan vitamin. Namun Anda harus jeli memilih dan cara memasak jamur, karena tak semua jamur bisa dimakan. Jangan sembarangan memilih dan mengambil jamur di alam, jamur jenis tertentu malah beracun dan berbahaya bila dikonsumsi. Anda bisa mendapatkan jamur yang aman dikonsumsi di pasar atau di sumber terpercaya lainnya. Semoga bermanfaat!