7 Makanan Yang Mengandung Vitamin D Terbanyak

Makanan Yang Mengandung Vitamin D Terbanyak - Vitamin D adalah sangat berperang penting bagi tubuh Anda untuk membentuk tulang dan gigi yang baik. Selain itu, vitamin D juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan dapat mencegah penyakit kanker. Untuk mendapatkan sumber vitamin D tidak mesti berjemur di bawah sinar matahari, tetapi Vitamin D juga bisa di dapat dari berbagai sumber makanan sehat.


makanan yang mengandung vitamin d
(c) flickr.com
Makanan apa saja yang banyak mengandung vitamin D? Seperti dilansir dari Allwomenstalk.com, ini 7 makanan yang mengandung vitamin D.


Makanan Yang Mengandung Vitamin D

1. Ikan salmon
Salmon adalah ikan yang dapat hidup di dua tempat, yaitu di air laut dan di air tawar. Kandungan vitamin D yang banyak pada ikan salmon sangat berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Bila Anda tidak suka makan ikan salmon atau mahal dan sulit untuk mendaptkannya, Anda bisa mengkonsumsi jenis ikan lainnya yang banyak terdapat vitamin D juga, seperti ikan herring, sarden, tuna, dan trout.

2. Telur
Teluh merupakan makanan yang mengandung vitamin d. Telur tidak hanya sumber protein saja, tetapi telur juga terdapat sumber vitamin D yang penting bagi tubuh. Mengkonsumsi sebutir telur saja Anda sudah memenuhi 10 persen kebutuhan vitamin D harian. Mengkonsumsi telur secara alami atau mentah Anda akan banyak mendapat manfaatnya.

3. Produk susu
Susu sapi dan susu kambing juga kaya akan sumber vitamin D. Jadi jangan malas untuk meminum susu meski Anda sudah dewasa. Tapi pastikan susu yang Anda minum susu yang sifatnya bebas lemak atau susu murni, karena nutrisi yang terdapat pada susu alami akan lebih lengkap.

4. Susu almond
Apakah Anda pernah minum susu almond? Susu almond adalah susu dari kacang kedelai. Meskipun susu almond kandungan vitamin D tidak banyak dari susu sapi dan kambing, tapi sangat cocok bagi Anda yang tidak suka atau alergi susu sapi dan kambing.

5. Jamur shiitake
Makanan yang mengandung vitamin d lainnya adalah jamur shiitake. Jamur shiitake adalah jamur yang tumbuh dari pohon yang sudah lapuk atau mati, biasanya jamur shiitake banyak dikembangkan di Asia, khususnya Jepang. Jamur shiitake mampu memenuhi kebutuhan vitamin D harian sebanyak empat persen. Namun jika dijemur di bawah sinar matahari selama 30 menit, kadar vitamin D itu bisa meningkat! Jadi jangan ragu makan jamur shiitake sebagai salah satu makanan kaya vitamin D.

6. Udang
Pasti Anda suka makan udang. Udang ternyata tidak hanya enak di makan, tetapi sangat bagus bagi kesehatan tubuh karena kaya akan Vitamin D. Selain itu, binatang yang dapat hidup di semua jenis air ini juga kaya akan protein dan tidak ada lemak. Jadi, perbanyak makan udang untuk mencukupi sumber vitamin D harian Anda.

7. Tahu
Tahun adalah makanan yang berasal dari Cina. Tahu dibuat dari endapan perasan biji kedelai yang telah di fermentasi. Bagi vegetarian, tahu dan tempe tentu menjadi pilihan tepat untuk memenuhi kebutuhan vitamin D harian. Jadi tak salah untuk mengkonsumsi makan sehat ini yang ternyata kaya akan sumber vitamin D.

Itulah 7 makanan yang mengandung vitamin D. Jadi jangan malas mengkonsumsi makanan sehat di atas supaya asupan vitamin D harian Anda tercukupi, dan akan membuat Anda selalu sehat. Semoga bermanfaat!