10 Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan Tubuh

Tipscaraalami.com - Manfaat cengkeh - Cengkeh adalah salah satu rempah-rempah khas dari Indonesia, dan banyak terdapat hampir di seluruh daerah di nusantara. Cengkeh merupakan tangkai bunga kering dari pohon myrtaceae atau orang Indonesia menyebutkan pohon cengkeh. Tanaman asli Indonesia ini banyak digunakan sebagai bumbu masakan, dan bahan utama pembuatan rokok kretek khas Indonesia.


manfaat cengkeh
Cengkeh (c) Pixabay.com/Lebensmittelfotos
Budidaya cengkeh sendiri di Indonesia sudah ada sejak zaman kerajaan dahulu, dan banyak terdapat di Pulau Maluku. Sejak itu pula, cengkeh banyak di bawa ke Eropa sebagai rempah-rempah dan sebagai bahan pembuatan obat. Karena begitu banyak manfaatnya, jadi tak heran harga cengkeh begitu mahal.

Selain itu, banyak sekali yang belum mengetahui manfaat cengkeh ini selain bagi penyedap makanan dan bahan pembuat rokok, ternyata cengkeh sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Melansir dari Healthmeup.com, ini 10 manfaat penting cengkeh bagi kesehatan yang jarang diketahui.


Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan

  • Manfaat cengkeh yang pertama adalah dapat membersihkan tubuh dari racun berbahaya dan mikroba. Caranya dengan menghisap beberapa cengkeh di mulut dan airnya di telan.
  • Selain itu, cengkeh juga dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh mikroba yang masuk ke dalam tubuh.
  • Cara mudah dan cepat mengatasi sakit gigi ternyata dapat dilakukan dengan cengkeh. Cengkeh adalah obat sakit gigi, cengkeh dapat membantu menyembuhkan sakit gigi. Caranya adalah dengan menempatkan sepotong cengkeh pada gigi yang sakit.
  • Selain mengobati sakit gigi, ternyata kandungan eugenol pada cengkeh dapat menghilangkan bau mulut dan membersihkan bakteri pada gigi.
  • Cengkeh juga dapat berfungsi sebagai penolak nyamuk. Asap dari pembakaran cengkeh bisa menjadi obat nyamuk dan membuat nyamuk pergi.
  • Cengkeh memiliki sifat anti inflamasi yang baik untuk mengobati peradangan dan infeksi.
  • Mengunyah cengkeh juga dapat melancarkan pencernaan atau dapat mengatasi semua masalah pencernaan Anda.
  • Selain itu, cengkeh juga dapat menghindarkan Anda dari penyakit jantung dan diabetes.
  • Sifat pemurnian cengkeh dapat membantu Anda dalam memurnikan darah.
  • Selain untuk kesehatan, ternyata cengkeh mempunyai khasiat bagi kecantikan. Manfaat cengkeh untuk kecantikan yaitu dapat menghilangkan jerawat, mengobati jerawat, membunuh bakteri penyebab jerawat, menghilangkan komedo hitam dan putih, dan berbagai permasalahan kulit lainnya dengan mengoles minyak cengkeh di wajah. Perlu diingat juga, kandungan formula pada minyak cengkeh sangat kuat, bisa berakibat iritasi pada kulit sensitif dan alergi. Sebelum menggunakan tes dulu pada kulit tangan, atau konsultasi ke dokter terlebih dahulu.
Itulah beberapa manfaat cengkeh bagi kesehatan dan juga kecantikan. Jadi jangan sia-siakan manfaat dan khasiat rempah-rempah khas kekayaan alam Indonesia ini sebagai obat mengatasi berbagai masalah kesehatan. Semoga bermanfaat!