6 Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan Yang Harus Diketahui

Tipscaraalami.com - Manfaat brokoli bagi kesehatan - Selain mengkonsumsi buah dan melakukan olahraga, untuk membuat badan tetap sehat dan mencegah berbagai penyakit Anda juga wajib mengkonsumsi sayur. Jenis sayuran yang wajib Anda coba adalah brokoli.


manfaat brokoli
Manfaat brokoli (c) Pixabay.com/PDPics
Brokoli adalah sayuran yang sangat menyehatkan dan sangat enak untuk dikonsumsi. Sayuran yang termasuk kubis-kubisan ini selain di masak juga bisa dikonsumsi dengan cara di rebus atau di kukus. Supaya kandungan nutrisi dan vitamin di dalam brokoli tidak berkurang, disarankan merebusnya sesaat saja.

Untuk merasakan khasiat dari sayur brokoli ini, Anda wajib mengkonsumsinya supaya mendapatkan manfaat nya langsung bagi kesehatan. Seperti dikutip dari Indiantimes.com, berikut 6 manfaat brokoli bagi kesehatan.


Manfaat Brokoli

1. Membuat mata sehat
Kandungan gizi pada brokoli yaitu lutein karotenoid ternyata sangat bermanfaat bagi mata yaitu dapat melindungi dan mencegah berbagai penyakit yang akan menyerang mata Anda, terutama katarak. Selain itu, sayur brokoli juga kaya akan vitamin A yang sangat bagus bagi kesehatan retina mata Anda.

2. Mengatur tekanan darah
Manfaat brokoli yang kedua adalah bagus bagi penderita tekanan darah tinggi. Kandungan magnesium dan kalsium yang kaya pada brokoli sangat di anjurkan untuk dikonsumsi untuk mengatur tekanan darah.

3. Menyehatkan sistem saraf
Brokoli juga kaya akan kandungan kalium, jadi sangat baik untuk di konsumsi dan menjaga kesehatan sistem saraf Anda.

4. Memperkuat tulang
Selain meminum susu, ternyata mengkonsumsi rutin sayur brokoli juga dapat membuat tulang Anda kuat dan mencegah tulang keropos atau osteoporosis.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Supaya tubuh Anda kebal akan penyakit, tak salahnya mengkonsumsi brokoli. Ternyata kandungan beta karoten, seng, dan selenium yang kaya pada sayur brokoli bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

6. Membersihkan kulit
Ternyata ada juga manfaat brokoli untuk kecantikan, yaitu membuat kulit Anda bersih. Kandungan glucoraphanin pada brokoli baik untuk proses doteksifikasi kulit.

Itulah beberapa manfaat brokoli bagi kesehatan dan kecantikan. Untuk menikmati brokoli juga bisa di buat jus. Jadi jangan malas untuk mengkonsumsi sayuran terutama brokoli untuk merasakan semua khasiat dan manfaat di atas. Semoga bermanfaat!