0
Tipscaraalami.com - Makanan penambah darah - Pada hampir semua makhluk hidup di dunia ini, pasti di dalam tubuhnya terdapat darah, kecuali tumbuhan. Darah adalah cairan yang umumnya berwarna merah. Fungsi darah bagi tubuh adalah mengirim zat-zat dan oksigen yang dibutuhkan oleh jaringan tubuh dan mengangkut bahan-bahan kimia hasil dari metabolisme. Selain itu, fungsi lainnya darah bagi tubuh adalah sebagai pertahanan tubuh dari bakteri dan virus yang akan menyerah tubuh makhluk hidup. Tak hanya itu, peranan darah bagi tubuh manusia sangatlah penting, seperti mengirim jaringan tubuh dengan nutrisi (sumber: Wikipedia.org).


makanan penambah darah
Makanan penambah darah (c) Pixabay.com/geralt
Bagaimana kalau tubuh manusia kekurangan darah atau darahnya sangat rendah? Pasti akan banyak sebab dan akibat dari kekurangan darah bagi tubuh. Tubuh akan gampang terserang berbagai penyakit, seperti anemia, rambut rontok, kelelahan dan sakit kepala. Itu semua adalah gejala kekurangan darah dan juga berhubungan dengan kekurangan zat besi di dalam tubuh.

Bila tidak cepat di tangani, bisa berakibat menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius pada tubuh Anda. Untuk menambah darah Anda tidak perlu meminum obat penambah darah. Anda bisa menambah darah dengan cara alami, yaitu dengan sayuran penambah darah dan buah penambah darah, dan yang penting makanan tersebut kaya akan zat besi, yang bisa menambah darah dengan cepat. Seperti dikutip dari Timesofindia.com, ini 9 makanan penambah darah rendah.


Makanan Penambah Darah

1. Hati
Hati adalah sumber makanan yang kaya zat besi. Hati ayam (100 gram) mengandung 9 mg zat besi. Tetapi, hati sapi mengandung jauh lebih sedikit kalori dibandingkan dengan jenis hati lainnya dan sumber zat besi serta rendah kolesterol. Jadi mengkonsumsi hati bisa juga menambah darah dan mencegah anemia.

2. Makanan laut
Selain hati, makanan penambah darah lainnya adalah makanan laut. Makanan laut juga kaya akan zat besi, seperti ikan. Ikan tidak hanya kaya akan asam lemak omega-3, tapi juga kaya akan zat besi yang bagus bagi Anda yang kurang darah, serta baik untuk tubuh.

3. Daging sapi
Selain dari daging ikan, daging sapi juga sangat cocok untuk dikonsumsi, karena juga dapat menambah darah. Tetapi jangan memakan daging sapi yang berlemak, pilihlah daging sapi yang berwarna merah karena tidak ada lemaknya.

4. Beras merah
Beras merah merupakan makanan penambah darah. Mengkonsumsi beras merah ternyata mempunyai berjuta manfaat bagi kesehatan tubuh, di antaranya dapat menurunkan berat badan, kolesterol, dan gangguan pencernaan. Selain itu, zat besi yang terdapat pada beras merah juga dapat meningkatkan hemoglobin yang bisa mencegah anemia.

5. Stroberi
Buah yang cantik ini ternyata juga bermanfaat  meningkatkan hemoglobin. Stroberi mengandung banyak zat besi dan membantu penyerapan zat besi oleh tubuh. Selain itu stroberi juga mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan penyerapan zat besi dalam darah. Baca juga 10 manfaat stroberi bagi kesehatan.

6. Kentang
Jangan ragu untuk mengkonsumsi kentang, karena kentang juga kaya akan zat besi yang bermanfaat meningkatkan penyerapan nutrisi dalam tubuh. Selain itu, kentang juga kaya akan vitamin C.

7. Brokoli
Makanan penambah darah yang bagus adalah brokoli. Brokoli kaya akan zat besi yang sangat dibutuhkan tubuh. 

8. Tiram
Kerang, tiram, dan udang merupakan sumber zat besi. Makanan laut secara keseluruhan memberikan beberapa manfaat kesehatan, muali dari penurunan berat badan hingga mencegah penyakit. Jadi sering-sering mengkonsumsi makanan laut ini supaya tidak mudah anemia.

9. Bayam
Yang terakhir yang paling banyak mengandung zat besi adalah sayuran bayam. Bayam sangat cocok bagi Anda yang ingin menambah darah. Selain itu, bayam juga membantu untuk melawan kanker dengan memperlambat pertumbuhan sel.

Itulah 9 makanan penambah darah, sangat cocok bagi Anda yang anemia dan ingin menambah darah secara alami. Semoga bermanfaat!
loading...
loading...
 
Top