5 Makanan Pencegah Penyakit Jantung

Tipscaraalami.com - Jenis makanan sehat yang dapat mencegah penyakit jantung - Melansir Wikipedia.org, jantung adalah sebuah rongga yang memompa darah lewat pembuluh darah oleh kontraksi berirama yang berulang. Selain itu, jantung adalah salah satu organ tubuh yang sangat penting bagi tubuh. Bila jantung Anda bermasalah atau kelainan, bisa saja berujung pada kematian.

Pada organ jantung, masalah yang sering timbul adalah serangan jantung dan penyakit jantung. Pengertian penyakit jantung adalah dimana organ jantung Anda tidak bekerja dengan normal. Hal tersebut bisa saja di sebabkan karena otot jantung melemah dan ada celah antara serambi kanan dan serambi kiri.

gejala serangan jantung, penyebab serangan jantung, obat serangan jantung dan mencegah serangan jantung
Ilustrasi Jantung (c) Pixabay.com/OpenClips

Untuk Pengertian serangan jantung sendiri agak sedikit berbeda dengan penyakit jantung, serangan jantung adalah dimana kondisi jantung berhenti atau tidak bekerja, atau dalam bahasa medis disebut gagal jantung. Biasanya nyawa seseorang tidak akan selamat dan berujung pada kematian bila masalah ini terjadi.

Untuk Mencegah serangan jantung dan juga mencegah penyakit jantung sangatlah mudah. Anda cuma perlu melakukan pola hidup sehat, seperti tidak merokok, rajin olahraga, tidak begadang dan bangun di pagi hari. Selain itu, untuk mencegah penyakit jantung, ada beberapa makanan sehat yang  bermanfaat membuat jantung Anda tetap sehat. Berikut 5 makanan pencegah penyakit jantung seperti dilansir dari Boldsky.com.


Cara Mencegah Penyakit Jantung

1. Oat
Oat adalah makanan sehat yang terbuat dari gandum dan sangat bagus untuk mencegah penyakit jantung. Selain itu, juga bisa menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan jantung. Oat juga mengandung lemak yang sehat serta asam lemak yang bisa menurunkan jumlah kolesterol jahat. Jadi jangan lupa siapkan oat sebagai menu makanan Anda sehari-hari agar jantung Anda tetap sehat.

2. Sandwich roti cokelat
Jangan salah paham dulu, roti coklat yang dimaksud bukan roti yang isi coklat, tapi roti berwarna coklat yang di buat dari gandum utuh, jadi sehat untuk dikonsumsi. Sama juga seperti oat, roti coklat yang terbuat dari gandum utuh sangat bermanfaat bagi jantung, terutama jika dipadukan dengan sayuran dan buah yang mengandung banyak vitamin, mineral dan nutrisi dalam bentuk sandwich. Sandwich roti gandum yang dipotong kecil-kecil bisa menjadi camilan yang menyehatkan untuk Anda. sandwich bisa diisi daun bayam, tomat, mentimun, dan bawang merah untuk membuat jantung lebih sehat.

3. Kecambah
Kecambah atau yang lebih populer lagi sebut adalah taoge, taoge atau kecambah yang berasal dari biji kacang hijau ini merupakan sayuran yang sangat bermanfaat bagi jantung. Nutrisi yang terdapat pada taoge dapat membuat imbang tingkat kolesterol dan menjaga kesehatan jantung. Jangan lupa masukkan taoge sebagai makanan sehat harian Anda.

4. Buah dan yogurt
Buah-buahan adalah makanan yang paling sehat, apalagi ditambah yogurt, maka akan semakin menyehatkan. Yogurt adalah minuman yang terbuat dari susu yang telah melalui proses fermentasi bakteri ini juga dapat memulihkan energi Anda. Selain itu, yogurt dan buah juga memiliki kandungan lemak yang rendah serta kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Tak hanya menyehatkan jantung, camilan sehat ini juga membantu Anda menurunkan berat badan dan menangkal radikal bebas pada tubuh.

5. Sup
Sup adalah masakan kuah yang kaya akan rasa dan sangat enak. Bila Anda memasukkan berbagai jenis sayur, maka akan lebih menyehatkan lagi dan bermanfaat juga bagi jantung Anda.

Itulah beberapa makanan enak yang ternyata bermanfaat bagi kesehatan jantung. Tetap jaga kesehatan jantung Anda mulai dari sekarang dengan mengkonsumsi makanan sehat di atas. Semoga bermanfaat!