0
Tipscaraalami.com - Manfaat susu kedelai bagi kesehatan - Susu kedelai adalah susu yang terbuat dari kacang kuning atau yang lebih dikenal dengan kacang kedelai. Sebenarnya ini bukan susu, karena bukan dihasilkan dari mamalia. Banyak yang menyebut susu mungkin karena warnanya putih dan mirip susu. Cara membuat susu kedelai dan resep susu kedelai bisa dibilang cukup gampang, kacang kedelai yang sudah bersih dan sudah di giling cukup dicampur dengan air panas dan di aduk, lalu disaring.


manfaat susu kedelai
Manfaat Susu Kedelai (c) Cisaschools.com
Bahan pembuat tempe dan tahu ini sangat kaya akan nutrisi dan gizi. Kandungan susu kedelai sangat bagus bagi kesehatan, dan cocol bagi Anda yang tidak suka minum susu sapi atau kambing. Lalu apa saja manfaat susu kedelai yang menyehatkan itu? Seperti dikutip dari Magforwomen.com, ini 6 manfaat susu kedelai bagi kesehatan.


Manfaat Susu Kedelai

1. Kaya protein
Selain dari susu sapi, susu kedelai juga kaya akan protein yang bermanfaat menjaga kekuatan tulang dan menurunkan resiko terkena osteoporosis. Konsumsi sehari satu gelas susu kedelai untuk mendapatkan sumber protein yang cukup.

2. Kesehatan jantung
Manfaat susu kedelai bagus bagi jantung. Jantung adalah organ tubuh yang harus dijaga, karena bila jantung Anda bermasalah bisa berujung pada kematian. Oleh karena itu, untuk mencegah dan bagi penderita penyakit jantung, minum susu kedelai ternyata sangat bagus bagi jantung karena lemak jenuh pada susu kedelai sangat minim.

3. Tanpa laktosa
Seperti yang sudah disebutkan, penderita intoleransi laktosa tentu bisa mengonsumsi susu kedelai karena tidak bisa menikmati susu sapi.

4. Aman bagi bayi
Susu kedelai juga aman dikonsumsi bagi bayi dan tidak akan berdampak apa-apa. Terutama jika bayi menderita galactosemia - gangguan langka yang diturunkan di mana anak-anak tidak mampu memecah dan menggunakan gula galactose. Jadi jangan takut untuk memberikannya bagi bayi Anda.

5. Meredakan gejala menopause
Selain aman bagi bayi, manfaat susu kedelai lainnya ternyata dapat meredakan gejala menopause. Susu kedelai mengandung isoflavon yang sifatnya seperti hormon estrogen. Sehingga wanita menopause yang mengonsumsi susu kedelai akan menurunkan berbagai gejala menopause dan risiko penyakit kanker.

6. Menurunkan berat badan
Bagi Anda yang takut tubuhnya jadi gemuk karena minum susu, ternyata meminum susu kedelai tidak akan membuat berat badan Anda naik, malah sangat di anjurkan bagi Anda yang sedang melakukan program diet. Kandungan susu kedelai yang rendah kalori dan kaya akan serat akan membuat Anda tetap kenyang lebih lama dan mampu menurunkan berat badan dengan cepat.

Bahaya susu kedelai bagi ibu hamil?
Masalah ini masih di perdebatkan oleh para ahli akan manfaat susu kedelai bagi ibu hamil. Bila Anda masih ragu dan takut, lebih baik mencari jenis susu kedelai yang sudah di fermentasikan.

Itulah manfaat susu kedelai bagi kesehatan. Jadi sangat cocok bagi Anda yang tidak suka susu sapi atau susu kambing. Minumlah sehari minimal satu gelas untuk merasakan kesemua manfaat di atas. Semoga bermanfaat!
loading...
loading...
 
Top