0
Tipscaraalami.com - Tanda tanda keguguran - Pengertian keguguran adalah berhentinya usia kehamilan dan mengakibatkan kematian pada janin, dan hal ini sangat ditakuti para ibu yang sedan hamil. Bila hal ini terjadi pasti akan membuat sang ibu akan merasa sedih, karena kehadiran bayi yang selalu di nanti-nantikan akan sirna, dan banyak pula para ibu yang mengalami stres.

tanda tanda keguguran
Hamil (c) Pixabay.com/PublicDomainPictures
Sebelum hal tersebut terjadi sama Anda atau istri Anda, Anda patut mendeteksi tanda tanda keguguran. Karena tanda tanda keguguran dini tidak semua menunjukkan tanda-tanda yang jelas. Seperti keguguran yang secara diam-diam, keguguran seperti ini tidak menunjukkan tanda-tanda yang jelas dan sering kali dilewati oleh wanita hamil.

Keguguran yang diam-diam terjadi ketika janin yang sudah mati dan tak berkembang dalam tubuh belum keluar seperti halnya pada keguguran normal. Keguguran semacam ini juga seringkali tak terdeteksi sehingga wanita tak mudah menerimanya. Seperti dikutip dari Magforwomen.com, ini 4 tanda tanda keguguran hamil muda yang secara diam-diam tidak di deteksi oleh ibu hamil.

Tanda Tanda Keguguran

1. Berkurangnya tanda-tanda kehamilan
Ketika baru hamil, biasanya wanita akan menampakkan tanda-tandanya, seperti mual, lelah, morning sick, atau bentuk payu dara berubah. Nah, tanda keguguran hamil muda atau diam-diam, tanda ini semakin berkurang, dan bahkan bisa hilang sama sekali. Jika Anda tak lagi merasakan tanda-tanda kehamilan sebaiknya segera periksakan kesehatan kandungan ke dokter.

2. Cairan pada organ intim

Umumnya, wanita yang sedan hamil pasti mengeluarkan cairan pada organ intimnya, atau seperti keputihan tapi bila warnanya cokelat, kemudian berwarna merah dan semakin terang seperti darah. Jika mengalami ini segera temui dokter kandungan karena itu bisa menjadi tanda keguguran.

3. Tak ada detak jantung janin

Selain itu, tanda tanda keguguran lainnya tidak ada detak jantung pada janin. Gejala ini adalah gejala yang paling mudah dan gampang untuk diketahui apakah Anda mengalami keguguran atau tidak. Tapi gejala ini baru bisa diketahui jika Anda melakukan USG pada dokter. Tanda jika janin sudah meninggal dan Anda mengalami keguguran adalah tak adanya detak jantung janin saat di-USG.

4. Insting ibu

Meski gejala yang satu ini hanya mengandalkan emosi saja, namun terkadang insting ibu juga bisa memberikan penanda ketika terjadi keguguran. Ibu yang hamil instingnya tinggi, dan pasti bisa merasakan bila pada kandungannya ada yang tidak beres. Nah, bila pada kandungan Anda merasa ada yang tidak beres atau bermasalah, segera periksa diri ke dokter supaya tidak terjadi apa-apa dengan janin Anda.

Itulah beberapa tanda tanda keguguran pada hamil muda, dan sangat sulit untuk di deteksi oleh ibu hamil. Tanda-tanda keguguran pada saat hamil usia muda memang sangat sulit untuk diketahui, karena tidak ada tanda-tanda keluarnya janin dari kandungan. Tapi, semakin cepat Anda mengetahui tanda-tanda di atas maka semakin baik. Karena masalah keguguran ini bisa berakibat pada kesehatan Anda.

Ingat, apapun yang terjadi sama kandungan Anda, dan Anda merasakan ada yang ganjil atau tidak beres sama kandungan Anda jangan pernah di abaikan, segera memeriksa diri ke dokter. Selain itu, Anda wajib juga mengetahui makanan apa saja yang bisa memperbanyak ASI, dan sangat direkomendasikan bagi ibu hamil atau setelah melahirkan dan kurang ASI. Semoga bermanfaat!
loading...
loading...
 
Top