5 Manfaat Gula Bagi Kesehatan Tubuh

Tipscaraalami.com - Manfaat Gula Bagi Kesehatan Tubuh - Pengertian gula adalah suatu karbohidrat sederhana yang menjadi sumber energi dan merupakan komoditi perdagangan. Fungsi gula adalah mengubah rasa menjadi manis, dan gula merupakan salah satu pemanis buatan yang paling sering digunakan, baik di makanan dan minuman.


manfaat gula, khasiat gula, gambar gula pasir
Manfaat Gula (c) Pixabay.com/AllAnd
Umumnya gula dibuat dari berbagai tumbuhan, seperti tebu, nira, aren, kelapa, dan bahkan anggur dan bulir jagung juga digunakan sebagai bahan baku pembuat gula. Di Indonesia sendiri selain gula pasir, gula merah juga banyak digunakan.

Namun, tahukah Anda bahwa gula dituding sebagai makanan yang tidak sehat. Berbagai penyakit gula diantaranya diabetes dan obesitas. Tapi, walau gula dapat memicu berbagai gangguan kesehatan, salah satunya diabetes, namun tak bisa dipungkiri lagi bahwa tubuh Anda juga membutuhkan zat gula. Seperti dilansir dari Boldsky.com, ini manfaat gula bagi kesehatan yang jarang diketahui.


Manfaat Gula

1. Meningkatkan energi instan
Manfaat gula yang pertama yaitu meningkatkan energi secara cepat. Tak salah memang orang tua selalu memberikan air gula di pagi hari bagi anaknya, karena mengkonsumsi minuman yang manis di pagi hari dapat membuat tubuh yang tadinya lemas merasa bersemangat dan meningkatkan energi secara cepat. Hal tersebut terjadi karena ketika gula masuk ke dalam darah Anda, makan akan diubah menjadi glukosa. Nah, glukosa ini akan diserap oleh tubuh dan kemudian menghasilkan energi.

2. Meningkatkan tekanan darah
Bagi Anda yang menderita tekanan darah rendah, tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi gula. Gula dapat meningkatkan tekanan darah. Jadi jangan lupa untuk membawa gula batu dimanapun Anda berada.

3. Meningkatkan fungsi otak
Bila pikiran Anda sedang kacau, tidak bisa konsentrasi mengerjakan sesuatu. Dan bila hal tersebut disebabkan oleh berkurangnya pasokan gula ke dalam otak, konsumsilah air gula. Gula membuat otak berfungsi dengan baik.

4. Menyembuhkan depresi
Manfaat gula lainnya selain meningkatkan fungsi otak, yaitu dapat membuat pikiran adem. Bila Anda sedang depresi, konsumsilah gula, karena zat yang terdapat pada gula dapat membuat Anda merasa tenang.

5. Sugar therapy
Banyak ahli kesehatan yang mempercayai bahwa gula dapat mengobati luka lebih cepat dari pada obat. Bahkan beberapa luka mampu disembuhkan dengan gula pasir lebih cepat daripada antibiotik. Tapi Anda jangan mencobanya sendiri, berkonsultasi ke dokter untuk cara melakukannya.

Itulah beberapa manfaat gula bagi kesehatan. Ternyata gula yang banyak ditakuti orang karena dapat memicu diabetes bisa bermanfaat baik bagi kesehatan tubuh Anda. Tapi jangan asal-asalan mengkonsumsi gula, konsumsilah dengan jumlah yang tepat, karena bila dikonsumsi secara berlebihan, bukan manfaat baik yang akan Anda dapatkan, tapi malah akan memicu berbagai penyakit didalam tubuh Anda. Semoga bermanfaat!