0
Tipscaraalami.com - Efek Samping Kafein Bagi Kesehatan Tubuh - Kafeina atau yang lebih populer dengan sebutan kafein adalah suatu senyawa alkaloid xantina berbentuk kristal dan berasa pahit yang bekerja sebagai obat perangsang psikoaktifdan diuretik ringan. Selain itu, Anda bisa menjumpai sumber kafein alami yang banyak terdapat pada minuman kopi atau biji kopi, daun teh, buah kola, obat, produk makanan, dan pada minuman kemasan.

bahaya kafein, efek samping kafein, bahaya kafein bagi ibu hami dan menyusui
Ilustrasi (c) Pixabay.com/PublicDomainPictures
Meskipun kafein bermanfaat bagi tubuh Anda, yaitu dapat mengusir rasa kantuk, sebagai obat perangsang sistem pusat saraf, dan memberi Anda energi untuk tetap bersemangat dalam bekerja, namun kafein bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh Anda.

Kafein bila dikonsumsi secara berlebihan atau takaran yang banyak, bahaya kofein bisa memberikan efek merusak tubuh Anda. Seperti dilansir dari Magforwomen.com, ini bahaya kafein bagi kesehatan tubuh.

Bahaya Kafein Bagi Kesehatan

1. Alergi
Alergi adalah dimana suatu bagian tubuh gagal melakukan tugasnya bila berhadapan dengan suatu hal yang baru. Ternyata, mengkonsumsi kafein dalam jumlah yang banyak setiap hari ternyata dapat membuat Anda alergi. Karena sistem kekebalan pada tubuh manusia dibuat untuk bisa menerima kafein dalam jumlah tertentu setiap harinya.

Namun tidak semua orang alergi pada kafein. Ciri orang yang alergi akan kafein adalah mereka yang memiliki tekanan darah tinggi, bermasalah dengan sistem pencernaan, ada luka pada lambung, serta pasien penyakit jantung. Bila sesudah mengkonsumsi kafein Anda mengalami sakit kepala, bisa saja itu tandanya Anda alergi pada kafein, dan Anda harus berhenti mengkonsumsi kafein.

2. Bahaya kafein bagi ibu hamil
Bagi wanita yang sedang hamil atau mengandung bayi, sebaiknya jangan mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein, seperti kopi dan teh. Mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein bagi ibu hamil tidak hanya berdampak pada ibu saja, tetapi janin yang dikandung juga akan berdampak.

Kafein diketahui bisa meningkatkan risiko komplikasi yang terkait dengan kehamilan. Kafein bisa sampai pada janin dengan cepat setelah melewati plasenta. Mengonsumsi kafein dengan takaran tak benar saat hamil bisa meningkatkan risiko kelahiran prematur atau masalah metabolisme pada bayi yang belum lahir. Kafein juga bisa masuk dalam sistem tubuh janin, meningkatkan kadar racun, dan menyebabkan keguguran.

3. Efek samping kafein
Selain efek kafein pada ibu hamil, ternyata kafein mempunyai efek lainnya yang sangat berbahaya bagi tubuh bila Anda mengkonsumsinya dengan takaran banyak. Efek samping kafein bagi tubuh lainnya yaitu dapat meningkatkan detak jantung Anda, gelisah, grogi, oto bergetar, dan gangguan tidur. Bila hal ini diteruskan, makan akan membuat Anda lemas dan lelah, dan ujung-ujungnya akan membuat Anda sakit.

Selain masalah di atas, efek samping kafein bagi tubuh lainnya adalah membuat sistem pencernaan Anda bermasalah, susah buang air besar, diare, perut kembung, cemas, dan gelisah. Selain itu, kafein juga menyebabkan efek samping dalam hal psikologis.

4. Kecanduan
Sama hanya seperti rokok, kafein juga akan membuat Anda kecanduan dan tergantung kepadanya. Mungkin itulah alasan kenapa seseorang itu bila sudah mengkonsumsi kopi besoknya otak akan meminta lagi. Setelah kecanduan, Anda akan menerima efek negatif pada tubuh, seperti sakit kepala, gelisah, dan lainnya ketika tidak sedang mengkonsumsi kopi.

Itulah beberapa efek dan bahaya kafein bagi kesehatan tubuh. Kami bukannya melarang Anda untuk tidak mengkonsumsi kafein sama sekali, tetapi perhatikan takaran yang Anda konsumsi sehari-hari supaya tidak membahayakan kesehatan tubuh Anda. Semoga bermanfaat!
loading...
loading...
 
Top