Manfaat Air Putih Bagi Tubuh Dan Kesehatan

Tipscaraalami.com - Manfaat air putih - Air mineral merupakan minuman yang dapat menyembuhkan hampir semua gangguan kesehatan. Oleh karena itu air merupakan unsur yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Karena sekitar 50% sampai 70% massa tubuh kita terdiri dari air, jaringan tubuh, termasuk kulit, sel-sel, dan seluruh organ. Air putih merupakan cairan yang sangat mudah di serap oleh tubuh. Perlu Anda ketahui, ketika perut Anda sedang dalam keadaan kosong, lalu Anda meminum air putih, maka air putih ini akan memberikan manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.

Air berperan sangat penting bagi tubuh. Peranya yaitu membantu transportasi nutrisi, penyerapan, pencernaan, mengeluarkan zat sisa metabolisme, sirkulasi, memproduksi air ludah, menjaga suhu tubuh dan masih banyak lagi. Itu sebabnya mengapa manusia lebih dapat untuk bertahan hidup jika tanpa asupan makanan tetapi tidak apabila kekurangan air.


manfaat air putih
Manfaat air putih (c) Tipscaraalami.com/Mustajib
Meminum air dapat menetralisir racun serta limbah dari tubuh, sehingga mengakibatkan tubuh menjadi bersih dan terbebas dari resiko terkena penyakit. Air juga sangat di perlukan untuk memproses semua nutrisi yang di peroleh dari makanan yang kita makan, dan akan membawa nutrisi tadi ke seluruh sel-sel dengan beredar melalui sel limfatik. Kekurangan cairan tubuh ini dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan misalnya asma, sembelit, hipertensi, alergi, ginjal, kulit keriput, migren, dan masih banyak lagi.

Dalam melakukan aktivitas sehari-hari tentunya kita pernah merasakan yang namanya haus. Haus disini sama halnya dengan dehidrasi, yaitu keadaan dimana kita merasakan kekurangan cairan pada tubuh. Cairan tubuh tubuh di keluarkan melalui nafas, keringat, urin, dan buang air besar. Dengan demikian perbanyaklah meminum air putih yaitu dengan takaran 3 liter bagi pria, dan 2,2 liter bagi wanita setiap harinya.

Seperti dilansir dari berbagai sumber, berikut manfaat air putih bagi kesehatan tubuh.


Manfaat Air Putih

1. Manfaat air putih untuk kulit
a) Air berguna untuk membantu regenerasi sel kulit serta memberikan nutrisi yang penting bagi kulit serta meningkatkan elastisitas. Hal ini akan sangat membantu untuk menekan munculnya tanda-tanda penuaan dini, misalnya kulit keriput dan garis-garis halus. Dengan demikian konsumsilah air putih secara rutin.

b) Meningkatkan kecerahan kulit.

c) Meminum air yang cukup dapat menekan gangguan kulit seperti keriput, psoriasis, dan eksim. Meningkatkan metabolisme serta sistem pencernaan untuk membuang racun dari dalam tubuh.

d) Mandi dengan menggunakan air dingin selama 2 sampai 3 menit untuk meremajakan kulit Anda. Tetapi ingat, jangan terlalu lama merendam kulit karena dapat menghilangkan minyak alami dari kulit. Mandi air dingin baiknya tidak di lakukan pada waktu malam hari.

2. Manfaat air untuk rambut
Manfaat air putih untuk rambut yaitu dapat menyegarkan kulit rambut dan mengurangi ketombe.

3. Menjaga kesehatan otot
Air putih disini berfungsi untuk menjaga kontraksi otot dan mencegah kram otot. Jadi, biasakan meminum air putih yang banyak setelah berolahraga.

4. Menjaga cairan tubuh
Sebagian besar fungsi dari air ini yaitu untuk membantu penyerapan, sirkulasi darah, pencernaan, produksi air liur, dan sebagai transportasi nutrisi ke seluruh tubuh. Serta untuk menjaga suhu tubuh agar tetap normal. 90% otak kita mengandung air dan 70% organ kita juga mengandung air, jadi apabila kita kekurangan cairan maka kita dapat terkena migren dan sakit kepala akibat dehidrasi.

5. Membantu menjaga berat badan
Manfaat air putih lainnya adalah menjaga berat badan. Disini sistem kerja air putih menjaga berat badan ideal yaitu membantu ginjal dalam sistem kerjanya, apabila kekurangan sedikit cairan maka ginjal akan melimpahkan sistem kerjanya ke hati. Jadi ketika proses pembakaran lemak yang di lakukan organ hati terlalu banyak, lemak ini sebagian akan disimpan. Perbanyak minum air putih agar seluruh proses metabolisme tubuh bekerja dengan baik, dan supaya lemak yang di simpan tidak terlalu banyak.

Catatan:
Dalam mengkonsumsi air putih hendaknya sesuai takaran yang telah saya jelaskan diatas tadi yaitu 3 liter bagi pria, dan 2,2 liter bagi wanita. Sebab kelebihan air juga tidak baik bagi kesehatan, karena dapat terkena penyakit yang langka yang sering di sebuat hiponatremia.

Itulah beberapa manfaat air putih untuk kesehatan. Nah, ternyata begitu banyak manfaat air putih bagi kesehatan tubuh kita. Jadi apa masih ingin mengkonsumsi air yang manis-manis yang ternyata sangat merugikan tubuh Anda? Selain manfaat air putih untuk kesehatan, ketahui juga bahaya minum air dingin bagi kesehatan, dan manfaat air tebu. Semoga bermanfaat!