8 Manfaat Air Tebu Bagi Kesehatan Tubuh

Tipscaraalami.com- Manfaat air tebu - Siapa yang tidak tau dengan tebu. Tebu adalah bahan baku pembuatan gula, dan tebu bisa tumbuh subur di iklim tropis, jadi tak heran kalau di Indonesia sangat mudah dijumpai tumbuhan pembuat gula ini. Manfaat tebu selain untuk bahan baku pembuatan gula, ternyata banyak yang mengkonsumsinya. Banyak masyarakat Indonesia menemukan cara kreatif menikmati tebu, seperti meminum air tebu langsung, membuat jus, dan aneka macam minuman segar lainnya.


Manfaat Air Tebu Bagi Kesehatan Tubuh
Manfaat Air Tebu (c) Wikipedia.org
Selain itu, minuman segar ini sangat banyak dinikmati pada bulan Ramadhan. Bagi Anda yang gemar meminum air tebu, ternyata dibalik rasanya yang segar, enak, dan manis, ternyata menyimpan manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh. Seperti dilansir dari Boldsky.com, ini 8 manfaat air tebu bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Air Tebu

1. Menyembuhkan penyakit kuning
Bagi Anda yang menderita penyakit kuning, ternyata air tebu bermanfaat menyembuhkan penyakit kuning. Penyakit kuning adalah pigmentasi kuning pada kulit dan membran yang disebabkan oleh adanya billirubi di dalam darah. Penyebab penyakit kuning terjadi karena fungsi hati menurun. Dengan rutin meminum ari tebu yang masih segar, air tebu mampu mengembalikan kekuatan fungsi hati, dan akan menyembuhkan penyakit kuning Anda.

2. Menyembuhkan infeksi
Meminum segelas air tebu mampu menyembuhkan berbagai infeksi, seperti infeksi saluran kemih, penyakit menular seksual, dan sampai peradangan pada perut.

3. Mengobati batu ginjal
Batu ginjal adalah penyakit dimana di saluran kemih terdapat massa yang mengeras seperti batu, dan akan membuat seseorang merasa perih, pendarahan, tersumbatnya saluran kencing, dan akan membuat saluran kemih infeksi. Sangat menyeramkan memang, jadi bisa di dalam tubuh Anda mulai terdapat gejala batu ginjal atau Anda sudah mengidap penyakit batu ginjal, meminum air tebu merupakan obat alami mengatasi batu ginjal. Kandungan alami pada air tebu dapat memecah batu ginjal.

4. Manfaat air tebu bagi penderita diabetes
Bagi Anda yang menderita penyakit diabetes, atau bagi Anda yang mau mencegah penyakit diabetes, air tebu adalah pemanis alami, jadi tidak berbahaya seperti gula yang dapat memicu diabetes. Rutin meminum air tebu membantu mengatasi diabetes.

5. Kaya akan nutrisi
Jangan takut Anda tidak mendapatkan nutrisi bila meminum air tebu, karena air tebu kaya akan vitamin dan mineral seperti fosfor, zat besi, kalsium, dan magnesium. Tak hanya itu saja, banyak yang sudah meneliti bahwa air tebu dapat mampu membantu memulihkan kekurangan vitamin di dalam tubuh akibat penyakit demam yang tinggi.

6. Menyembuhkan flu dan pilek
Selain itu, manfaat air tebu lainnya adalah dapat menyembuhkan flu dan pilek. Jangan berpikir bila meminum air tebu akan membuat mempeparah sakit tenggorokan, Anda salah. Meminum air tebu malah membantu menyembuhkan sakit tenggorokan Anda. Selain itu, air tebu juga dapat mengatasi pilek dan flu.

7. Mencegah kanker
Tidak mau penyakit paling menakutkan ini menghampiri Anda? Bila rajin meminum air tebu, kandungan alkali di dalamnya ternyata baik untuk mencegah kanker, seperti kanker usus besar, kanker paru-paru, dan kanker payu dara.

8. Menghidrasi tubuh
Di cuaca yang sangat panas, tubuh sering kekurangan cairan, dan bila dibiarkan tubuh akan dehidrasi, lalu membuat badan Anda lemas. Nah, meminum segelas air tebu ternyata dapat menyegarkan tubuh dan mencegah dehidrasi.

Selain itu, meminum air tebu dengan cara langsung mengunyah akan membersihkan gigi Anda dari kotoran dan membuat gigi tampak putih.

Itulah beberapa manfaat air tebu bagi kesehatan. Bila Anda sedang mencari alternatif minuman sehat selain jus, tak ada salahnya mencoba ari tebu, karena begitu banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh Anda. Segera menjumpai kios-kios penjual air tebu di sekitar rumah Anda untuk merasakan kenikmatannya. Semoga bermanfaat!

Lihat juga: