0
Tipscaraalami.com - Manfaat buah belimbing - Buah belimbing yang dalam bahasa latin bernama Averrhoa Carambola L atau dalam bahasa inggris yang artinya starfruit ( bila di potong akan terlihat bahwa penampangnya berbentuk bintang ) merupakan buah yang sedikit peminatnya atau jarang peminat di bandingkan buah lainnya. Padahal buah ini paling mudah ditemukan sebagai buah campuran dalam pembuatan rujak. Buah ini memiliki rasa manis dan mengandung serat yang tinggi.

Daerah tropis merupakan habitat asli buah ini. Beberapa ahli biologi mengatakan bahwa belimbing manis merupakan tumbuhan alsi Indonesia dan Malaysia. Perlu Anda ketahui bahwa buah yang memiliki bentuk khas seperti bintang ini dikenal sebagai buah pedesaan ternyata memiliki khasiat untuk tubuh kita, karena terdapat unsur mineral serta vitamin yang terkandung di dalamnya. Kandungan nutrisi dalam 1 buah belimbing dapat mengandung unsur-unsur vitamin yang baik untuk tubuh manusia, yaitu : karbohidrat, energi, gula, serat, lemak, protein, asam pantotenat (B5), folat.
manfaat buah belimbing
Manfaat buah belimbing (c) Tipscaraalami.com/Mustajib
Seperti dilansir dari berbagai sumber, ini manfaat buah belimbing untuk kesehatan dan kecantikan.


Manfaat Buah Belimbing

  • Buah belimbing untuk mengatasi penyakit batuk pada anak-anak.
  • Dapat mengatasi sariawan dan gusi berdarah.
  • Buah ini dapat mengurangi rasa sakit gigi berlubang.
  • Mengatasi jerawat dan panu.
  • Dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.
  • Manfaat buah belimbing melindungi tubuh dari penyakit kencing manis.
  • Memberi perlindungan dalam tubuh terhadap kelumpuhan.
  • Kandungan serat pada buah dapat membantu melancarkan proses pencernaan.
  • Baik di konsumsi ketika diet karena pectin yang terkandung di dalam buah belimbing bisa membantu menghancurkan kolesterol.
  • Dan buah belimbing dapat mengatasi radang rectum.
Dengan cara dimakan biasa atau dijadikan juice, belimbing manis banyak di manfaatkan sebagai obat tradisional atau obat alternative. Buah ini memiliki kandunagn vitamin yang cukup tinggi, antara lain mengandung antioksidan. Peran antioksidan pada buah blimbing yaitu dapat mengurangi radikal bebas, menghambat penyebaran sel kanker, dapat meningkatkan daya tahan tubuh, dan mengurangi risiko sariawan.

Kandungan vitamin lainnya dalam buah belimbing ini yaitu pectin. Peran pectin yaitu mengikat senyawa asam empedu serta kolesterol yang terdapat dalam usus, kemudian membantu pengeluarannya. Sehingga pectin ini dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan melancarkan saluran pencernaan. Buah belimbing ini dapat dijadikan obat anti hipertensi karena mempunyai kandungan natrium yang sangat rendah serta kandungan kalium yang tinggi.

Selain berkhasiat bagi tubuh, bahaya beimbing manis terhadap kesehatan karena mempunyai kadar gula yang tinggi. Buah ini tidak di anjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes dan penderita penyakit ginjal. Mengkonsumsi buah ini akan memperparah penyakit tersebut karena kandungan asam oxalat yang tinggi terdapat di dalam buah ini. Selain itu, buah belimbing manis mengandung racun. Dimana buah ini akan menjadi bahaya jika di konsumsi oleh penderita gagal ginjal. Karena racun ini tidak dapat di saring dan di buang sehingga akan berdampak pada ginjal.

Cara memilih buah belimbing yang benar itu sangat simpel dan sederhana , sehingga tidak memerlukan kemamouan khusus dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Berikut adalah cara memilih buah belimbing yang benar. Antara lain :
  1. Memilih buah yang matang pohon, karena buah yang matang pohon rasanya segar untuk dimakan.
  2. Pilihlah buah belimbing yang kulitnya mengkilap dan kencang.
  3. Untuk memilih warna, pilihlah buah yang berwarna kuning segar, berwarna putih atau merah tergantung dari jenis belimbing yang anda pilih.
  4. Memilih daging belimbing yang memiliki rusuk – rusuknya masih teratur. Ini menandakan bahwa belimbingnya telah sempurna dan matang.
  5. Hindari memilih buah belimbing yang ada luka (memar), karena bagian yang luka (memar) akan membuat daging buah menjadi tidak segar lagi dan akan membuat belimbing cepat busuk.
  6. Hindari buah belimbing yang ada lubangnya walaupun kecil, biasannya belimbing yang memiliki lubang menandakan belimbing itu memiliki ulat.
  7. Jangan memilih belimbing yang mempunyai kulit lembut karena itu menandakan buah belimbing tersebut sudah layu dan tidak segar.
Itulah beberapa manfaat buah belimbing untuk kesehatan dan kecantikan. Ternyata buah yang berbentuk seperti bintang ini mempunyai khasiat luar biasa bagi kesehatan tubuh manusia. Nah, selain manfaat buah belimbing untuk kesehatan dan kecantikan, baca juga manfaat jus wortel bagi kesehatan. Semoga bermanfaat!
loading...
loading...
 
Top