9 Manfaat Buah Kiwi Bagi Kesehatan Yang Luar Biasa

Tipscaraalami.com - Manfaat buah kiwi - Buah kiwi merupakan salah satu buah yang sangat direkondasiakan untuk dikonsumsi demi menjaga kesehatan. Namun, buah kiwi termasuk buah yang kurang popular untuk kebanyakan masyarakat Indonesia. Hal ini wajar karena buah kiwi tergolong buah yang cukup mahal dan identik sebagai buah mewah. Buah kiwi adalah sejenis buah beri dengan kelompok kultivar dari kayu pohon anggur Actinidia deliciosa dan hibrida antara ini dan spesies pada genus Actinidia. Kata “ Actinidia” asli berasal dari Kota Shaanxi, di Negara Cina.


manfaat buah kiwi
Manfaat buah kiwi (c) Pixabay.com/stevepb
Buah kiwi pada umumnya mempunyai bentuk oval, kira-kira sebesar telur ayam (5-8 cm atau 2-3 inc dan daging buah ini berwarna hijau terang dan keemasan yang mempunyai biji kecil, berwarna hitam dan bisa untuk dimakan). Buah ini memiliki tekstur daging sangat halus dan rasanya yang unik. Saat ini buah kiwi sudah ditanam di berbagai Negara. Buah ini awalnya bernama Gosberi China. Pada tahun 1950-an, buah ini dinamai kembali dengan alasan ekspor marketing, yaitu menjadi melonette, dan kemudian menjadi kiwi. Nama buah ini berasal dari kiwi burung yang tidak bisa terbang dari selandia baru.

Khasiat buah kiwi
Berbicara masalah buah kiwi, perlu Anda ketahui dalam buah kiwi ada banyak manfaat kandungan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Zespri Health Scinece Research melakukan sebuah penelitian yang menyatakan buah ini kaya akan vitamin C. Karena kandungan vitamin C yang berasal dari buah kiwi lebih banyak dari jeruk yang biasannya di gadang-gadang sebagai sumber vitamin C terpopuler. Tidak hanya itu, vitamin C yang berasala dari kiwi juga bersifat sebagai antioksidan dan mampu mencegah kerusakan sel akibat proses oksidasi.

Buah kiwi juga mengandung antioksidan. Mantan Presiden Food and Health Forum, Dr. Marlyn Glenville, mengatakan bahwa kulit buah kiwi yang berambut mengandung kadar antioksidan yang cukup tinggi. Dalam kulit buah kiwi mengandung antioksidan tiga kali lebih banyak dari pada daging buah kiwi. Manfaat antioksidan yang tinggi antara lain adalah sebagai berikut.

  • Antikanker
  • Antiperadangan
  • Antialergen
  • Melawan bakteri

Khasiat buah kiwi yang secara efektif dapat menurunkan hipertensi dibuktikan dalam penemuan American Health Association yang di publikasikan . Dalam konsumsi buah kiwi tiga kali dalam sehari juga cukup efektif untuk menurunkan penderita hipertensi, menurut penelitian yang di lakukan Mette Svendsen dari Universitas Rumah Sakit Oslo. Penelitian ini dilakukan selama 8 minggu bersama 118 orang berusia 55 tahun dan menderita hipertensi sedang.

Kandungan terpenting buah kiwi yaitu terdapat ion potassium yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Selain khasiat buah kiwi di atas, seperti di lansir dari berbagai sumber, berikut manfaat buah kiwi bagi kesehatan tubuh manusia.


Manfaat Buah Kiwi

1. Mencegah penyakit kardiovaskular
Sebuah studi mengemukakan bahwa dalam mengkonsumsi 2 sampai dengan 3 buah kiwi per hari membantu mengurangi pembekuan darah, menurunkan kadar lemak dalam darah dan mengencerkan darah, sehingga bermanfaat mempertahankan kesehatan jantung.

2. Mencegah kanker
Selain itu, manfaat buah kiwi lainnya adalah dapat mencegah kanker. Rowett Research di Inggris mengatakan bahwa, mengkonsumsi buah kiwi emas setiap hari akan memberikan hampir dua kali lipat tingkat perbaikan DNA Anda. Ini adalah jenis kerusakan genetic yang dapat bertanggung jawab terhadap kanker.

3. Baik untuk ibu hamil
Ibu hamil membutuhkan 400-800 mikrogram asam folat untuk perkembangan janin di awal kehamilan. Kiwi adalah salah satu buah yang mengandung folat tinggi. Folat sangat bermanfaat membantu perkembangan otak dan kognitif dan mencegah cacat saraf pada bayi.

4. Kesehatan jantung
Selain baik untuk ibu hamil, manfaat buah kiwi lainnya adalah menjaga kesehatan jantung. Universitas Oslo di norwegia telah melaporkan jika anda mengkonsumsi 2 – 3 buah kiwi sehari dapat meningkatkan kesehatan jantung. Melancarkan sirkulasi darah dan mengurangi pembekuan darah. Buah ini juga mampu menurunkan lemak dalam darah rata – rata hingga 15%.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh
Dalam buah kiwi kandungan antioksidan dan vitamin C mampu membantu meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga tak mudah terserang flu.

6. Kesehatan mata
Selain buah wortel, buah yang dapat menjaga kesehatan mata lainnya adalah buah kiwi. Ternyata manfaat buah kiwi dapat membuat mata Anda sehat. Dalam buah kiwi, karotenoid membantu melindungi mata Anda dari radikal bebas bahaya.

7. Baik untuk pencernaan
Kiwi juga mengandung actinidin (enzim alami yang mencegah protein). Buah ini juga memiliki kandungan tinggi serat yang mampu membantu memperbaiki buang air agar lebih lancar. Serat dari kiwi juga telah di teliti mampu melancarkan sistem pencernaan. Tak hanya itu, vitamin C yang terdapat dalam buah kiwi diyakini bisa membantu menghilangkan kembung dan membantu memfiltrasi pertumbuhan bakteri yang menguntungkan.

8. Mengatasi asma
Manfaat buah kiwi lainnya adalah mengatasi asma. Peneliti Italia menemukan bahwa anak-anak mengkonsumsi 5-7 porsi buah kiwi dan jeruk lainnya selama seminggu, mampu menurunkan gejala batuk, dan sesak nafas.

9. Sumber nutrisi
Buah kiwi disebut sebagai “nutritional all-star” yang berarti bahwa buah ini memiliki kepadatan nutrisi terbaik. Konsumsilah buah kiwi sebagai salah satu asupan nutrisi Anda karena buah kiwi kaya akan magnesium yang mampu mengubah makanan menjadi energy.

Itulah beberapa kandungan buah kiwi, khasiat buah kiwi, dan manfaat buah kiwi bagi kesehatan tubuh Anda. Semoga artikel tentang manfaat buah kiwi ini bermanfaat bagi Anda.