9 Manfaat Wortel Bagi Kesehatan Tubuh

Tipscaraalami.com - Manfaat wortel - Wortel, seperti yang kita tahu bahwa wortel adalah satu sayuran yang berbentuk lonjong meruncing dan berwarna orange. Bisa dibilang bahwa semua orang tahu akan sayuran ini. Dan kebanyakan orang pun tahu bahwa memakan wortel sangat baik untuk kesehatan mata. Wortel termasuk tumbuhan biennial yaitu yang memiliki siklus hidup dua belas hingga dua puluh empat bulan dan memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi.

Tanaman wortel akan berbunga pada tahun kedua, batang bunga wortel tersebut tumbuh kurang lebih sekitar satu meter dengan bunga yang berwarna putih serta rasa yang manis namun agak langu. Wortel sendiri adalah bagian umbi atau akar dari tanaman tersebut. Namun tahukah Anda bahwa wortel bukan hanya menyehatkan mata saja? Ternyata, selain menyehatkan mata, wortel juga sangat baik untuk kesehatan manusia. Selanjutnya kami akan mengulas beberapa manfaat wortel bagi kesehatan tubuh.

manfaat wortel
Manfaat wortel (c) Tipscaraalami.com/Mustajib
Wortel, merupakan salah satu syauran dengan kandungan nutrisi serta vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Berdasarkan penelitian medis, wortel memiliki kadar vitamin A yang sempurna dan sangat baik untuk kesehatan mata. Selain itu, kadar vitamin A dalam wortel juga sangat berguna dalam menjaga serta mempertahankan kesehatan tubuh kita. Berikut ulasan lengkap manfaat wortel untuk kesehatan tubuh.


Manfaat Wortel

1. Kesehatan mata
Manfaat wortel untuk kesehatan mata memang tidak perlu diragukan lagi. Seperti yang telah disebutkan bahwa wortel memiliki kandungan vitamin A yang sempurna. Betakaroten yang ada pada wortel tersebut akan dirubah oleh hati menjadi Vitamin A yang sempurna. Vitamin A tersebut sangat baik bagi kesehatan mata, oleh karena tidak untuk mendapatkan mata yang sehat dan bebas akan masalah pada mata, tak ada salahnya Anda untuk memasukkan wortel ke dalam daftar makanan Anda konsumsi sehari-hari.

2. Mencegah kanker
Selain baik bagi mata, manfaat wortel lainnya adalah untuk kanker. Di dalam wortel terdapat senyawa falcarinol dan senyawa falcarindiol yang mana senyawa-senyawa tersebut memiliki sifat anti kanker. Maka dari itu, wortel termasuk salah satu sayuran yang bisa mencegah timbulnya sel-sel kanker pada tubuh kita seperti kanker paru-paru, usus besar, serta payudara.

Selain wortel, ketahui juga sayuran-sayuran lain yang dapat mencegah kanker.

3. Kesehatan jantung
Dengan mengkonsumsi wortel secara rutin, kita dapat menjaga kesehatan jantung kita. Hal ini disebabkan karena wortel memiliki kandungan betakaroten, alfakaroten serta lutein yang menjadikan buah wortel ini sangat berguna bagi kesehatan jantung kita. Zat-zat tersebut berfungsi untuk menghindarkan jantung kita dari gangguan-gangguan serta serangan jantung.

Ketahui juga makanan lainnya yang dapat mencegah penyakit jantung.

4. Manfaat wortel untuk gigi
Mengkonsumsi wortel secara teratur dapat membantu kita dalam menghilangkan plak dan sisa makanan yang mampu merusak gigi serta gusi kita. Wortel mengandung unsur mineral tertentu yang dapat mencegah rusaknya gigi kita dari waktu ke waktu.

5. Mencegah serangan stroke
Dengan kandungan nutrisi yang lengkap, tidak mengherankan jika orang yang sering mengkonsumsi wortel akan terhindar dari penyakit stroke. Penelitian di harvard membuktikan bahwa orang yang mengkonsumsi wortel enam batang dalam seminggu memiliki kemungkinan lebih kecil untuk terserang stroke.

6. Awet muda
Manfaat wortel lainnya adalah dapat membuat Anda awet muda. Telah disebutkan bahwa wortel memiliki betakaroten yang sangat tinggi. Betakaroten ini selain menjaga kesehatan mata, dapat memperlambat penuan sel pada tubuh kita. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi wortel kita dapat membuat diri kita terlihat lebih awet muda.

7. Membersihkan racun dalam tubuh
Vitamin A yang terkandung dalam sayuran wortel ini juga mampu untuk membersihkan usus besar, empedu serta lemak yang berada di dalam orga hati kita secara efektif dan tentunya alami. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk mengkonsumsi wortel secara teratur agar racun-racun yang ada di dalam tubuh kita dapat dihilangkan.

8. Kulit sehat
Manfaat wortel untuk kecantikan selain memperlambat penuana sel dalam tubuh, manfaat wortel lainnya dapat menjaga kesehatan kulit. Vitamin A dalam wortel ini juga sangat bagus bagi kesehatan kulit. Vitamin A dan antioksidan yang ada di dalam wortel mampu melindungi serta menjada kerusakan kulit akibat terkena sinar matahari. Jika kita mengalami kekurangan vitamin A, maka akan membuat rambut, kulit dan kuku menjadi kering. Vitamin A juga berguna untuk mencegah kerutan, jerawat, kulit yang kering, pigmentasi pada kulit, dan warna kulit yang tidak merata.

9. Sebagai antiseptik alami
Tangan Anda berdarah karena terkena paku, besi ataupun benda yang lainnya dan Anda tidak dapat menemukan antiseptik? Mungkin wortel dapat menjadi alternatif dan dapat digunakan untuk mencegah infeksi pada luka Anda. Caranya cuku mudah, Anda hanya perlu menghaluskan wortel lalu oleskan pada luka Anda.

Itulah beberapa manfaat wortel bagi kesehatan dan kecantikan tubuh Anda. Ternyata wortel sangat berkhasiat bagi kesehatan tubuh Anda, jadi tak salahnya bila Anda memasukkan wortel ke dalam daftar belanjaan Anda. Selain manfaat wortel, baca juga manfaat jus wortel dan manfaat buah pepaya untuk kesehatan. Semoga bermanfaat