Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan Tubuh

Tipscaraalami.com - Manfaat buah mengkudu - Buah mengkudu (Morinda Citrifolia) yang biasa disebut dengan pace, kemudu, kudu ( bahasa jawa) tumbuh di daerah yang memiliki dataran rendah di ketinggian sekitar 1500 m. Tinggi pohon mencapai 3-8 m, dan memiliki bunga yang berwarna putih. Buah ini memiliki ciri khas yaitu memiliki totol-totol di bagian kulitnya yang berwarna hijau mengkilap ketika masih muda, akan berwarna putih dengan bintik-bintik hitam ketika dia sudah tua.


manfaat buah mengkudu
Manfaat buah mengkudu (c) Pixabay.com/braico
Pada masyarakat Aceh umumnya buah mengkudu di jadikan sebagai sayur maupun rujak. Daunnyapun biasa di gunakan untuk bahan nicah untuk menu wajib dalam berbuka puasa. Oleh sebab itu masyarakat Aceh sering menanam pohon mengkudu di dekat rumah di pedesaan. Selain dapat di konsumsi sebagai menu makanan, buah ini juga dapat di gunakan untuk ramuan obat-obatan sejak dulu dan di percaya mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Sampai-sampai mempunyai julukan “Noni” oleh bangsa Polinesia yang meyakini bahwa buah ini memiliki manfaat tersendiri bagi penduduk Polinesia.

Kandungan buah mengkudu

1. Zat nutrisi
Buah mengkudu ini memiliki banyak nutrisi yang di butuhkan oleh tubuh, seperti vitamin, protein, dan mineral yang tersedia dengan jumlah yang cukup pada daun dan buahnya. Buah ini mengandung selenium, yaitu mempunyai manfaat sebagai antioksidan. Selain selenium, ada juga beberapa senyawa yang terkandung dalam buah mengkudu ini, yaitu : magnesium, plant steroid, lycine, acid, argine dan masih banyak lagi.

2. Terpenoid
Terpenoid mempunyai fungsi yaitu mempercepat proses sintesis organic dan pemulihan sel-sel tubuh. Zat anti bakteri yang terdapat pada sari-sari buah ini mempunyai fungsi yaitu membunuh bakteri penyebab infeksi, seperti : bakteri Escherichia coli, Bacilus Subtilis, Psedomonas aeruginosa dan Potens morganii. Selain itu zat ini juga memiliki fungsi yaitu sebagai pengontrol pathogen, yaitu mematikan bakteri Salmonella, Shigella dusenteriase, dan lain- lain. Senyawa scolopetin mempunyai fungsi sebagai unsur anti alergi dan anti peradangan.

3. Zat anti kanker
Zat anti kanker yang terdapat pada buah menkudu sangat efektif untuk mlawan berbagai sel-sel yang abnormal.

4. Xeroine dan Proxeronine
Xerone merupakan alkaloid yang penting yang terdapat di dalam buah mengkudu. Manfaat xeronine yaitu menyerap sel-sel tubuh yang selanjutnya akan mengaktifkan protein-protein yang tidak aktiv, serat mengatur struktur dan bentuk sel yang aktiv.

Buah mengkudu memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Berikut adalah manfaat buah mengkudu dah khasiat buah mengkudu untuk kesehatan.


Manfaat Buah Mengkudu

1. Penyembuhan hipertensi
Cara meramu buah mengkudu yaitu menyediakan 2 buah mengkudu yang sudah masak, menyediakan satu sendok madu. Buah mengkudu diambil airnya dengan cara di peras kemudian campur air perasan tadi dengan madu. Ramuan ini diminum dua kali sehari.

2. Penyembuhan batuk
Manfaat buah mengkudu lainnya adalah membuat batuk sembuh. Cara meramu buah mengkudu yaitu menyiapkan 1 buah mengkudu, setengah genggam daun poo(bujanggut). Kedua bahan ini direbus dengan di campur 2 gelas air sampai rebusan tadi telah menjadi 1 gelas air. Setelah itu saringlah dan diminum dua kali sehati tiap pagi dan sore hari.

3. Obat sakit perut
Cara meramu buah mengkudu yaitu menyiapkan 2-3 lembar daun mengkudu. Setalah di cuci bersih lalu tambahkan garam dan sajikan dalam seduhan iar panas. Setelah dingin air tadi di saring lalu siap untuk diminum.

4. Mengobati sakit kuning
Selain obat sakit perut, manfaat buah mengkudu lainnya adalah mengobati sakit kuning. Cara meramu buah menkudu yaitu menyiapkan 2 buah mengkudu dan 1 potong gula batu. Peras buah mengkudu dan ambil airnya. Kemudian perasan air tadi campur dengan madu. Aduk sampai merata dan minumlah sehari dua kali.

Catatan Penting:
Buah mengkudu ini berfungsi sebagai penghilang racun di dalam tubuh secara bertahap. Mengkonsumsi buah ini sebaiknya tidak dilakukan secara berlebihan. Namun harus teratur dan berkelanjutan. Mengkonsumsi jus buah mengkudu tidak mempunyai efek samping, namun khususnya bagi penderita gagal ginjal sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Prof. Dr. Azwar Agoes mengatakan, buah mengkudu ternyata mengandung banyak khasiat dalam tubuh manusia yaitu seperti merangsang sistem kekebalan tubuh, mengahambat pertumbuhan tumor, mengatur fungsi sel dan mengganti sel-sel yang rusak.

Itulah beberapa manfaat buah mengkudu untuk kesehatan. Lakukan tips dan cara di atas dengan teliti dan benar untuk bisa merasakan manfaat buah mengkudu untuk kesehatan ini. Selain manfaat buah mengkudu untuk kesehatan, baca juga manfaat jambu air untuk kesehatan. Semoga bermanfaat!