6 Manfaat Jambu Air Bagi Kesehatan Yang Terlupakan

Tipscaraalami.com - Manfaat jambu air bagi kesehatan tubuh - Bagi masyarakat Indonesia yang tinggal di kampung-kampung pasti tau yang namanya jambu air. Karena hampir di semua perkarangan rumah ada pohon jambu air. Namun, di perkotaan juga mulai banyak yang menanam jambu air ini.


Kandungan air yang banyak pada jambu air ternyata dapat menghilangkan rasa haus dan kenyang. Karena jambu air berkhasiat bagi kesehatan, jadi sangat banyak masyarakat Indonesia di kampung-kampung menggunakan buah ini untuk mengobati berbagai jenis penyakit.
manfaat jambu air
Manfaat Jambu Air (c) wikipedia.org

Seperti apa khasiat dari jambu air yang bisa bermanfaat bagi kesehatan? seperti dilansir Boldsky.com, ini 6 manfaat jambu air bagi kesehatan.

Manfaat Jambu Air

1. Diabetes
Diabetes adalah penyakit yang paling ditakuti oleh banyak orang. Banyak sekali penyebab diabetes, seperti minum air dingin juga sebabkan diabetes. Sebelum diabetes telah mengidap di tubuh, Anda wajib tau tanda-tanda penyakit diabetes.

Untuk mencegah dan mengatasi penyakit diabetes, jambu biji ternyata bermanfaat mengobati diabetes. Anda bisa memanfaatkan biji jambu air, karena biji jambu air memiliki glukosa di dalamnya yang disebut jamboline yang dapat dikeringkan dan ditumbuk jadi bubuk. Bubuk ini dapat ditambahkan dengan air dan diminum tiga sampai empat kali sehari, maka kandungan gula dalam urin Anda akan berkurang dan Anda akan terbebas dari diabetes.

2. Mencegah dehidrasi
Sama seperti buah semangka yang banyak mengandung air, pada jambu biji juga tak kalah kandungan air di dalamnya. Disaat tubuh terasa haus, cepek, dan lesu, mengkonsumsi jambu biji ternyata dapat mengatasi semua itu, dan akan membuat Anda bebas dari dehidrasi. Selain itu, serat yang ada pada jambu air juga akan membuat Anda kenyang, dan sangat bagus bagi Anda yang sedang diet atau menurunkan berat badan.

3. Meningkatkan kesuburan
Manfaat jambu air meningkatkan kesuburan. Mungkin ini adalah khasiat yang tersembunyi dan sangat jarang di ketahui, ternyata jambu air bisa meningkatkan kesuburan bagi pria. Kandungan vitamin C yang kaya pada jambu air ternyata berkhasiat sebagai antioksidan yang bisa menjaga kesehatan sel-sel tubuh dan juga menjaga kesehatan sel-sel sperma yang telah rusak.

4. Menjaga kesehatan mata
Selain itu, manfaat jambu air juga bagus bagi mata, yaitu dapat melindungi dan menjaga mata dari berbagai dampak, seperti mata lelah akibat lama beraktivitas di depan layar komputer. Kandungan vitamin A pada jambu akan mengatasi semua masalah di atas, jadi tidak hanya wortel saja yang bermanfaat bagi kesehatan mata.

5. Untuk kecantikan
Tidak hanya untuk kesehatan saja jambu air bermanfaat, tetapi jambu air juga bermanfaat bagi kecantikan juga. Jambu air kaya akan kandungan vitamin C yang bermanfaat merawat dan meremajakan kulit dan juga dapat bermanfaat untuk daya tahan tubuh akan serangan penyakit.

6. Mencegah diare
Manfaat jambu air lainnya yaitu dapat mengatasi diare. Cara mencegah dan mengobati diare ternyata dapat dilakukan dengan jambu air. Anda bisa menggunakan ekstrak jambu air ternyata juga bisa mencegah datangnya diare. Selain itu bunga buah ini juga bisa untuk menurunkan demam dan panas pada anak-anak.

Peringatan

Jambu air meskipun enak di makan, tetapi bila Anda mengkonsumsi secara berlebihan ternyata tidak bagus bagi kesehatan, yaitu dapat menyebabkan batuk dan filum di paru-paru dan sakit pada tenggorokan dan dada.

Itulah manfaat jambu air bagi kesehatan tubuh yang jarang di ketahui. Ingat, makanan sehat yang dikonsumsi secara berlebihan juga dapat berdampak buruk pada kesehatan. Jadi, makanlah makanan Anda dengan bijaksana dan jangan berlebihan. Semoga bermanfaat!