7 Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan Tubuh

Tipscaraalami.com - Manfaat buah sirsak -  Setelah sebelumnya kami membahas manfaat daun sirsak, maka kali ini buahnya yang akan kami bahas. Nah, buah sirsak adalah salah satu buah yang cukup mudah dicari di Indonesia. Buah sirsak memiliki nama latin Anona muricata linn ini masih berkerabat dekat dengan buah srikaya (Anona squamosal linn). Buah sirsak menjadi sangat popular ketika daun dan buahnya ini diklaim mampu mengobati berbagai macam penyakit. Buah sirsak ini berasal dari benua Amerika. Di indonesia nama buah ini berasal dari Bahasa Belanda ZuurZak yang berarti kantong yang rasanya asam.


manfaat buah sirsak
(c) majalahkesehatan.com
Buah sirsak ini menjadi sangat popular karena kandungan nutrisi yang sangat berkhasiat bagi kesehatan tubuh manusia. Buah ini terdiri dari daging buah sebesar 67,5 %, kulit buah 20 %, biji buah 8,5 % dan inti buah sebesar 4 %. Selain air, kandungan nutrisi yang terbanyak adalah karbohidrat. Salah satu jenis karbohidrat tersebut adalah pereduksi gula (glukosa dan fruktosa) dengan kadar pesentase 81,9-93,6 % dari kandungan gula total dari buah tersebut. Dari situ, manfaat buah sirsak bagi kesehatan sudah jelas terlihat.

Buah ini didominasi oleh vitamin C, sekitar 20 mg per 100 g dari daging buahnya. Dengan mengkonsumsi 300 g daging buah sirsak ini setiap hari , seseorang mampu memenuhi kebutuhan vitamin C-nya yaitu sebesar 60 mg. Selain itu, fosfor dan kalsium mendominasi kandungan mineral buah ini, yaitu sebesar 27 mg dan 24 mg per 100 g daging buah. Dua mineral ini sangat berguna bagi tulang untuk menjaga kesehatan tulang serta mencegah osteoporosis.

Keunggulan buah sirsak sebenarnya terletak pada kandungan sodium (natrium) yang rendah yakni 14 mg per 100 g daging buah, namun kadar kalium (potassium), yaitu 278 mg per 100 g daging buah. Karena perbandingan kalium dan natrium ini, buah sirsak sangat berguna untuk mencegah hipertensi. Selain komponen-komponen gizi, buah sirsak juga sangat kaya akan komponen-komponen non gizi. Diantara komponen tersebut, salah satunya adalah mengandung banyak serat (dietary fiber) yang mencapai 3,3 g per 100 g daging buah.

Dengan melihat kandungan-kandungan yang terdapat di dalam buah sirsak ini, tentu banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah sirsak untuk tubuh Anda.


Manfaat Buah Sirsak

1. Mencegah kanker
Di dalam daun, biji dan batang sirsak terkandung senyawa annonaceous acetogenins. annonaceous acetogenins berguna dalam menangkal serangan kanker dan virus. Telah terungkap pada sebuah penelitian bahwa annonaceous acetogenins pada sirsak mampu membunuh sel-sel ganas pada 12 jenis kanker seperti, kanker prostat, payudara, para-paru dan kanker-kanker yang lain.

2. Melancarkan buang air kecil
Anda merasa sakit ketika buang air kecil? Mungkin jus buah sirsak ini dapat menjadi salah satu solusinya. Selain melancarkan buang air kecil, manfaat buah sirsak juga dapat mengatasi haematuria yakni menyampurnya sel darah putih ke dalam urine serta penyakit hati ringan.

3. Menjaga kesehatan tulang
Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa buah sirsat mengandung fosfour dan kalsium. Namun ternyata, buah sirsak juga diperkaya dengan mineral lain. Mineral itu adalah tembaga. Tembaga sendiri berguna dalam membantu penyerapan kalsium ke dalam tulang sehingga tulang anda tercukupi kebutuhan nutrisinya.

4. Meningkatkan energi
Selain membuat tulang Anda kuat, khasiat buah sirsak lainnya adalah dapat meningkatkan energi. Saat Anda merasa lesu dan tidak bergairah, cobalah untuk memakan buah sirsak. Dengan aroma yang segar dan rasa yang dapat membangkitkan mood Anda kembali. Selain itu, buah sirsak juga mengandung thiamin dan sangat berguna untuk meningkatkan energy Anda.

5. Meredakan migraine
Manfaat buah sirsak selanjutnya, yaitu dapat meredakan migraine. Saat Anda merasa sakit kepala sebelah atau biasa disebut dengan migraine, dan Anda sudah bosan dengan obat-obatan serta ingin mencari obat yang alami mungkin buah sirsak bias menjadi solusinya. Buah sirsak yang kaya akan Vitamin B2, dan vitamin B2 tersebut dikenal ampuh untuk meredakan sakit kepala.

6. Mencegah anemia
Buah sirsak merupakan buah yang kaya akan zat besi. Zat besi dipercaya mampu mengobati gejala anemia yang menyerang Anda.

Baca juga: Daftar makanan penambah darah.

7. Manfaat biji buah sirsak
Ternyata tidak hanya daging buah dan daun sirsak saja yang memiliki manfaat. Tahukah Anda bahwa biji sirsak juga sangat berguna bagi kesehatan Anda? Biji sirsak ini mengandung senyawa emesis yang mampu mengurangi rasa mual dan muntah.

Itulah beberapa manfaat buah sirsak bagi kesehatan tubuh. Memang buah sirsak sedikit langka untuk didapati, pastinya Anda mencarinya di pasar-pasar tradisional. Nah, selain manfaat buah sirsak, daunnya juga sangat bermanfaat bagi kesehatan, ketahui juga manfaat daun sirsak bagi kesehatan. Semoga bermanfaat!