Manfaat Kulit Pisang Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Tipscaraalami.com - Manfaat kulit pisang - Buah Pisang merupakan buah yang sering dikonsumsi oleh banyak orang baik dari kalangan orang mampu ataupun tidak. Buah pisang memang sangat mudah ditemui di Indonesia dan harganyapun cukup murah. Selain itu, manfaat buah pisang juga sangat baik bagi kesehatan tubuh kita. Jadi tak heran jika buah pisang sangat di gemari oleh banyak orang. Akan tetapi manfaat buah pisang tidak hanya terdapat pada bagian buahnya saja, namun juga mulai dari batang, daun sampai dengan kulitnya.

Ya, manfaat kulit pisang memang benar adanya sebab kandungan yang dimilikinya sangat baik untuk kesehatan serta perawatan kecantikan. Jadi sebaiknya Anda tidak langsung membuang kulit pisang setelah selesai mengkonsumsi buah pisang agar manfaat yang di peroleh tidak hanya pada buahnya saja, tetapi juga pada kulit pisang sekaligus.

manfaat kulit pisang
Manfaat kulit pisang (c) Pixabay.com/Efraimstochter
Tumbuhan yang dapat di manfaatkan seluruhnya untuk tubuh kita. Sebagian besar orang tidak tahu manfaat kulit pisang, biasanya hanya di buang di tempat sampah. Kulit pisang adalah kulit buah pisang. Sebagai salah satu buah yang popular di dunia dengan konsumsi mencapai 145 juta ton per tahun (2011), pisang menghasilkan sejumlah besar limbah. Mulai dari batang, daun, hingga buahnya yang berguna untuk mereduksi risiko kanker, bahkan kulitnyapun juga mempunyai manfaat bagi kesehatan maupun untuk kecantikan.

Kulit pisang memang memiliki manfaat yang sangat banyak serta baik untuk kesehatan dan kecantikan. Hal ini disebabkan karena kandungan nutrisi dalam kulit pisang sangat beragam misalnya protein, lemak, zat bsi, air, karbohidrat, fosfor vitamin B, serta Vitamin C. Kandungan yang dimiliki kulit pisang tersebut mampu menjadi antibody serta energi bagi kita.

Kandungan - kandungan dalam kulit pisang:

· Karbohidrat sebanyak 18,5 gr

· Lemak sebanyak 2,11 gr

· Air sebanyak 68,90%

· Kalsium sebanyak 715mg

· Fosfor sebanyak 117mg

· Zat besi sebanyak 1,60mg

· Protein sebanyak 0,32gr

· Vitamin B sebanyak 0,12 mg

· Dan Vitamin C sebanyak 17,50gr

Manfaat Kulit Pisang

Untuk mendapatkan manfaat kulit pisang, banyak banyak cara yang bisa Anda coba dalam mengolahnya untuk menjadikan obat tradisional, perawatan kecantikan maupun konsumsi makanan.

1. Menghilangkan rasa gatal yang diakibat gigitan nyamuk
Bahan : kulit pisang yang sudah di potong kecil-kecil

Cara : letakkan potongan kulit pisang pada bagian kuli Anda yang terkena gigitan nyamuk. Diamkan sekitar 20 menit setelah itu cuci bersih kulit Anda agar tidak terasa lengket.

2. Meringankan jerawat
Manfaat kulit pisang selanjutnya adalah untuk jerawat. Ternyata kulit pisang dapat menghilangkan jerawat juga.
Bahan : kulit pisang, alat untuk mengerok seperti sendok

Cara: bagian dalam atau bagian putih kulit pisang dikerok dan tempelkan /oleskan pada bagian wajah anda yang terkena jerawat pada malam hari. Biarkan sampai pagi, lalu usaplah wajah Anda dengan handuk yang telah di celupkan pada air hangat.

3. Manfaat kulit pisang menghilangkan kutil
Bahan : kulit pisang yang sudah di potong kecil – kecil

Cara : letakkan kulit pisang pada bagian kulit Anda yang terkena kutil selama 15 menit. Lkukan hal ini secara rutin selama 1 minggu agar mendapatkan hasil yang maksimal

4. Menunda keriput di wajah
Manfaat kulit pisang untuk kecantikan lainnya adalah dapat menunda keriput.
Bahan : kulit pisang secukupnya dan madu sebanyak 1 sdt dan sendok

Cara : kerok bagian dalam kulit pisang dengan sendok, setelah itu hasil kerokan di capur dengan madu dan oleskan bagian wajah anda yang menurut Anda aling cepat berkeriput sepert bagian bawah mata.

5. Membantu penyembuhan psoriasis
Bahan : kulit pisang secukupnya dan sendok

Cara : bagian dalam kulit pisang di kerok dengan sendok. Setelah itu, oleskan pada bagian kulit Anda yang terjangkit gejala psoriasis. Biarkan selama 30 menit kemudian bersihkan dengan air hangat. Frekuensi untukmelakukan hal ini adalah 2 kali sehari secara teratur.

6. Masker wajah alami
Zat pemutih alami dan juga antioksidan yang ada pada kulit pisang dapat membantu wajah Anda terlihat bersih dan tampak bercahaya. Carannya cukup mudah, gosokkan kulit pisang bagian dalam yang berwarna putih pada ajah agar serat -serat kulit pisang menempel di wajah. Selanjutnya, biarkan semalam, baru pagi hari bilas dengan air hangat.

Itulah beberapa manfaat kulit pisang untuk kesehatan dan juga kecantikan tubuh Anda. Ternyata kulit pisang yang sering tidak dimanfaatkan orang ini dan membuangnya punya segudang khasiat dan manfaat untuk kesehatan Anda. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Jangan lupa juga untuk mengetahui manfaat buah pisang, dan manfaat daun pisang. Terimakasih!