Ini Manfaat Daun Pisang Bagi Kehidupan

Tipscaraalami.com - Manfaat Daun Pisang - Semua orang tidak akan asing lagi dengan buah pisang. Ya buah yang memiliki bentuk lonjong dengan rasa manis yang banyak disukai oleh beberapa orang. Buah pisang memiliki manfaat kesehatan untuk tubuh, yaitu untuk memberikan beberapa vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Baca manfaat buah pisang bagi kesehatan.

Disisi lain, ada daun pisang yang juga memiliki banyak manfaat. Orang umum biasanya menggunakan daun pisang sebagai alas untuk memasak dan menjadikannya sebagai pembungkus makanan. Daun pisang jenis satu dengan jenis lainnya memiliki aroma dan tekstur yang berbeda. Oleh karena itu ada beberapa aturan, misalnya saja untuk membungkus makanan, akan lebih baik bila menggunakan daun pisang kepok. Karena daun pisang kepok memiliki tekstur kuat dan lembut, sehingga bila dibuat sebagai pembungkus tidak mudah rusak.

Bila Anda sering menikmati makanan yang bernuansa pedesaan seperti pada saung-saung, Anda akan menemukan daun pisang sebagai alas nasi ataupun lauk. Hal ini memang dimaksudkan untuk mendukung aroma dari masakan tersebut. Diakui memang daun pisang memiliki aroma sedap yang cocok untuk alas berbagai masakan.

manfaat daun pisang
Manfaat daun pisang (c) pixabay.com/anuraj
Warna hijau tua pada daun pisang memberikan warna alami yang membuat makanan yang dibungkusnya memiliki aroma lebih sedap dan yang pasti aman dikonsumsi. Semua bagian pohon pisang memiliki manfaat. Mulai dari akar hingga pada buahnya. Terlebih daun pisang yang kehadirannya sudah tidak bisa dipisahkan lagi oleh masyarakat Indonesia.

Karena setiap ada makanan yang dibungkus, kebanyakan menggunakan daun pisang sebagai pembungkusnya. Disisi lain, harga daun pisang yang semakin mahal tidak membuat orang atau penjual makanan untuk mengganti keberadaan daun pisang dengan alas bungkus yang lain. Karena kuliner adalah hal yang berkaitan dengan rasa, bila rasa itu enak, betapa pun mahalnya pasti akan dibeli. Untuk menjaga kualitas makanan tersebutlah, banyak orang yang lebih memilih menggunakan daun pisang sebagai alas bungkus.

Selain sebagai pembungkus alami yang aman,daun pisang menjadi salah satu bagian penting dalam suatu upacara adat. Di Indonesia begitu banyak kegiatan adat yang membutuhkan daun pisang sebagai syaratnya. Misalnya untuk alas tempat sesaji atau hanya sekedar untuk menaruh makanan untuk persembahan.

Ada berita yang menyebutkan bahwa daun pisang bisa digunakan sebagai penurun demam, namun kepastian akan hal ini belum terbukti secara legal. Mungkin masih dalam perkiraan. Namun sejatinya daun pisang telah sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia, yang menjadi penghasilan.

Itulah beberapa manfaat daun pisang yang memiliki peran penting dalam masyarakat, bahkan bila tidak ada daun pisang maka para produsen makanan yang menggunakan daun pisang akan merasa sangat kebingungan. Daun pisang memegang peranan penting dalam fungsinya di masyarakat, Indonesia khususnya.

Setelah mengetahui manfaat daun pisang bagi kehidupan manusia, tak salah untuk mengetahui manfaat daun binahong, dan manfaat daun pepaya. Semoga artikel manfaat daun pisang ini dapat bermanfaat bagi Anda. Terimakasih!