20 Manfaat Pisang Bagi Kesehatan [Part 1]

Manfaat pisang bagi kesehatan - Pisang atau pohon pisang adalah salah satu tanaman yang sangat mudah di jumpai, hampir di seluruh Indonesia kita lihat pohon pisang. Buah pisang ketika masak umumnya berwarna kuning ini sangat banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan. Pisang selain mudah buat Anda untuk mendapatkannya dan harganya relatif murah, ternyata pisang juga banyak mengandung nutrisi, energi, dan mineral, yang tentunya sangat dibutuhkan tubuh.

manfaat pisang
Manfaat Pisang (c) Pixabay.com/Hans

Bagi Anda yang sekali-kali atau jarang mengkonsumsi pisang, lebih baik sekarang Anda harus sering makan buah pisang, karena begitu banyak manfaat luar biasa bagi tubuh Anda. Seperti dilansir dari Healthmeup.com, inilah 20 manfaat pisang bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Pisang

1. Manfaat pisang menyehatkan mata
Manfaat pertama pisang bagi kesehatan tubuh adalah pisang dapat membuat mata Anda sehat. Kandungan vitamin A yang baik pada pisang ternyata dapat melindungi mata Anda agar lebih sehat. Satu pisang setidaknya mengandung 10 mikrogram vitamin A yang akan menjaga kesehatan mata Anda. Cocok sekali bagi Anda yang tidak suka makan wortel, karena pisang bisa menjadi sumber vitamin A alternatif selain wortel.

2. Manfaat pisang meredakan keram saat menstruasi
Bila seorang wanita kekurangan potasium, makan pada saat menstruasi akan terasa keram. Pada pisang terdapat banyak potasium yang bisa meredakan keram saat menstruasi pada wanita. Selain potasium, pisang juga terdapat vitamin B6 yang bermanfaat mengurangi air yang berkumpul dalam tubuh. Ini akan meredakan rasa kembung yang dialami seseorang saat menstruasi.

3. Manfaat pisang menjaga kesehatan usus
Bila Anda bermasalah dengan sistem pencernaan, Anda bisa mengkonsumsi pisang. Karena pisang banyak terdapat serat yang mudah larut yang pasti akan membantu memperbaiki usus dan sistem pencernaan Anda dan akan mengeluarkannya.

4. Buah pisang kaya akan vitamin dan serat
Karbohidrat dan vitamin A yang melimpah pada pisang ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan. Bagi Anda yang susah BAB, mengkonsumsi pisang adalah cara paling ampuh melancarkan BAB.

5. Manfaat pisang mengobati sakit maag
Untuk mengobati sakit maag, ternyata dengan buah pisang dapat mengobati sakit maag. Pisang memiliki zat penangkal asam salam tubuh yang bisa meredakan sakit maag.

6. Manfaat pisang mengobati jerawat
Untuk mengatasi jerawat yang membandel di wajah Anda, ternyata buah pisang bisa di andalkan. Caranya sangat mudah, siapkan buah pisang yang sudah cukup matang dan yang telah di hancurkan untuk di oles di wajah sebagai masker pada bagian kulit wajah berjerawat. Setelah didiamkan selama 15-20 menit, bilas dengan air. Lakukan rutin tiap hari sampai jerawat di wajah Anda hilang.

7. Meningkatkan mood
Bagi Anda yang mungkin suasana hatinya lagi galau, mengkonsumsi pisang ternyata dapat membuat mood jadi stabil dan membuat Anda jadi ceria dan bersemangat lagi.

8. Manfaat pisang menghaluskan kulit wajah
Selain manfaat pisang untuk kecantikan menghilangkan jerawat, ternyata pisang banyak manfaat lainnya bagi kecantikan kulit wajah Anda, yaitu dapat membuat kulit jadi halus dan lembut. Anda bisa mengoleskan masker pisang pada wajah yang telah dicampur 2 sendok madu. Setelah 15-30 menit, bilas dan rasakan wajah yang halus dan lembut.

9. Sumber energi
Kandungan karbohidrat yang tinggi pada pisang ternyata dapat membuat tubuh Anda penuh dengan energi yang dapat meningkatkan aktivitas Anda sehati-hari. Anda bisa mencoba mengkonsumsi 1 atau 2 buah pisang saja dalam sehari untuk merasakan manfaatnya.

10. Manfaat pisang menyembuhkan luka bakar
Untuk menyembuhkan luka bakar, Anda bisa mencoba menggunakan buah pisang. Caranya dengan mengoles buah pisang yang telah dihaluskan pada bagian kulit yang terbakar dan juga dapat mengurangi rasa sakit.

Selanjutnya... 20 Manfaat Pisang Bagi Kesehatan [Part 2]