Ini Manfaat Susu Kambing Etawa Untuk Kesehatan

Tipscaraalami.com - Manfaat susu kambing etawa - Kambing etawa merupakan kambing dari India. Kambing ini mempunyai ciri-ciri yaitu tinggi mencapai 90 cm sampai 127 cm untuk kambing jantan, dan tinggi hanya 92 cm untuk kambing betina. Bobotnya berkisar 91 kg kambing jantan, dan 63 kg kambing betina. Kambing ini memiliki dahi serta hidung yang cembung, bertanduk pendek baik jantan maupun betina. Dalam sehari, kambing etawa ini mampu menghasilkan susu hingga tiga liter per harinya. Persilangan (hibrida) antara kambing etawa dengan kambing lokal di kenal sebagai kambing “Peranakan Etawa” atau “PE”. Kambing peranakan etawa ini hampir mirip dengan etawa, namun lebih cepat dalam berkembangbiak dan tumbuh terhadap lingkungan di Indonesia.

Sama seperti susu-susu yang lain, susu dari kambing etawa juga sangat baik di konsumsi oleh semua usia karena sangat baik untuk kesehatan. Dari berbagai kandungan nutrisi yang terdapat pada susu kambing etawa ini tidak kalah dengan susu-susu yang lain, bahkan susu ini mempunyai keunggulan tersendiri. Susu ini sangat dianjurkan di konsumsi untuk ibu hamil, orang tua, ibu menyusui dan juga dalam penyembuhan berbagai penyakit serta sebagai bahan kecantikan kulit. Biasanya kambing etawa diolah dalam berbagai produk, misalnya dalam produk susu bubuk, keju, dan dalam produk susu lainnya.

manfaat susu kambing etawa
Manfaat susu kambing etawa (c) idseomedia.web.id
Anggapan bahwa susu kambing etawa tidak boleh di konsumsi bagi penderita hipertensi (darah tinggi) itu tidak benar, karena kandungan kalium(potassium) yang ada pada susu kambing etawa justru memiliki fungsi untuk mengontrol tekanan darah yang bisa mengurangi resiko terkena penyakit jantung dan stroke. Bahkan susu ini di klaim mempunyai manfaat yang setara dengan ASI.

Sebelum mengetahui manfaat susu kambing etawa, ketahui dulu beberapa kandungan susu kambing etawa.

Kandungan Susu Kambing Etawa
Berikut merupakan kandungan susu kambing etawa bubuk yang memiliki kandungan senyawa yang cukup banyak yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia dan yang sangat kaya akan nutrisi.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh United State Departement of Agriculture (USDA) menunjukkan bahwa gizi kambing etawa memiliki manfaat serta komposisi yang sempurna seperti ASI. Dalam takaran susu kambing etawa 100 gram mengandung protein 4%, lemak 7%, karbohidrat 4,5%, kalsium 134 gram dan fosfor 111 gram. Dalam komposisi kimiawinya, susu kambing etawa mengandung natrium, lemak, karbohidrat, magnesium , kalori, kalsium, fosfor, besi, kalium, vitamin, niacin, asam pantotenat, kolin, protein dan inositol.

Mengkonsumsi susu kambing etawa ini dapat bermanfaat bagi kesehatan tulang, meningkatkan hemoglobin, serta tercukupinya vitamin A, B1, B2, dan B3 yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan sel otak dan saraf. Kandungan asam amino yang mengandung usur belerang metionin, sistin, dan sistein sangat penting untuk proses membangun kesehatan otak dan sistem saraf, serta mempunyai peran dalam pembentukan sel darah penawar racun (detoksifikasi) bahan kimia yang berbahaya yang dapat masuk ke dalam tubuh.

Itulah kandungan susu kambing etawa, sebelum lanjut ke manfaat susu kambing etawa, tidak salah untuk mengetahui keunggulan susu kambing etawa dulu di banding susu lain.

Keunggulan Susu Kambing Etawa
Susu kambing etawa memiliki keunggulan, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Dari segi nutrisi, komposisi, dan sifat alami susu ini yang mendekati ASI.
2. Mempunyai sifat antiseptik alami karena membantu menekan perkembangbiakan bakteri dalam tubuh.
3. Karena adanya flourin yang kadarnya 10-100 kali lebih besar dari susu sapi.
4. Susu ini bersifat basa (alkali food) yang aman bagi tubuh.
5. Protein dan laktase ringan tidak menyebabkan diare.
6. Kandungan proteinnya lebih baik daripada telur.
7. Kandungan proteinnya yang lembut membuat susu ini mudah di cerna. Susu ini mempunyai sifat homogen alami, yang mempermudah untuk di cerna sehingga dapat menekan terjadinya reaksi-reaksi alergi. Proses dalam mencerna susu kambing etawa hanya sampai 20 menit,yang lebih cepat dari pada susu lainnya.

Selain memiliki keunggulan, berikut adalah khasiat susu kambing etawa dan manfaat susu kambing etawa bagi kesehatan tubuh.


Manfaat Susu Kambing Etawa

1. Membantu dalam proses pencernaan serta dapat menetralisir asam lambung.
2. Dapat membantu dalam menyembuhkan penyakit asma, TBC, dan infeksi paru-paru akut menahun.
3. Mengurangi alergi pada kulit, dan organ tubuh yang lain.
4. Menambah daya tahan tubuh.
5. Mengatasi impotensi, serta meningkatkan daya vitalitas pria dan wanita dewasa.
6. Berkhasiat untuk penderita kelainan fungsi ginjal atau dalam dunia medis di sebut dengan neprotic sindrom.
7. Berkhasiat sebagai terapi penyembuhan asam urat.
8. Baik untuk pembentukan tulang, dianjurkan bagi Anda yang menderita reumatik dan osteoporis.
9. Memberikan asupan nutrisi dan gangguan metabolisme tubuh.
10. Membantu menghaluskan kulit, karena telah di produksi susu kambing etawa dalam bentuk sabun.

Itulah beberapa kandungan susu kambing etawa, khasiat susu kambing etawa, dan manfaat susu kambing etawa untuk kesehatan tubuh. Selain manfaat susu kambing etawa untuk kesehatan, baca juga artikel menarik lainnya seperti manfaat susu kedelai, dan manfaat minum susu segar bagi kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat!