10 Manfaat Buah Duku Untuk Kesehatan

Tipscaraalami.com - Manfaat buah duku - Buah duku termasuk dalam keluarga meliaceae dan berasal dari daerah Asia Tenggara bagian barat. Buah duku ini memiliki kemiripan dengan beberapa buah seperti kokosan, pisitan, celoring dan berbagai macam buah lainnya. Banyak orang yang beranggapan bahwa buah duku akan terasa pahit jika dimakan. Sebenarnya, rasa pahit itu akibat dari biji buah yang ikut tergigit, jadi jika biji buah tersebut tidak tergigit buah duku tidak akan terasa pahit. Terlepas dari semua itu, buah duku adalah buah yang memiliki khasiat serta manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Meskipun buah duku merupakan buah yang memiliki banyak manfaat, namun kebanyakan orang belum mengetahui khasiat serta manfaat dari buah duku tersebut. Di dalam 100 g daging buah duku terkandung kalori sebesar 7 kkal, protein sebesar 1,0 g, karbohidrat sebesar 13 g, mineral dengan kadar 0,7 g, kalsium sebanyak 18 mg, fosfor 9 mg, dan zat besi sebesar 0,9 mg. Selain itu, buah duku juga memiliki kandungan kalori, minerat dan zat besi yang lebih tinggi satu tingkat jika dibandingkan buah jeruk maupun apel.


Manfaat buah duku (c) blog.ub.ac.id
Buah duku juga mengandung vitamin C serta Vitamin E dan mengandung antioksidan. Buah duku juga memiliki kandungan lanzones yang dapat mencegah diare bagi yang mengkonsumsinya. Berikut adalah 10 manfaat buah duku serta khasiat buah duku untuk kesehatan.


Manfaat Buah Duku

1. Sebagai anti oksidan
Vitamin C dalam buah duku ini berperan sebagai antioksidan. Antioksidan adalah sebuah nutrisi yang berguna untuk menangkal radikal bebas agar kesehatan kita tidak terganggu. Antioksidan ini juga berguna untuk mengurangi kerusakan - kerusakan yang diakibatkan oleh zat – zat beracun serta polusi.

2. Menjaga kesehatan gusi
Nah, manfaat buah duku selanjutnya adalah menjaga kesehatan gusi. Dengan kandungan vitamin C tadi, buah duku juga sangat berguna bagi kesehatan gusi Anda. Untuk itu, konsumsilah buah duku ini agar gusi Anda tetap terjaga kesehatannya.

3. Mencegah penuaan dini
Manfaat buah duku untuk kecantikan adalah membuat wajah Anda tidak keriput. Vitamin C berperan sebagai antioksidan, dan anti oksidan berperan dalam melawan radikal bebas yang ada di dalam tubuh kita. Meskipun dalam jumlah yang kecil, vitamin C dapat melindungi nutrisi - nutrisi penting seperti protein, lipid, karbohidrat, serta asam nukleat dari kesrusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, racun, maupun polusi. Oleh karena itu, buah duku yang mengandung vitamin C cukup tinggi mampu mencegah penuaan dini.

4. Mempercepat pemulihan
Vitamin C adalah salah satu vitamin yang sangat popular. Pasalnya, vitamin C ini sangat berguna bagi mereka yang ingin tetap fit maupun untuk tetap sehat. Hal ini disebabkan karena vitamin C membantu menjaga kekebalan tubuh serta membantu pemulihan tubuh setelah olah raga maupun pekerjaan yang berat.

5. Melancarkan sistem pencernaan
Manfaat buah duku selanjutnya melancarkan pencernaan. Di dalam buah duku terkandung dietary fiber yang atau serat yang tinggi. Telah umum diketahui bahwa serat membantu melancarkan sistem pencernaan, oleh karena itu dengan mengkonsumsi buah duku ini Anda akan memperlancar sistem pencernaan Anda.

6. Mencegah kanker
Dengan kandungan antioksidan yang sangat tinggi, buah duku juga bermanfaat untuk mencegah kanker dengan membersihkan tubuh dari radikal bebas.

7. Membantu menurunkan berat badan
Manfaat buah duku untuk diet adalah dapat menurunkan berat badan. Buah duku juga sangat cocok bagi mereka yang sedang melakukan program diet ataupun mereka yang ingin mengurangi berat badan. Vitamin C dalam buah duku merupakan faktor penting dalam terjadinya proses biosintesis molekul - molekul kecil di dalam tubuh, seperti carnitine. Carnitine berperan aktif dalam mengarahkan molekul lemak ke sel - sel jaringan di mana pembakaran lemak terjadi.

8. Menguatkana gigi
Salah satu kandungan buah duku adalah fosfor. Dengan kandungan fosfor tersebut, buah duku dapat membantu menguatkan gigi.

9. Mengendalikan kadar kolesterol
Vitamin C dalam buah duku kembali menjadi faktor penting dalam khasiat buah duku yang satu ini. Kandungan vitamin C tersebut sangat bermanfaat untuk membantu metabolism kolesterol menjadi asam empedu yang memiliki manfaat dalam mengontrol tingkat kolesterol darah serta timbulnya buah empedu.

10. Menjaga kesehatan kulit
Manfaat buah duku untuk kulit adalah akan menjadikan kulit Anda sehat dan cantik. Buah duku memiliki kandungan vitamin E di dalamnya. Oleh karena itu tidak mengherankan jika buah duku ini bermanfaat bagi kesehatan kulit. Buah duku ini mampu menjaga, meningkatkan elastisitas serta kelembaban pada kulit. Mampu menegah proses penuaan dini, melindungi kulit dari kerusakan akibat terkena sinar ultra violet dan membantu memercepat proses penyembuhan pada kulit.

Itulah beberapa manfaat buah duku untuk kesehatan tubuh Anda. Semoga artikel manfaat buah duku ini bermanfaat bagi Anda. Terimakasih!