7 Manfaat Buah Sawo Untuk Kesehatan

Tipscaraalami.com - Manfaat buah sawo - Buah sawo telah menjadi salah satu buah yang langka di DKI Jakarta. Penyebab pastinya memang tidak diketahui, mungkin karena pohon sawo ini memerlukan lahan yang cukup luas untuk menanamnya dan sekarang lahan tersebut sangat susah ditemui. Sebenarnya pohon sawo termasuk pohon yang mudah dalam perawatannya, tingginyapun bisa mencapai 30 – 40 m. Pohon ini sangat rindang dan cocok digunakan sebagai pohon peneduh. Bila sudah masanya pohon sawo ini berbuah, hampir disemua cabangnya bergantungan buah sawo dan rasanya sangat manis.

Sangat sayang memang karena masyarakat sekarang menganggap buah sawo sebagai buah yang telah ketinggalan jaman. Memang benar jika hanya melihat tampilan luarnya buah sawo ini terkesan kurang menarik. Namun coba cicipi dan rasakan rasa manis dari buah sawo ini. Ternyata, buah ini selain memiliki rasa yang manis juga memiliki khasiat serta manfaat bagi tubuh manusia. Sebelum kami berbagi mengenai khasiat buah sawo dan manfaat buah sawo ini, alangkah lebih baik jika kami menjelaskan kandungan dari buah sawo tersebut.


manfaat buah sawo
Manfaat buah sawo (c) tipscaraalami.com/Mustajib
Disetiap 100 g daging buah, buah sawo mengandung :
  • Kandungan energy buah sawo sejumlah 92 kkal
  • Protein dalam buah sawo sejumlah 0,5 g
  • Jumlah kandungan lemak dalam buah sawo adalah 1,1 g
  • Karbohidrat dalam buah sawo sejumlah 22,4 g
  • Kalsium dalam buah sawo sejumlah 25 mg
  • Fosfor dalam buah sawo sejumlah 12 mg
  • Zat besi dalam buah sawo sejumlah 1 mg
  • Vitamin A dalam buah sawo sejumlah 60 IU
  • Vitamin B 1 dalam buah sawo sejumlah 0, 01 mg
  • Vitamin C dalam buah sawo sejumlah 21 mg
Dari data di atas, dapat disimpulkan bahwa buah sawo termasuk buah yang memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap dan tidak selayaknya jika buah ini dipandang sebelah mata. Dengan melihat kandungan - kandungan yang terdapat dalam buah sawo ini, maka buah sawo memiliki manfaat bagi tubuh kita.

Seperti dilansir dari berbagai sumber, berikut manfaat buah sawo untuk kesehatan yang jarang diketahui.


Manfaat Buah Sawo

1. Memelihara kesehatan tulang dan gigi
Buah sawo memiliki kandungan fosfor dan kalsium yang cukup tinggi. Apabila Anda mengkonsumsi buah sawo secara rutin, Anda dapat memelihara kesehatan serta kekuatan tulang dan gigi Anda. Namun, buah ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi balita karena dapat mengganggu sistem pencernaan. Tulang menjadi salah satu bagian tubuh yang penting di masa kini maupun pada masa yang akan datang. Tulang yang kuat dan sehat akan membuat Anda menjalani aktivitas dengan lancar.

2. Memelihara kesehatan mata
Ternyata, buah sawo ini juga memiliki kandungan vitamin A di dalamnya. Oleh karena itu, tidak heran jika mengkonsumsi buah sawo akan membantu Anda menjaga kesehatan mata Anda.

3. Nutrisi yang baik bagi pertumbuhan Anak
Selain bagus buat mata, manfaat buah sawo lainnya adalah bagus bagi Anak-Anak. Anak - Anak di atas 6 tahun sudah dapat mengkonsumsi buah sawo. Buah sawo sendiri sangat berguna untuk membantu perkembangan Anak. Hal ini dikarenakan buah sawo mengandung protein nabati yang sangat berguna dalam membantu tumbuh kembang Anak - Anak Anda. Jadi, Anda tidak perlu khawatir dan ragu untuk memberikan buah ini kepada Anak - Anak Anda. Dengan rasa yang manis, dijamin Anak Anda akan menikmati buah ini.

4. Baik bagi ibu - ibu hamil
Ibu - ibu yang tengah hamil membutuhkan asupan nutrisi untuk menjaga kehamilannya. Vitamin C yang terdapat dalam buah sawo ini akan membantu menjaga daya tahan tubuh ibu hamil. Dengan vitamin C yang cukup tinggi, buah ini sangat cocok bila dikonsumsi oleh ibu hamil. Selain itu, buah sawo juga akan membantu mengatasi masalah sembelit yang sering dialami oleh Ibu pada saat mereka hamil.

5. Mempercantik kulit
Manfaat buah sawo lainnya adalah dapat mempercantik kulit Anda. Selain rasanya yang manis dan enak, buah sawo juga dapat membantu mempercantik kulit Anda sehingga kulit terjaga kelembabannya dan selalu bercahaya. Dalam sebuah penelitian telah membuktikan bahwa buah sawo mengandung Vitamin E yang sangat berguna bagi kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini.

6. Mencegah kanker usus

Sistem pencernaan membutuhkan serat yang cukup agar metabolisme dalam tubuh menjadi lancar.kandungan serat yang cukup tinggi di dalam buah sawo berkhasiat untuk mencegah penyakit kanker usus dengan rutin mengkonsumsinya.

7. Pembentukan sel darah merah
Buah sawo memiliki asam folat sebesar 14 mkg? 100 g daging buah. Asam folat sendiri sangat diperlukan oleh tubuh manusia untuk membantu pembentukan sel darah merah agar tubuh menjadi lebih sehat.

Itulah beberapa manfaat buah sawo untuk kesehatan dan kecantikan tubuh. Bila Anda kesulitan untuk mendapatkan buah ini, coba ke pasar - pasar tradisional. Nah, selain manfaat buah sawo, ketahui juga manfaat buah naga untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat!