8 Makanan Yang Dapat Menjaga Kesehatan Mata

Tipscaraalami.com - Makanan yang menyehatkan mata - Mata adalah salah satu anggota tubuh yang sangat vital bagi manusia, dan berfungsi sebagai organ penglihatan dan mendeteksi cahaya. Selain itu, fungsi mata lainnya adalah untuk mengetahui apakah lingkungan disekitar terang atau gelap. Organ luar pada mata juga berperang penting bagi mata, seperti bulu mata yang berperan menyaring cahaya yang diterima, alis mata yang mencegah keringat masuk ke mata, dan kelopak mata yang berfungsi melindungi dan menutupi mata dari bahaya.


cara membuat mata jadi sehat
Mata Sehat (c) Pixabay.com/PublicDomainPictures
Nah, apa jadinya bila mata Anda bermasalah? Mata yang bermasalah akan berakibat pada hilangkan fungsi penglihatan mata, mata jadi rabun, dan bahkan berujung pada kebutaan. Tidak mau kan mata kesayangan Anda jadi buta. Oleh karena itu, merawat dan menjaga mata sangat penting dilakukan. Contoh sederhana saja yaitu tidak terlalu dekat dan terlalu lama menonton tv atau di dekat komputer dan tidak mengucek mata, karena bahaya mengucek mata.

Selain itu, untuk menjaga mata agar selalu sehat juga bisa dilakukan dengan mengkonsumsi makanan. Lalu apa saja makanan yang dapat menyehatkan mata? Melansir dari Sheknows.com, ini 8 makanan yang dapat menjaga kesehatan mata.


Makanan Untuk Kesehatan Mata

1. Sayuran hijau
Makanan pertama yang bermanfaat menjaga kesehatan mata adalah sayuran hijau. Sayuran hijau mencegah mata dari kebutaan dan merawat mata Anda. Jenis sayuran hijau yang dapat menyehatkan mata adalah bayam, brokoli, dan kale. Kesemua sayuran tersebut kaya akan vitamin A, B12, C, dan kalsium, pastinya semua kandungan tersebut bermanfaat merawat dan menjaga mata agar sehat.

2. Telur
Kandungan nutrisi yang kaya pada telur tidak hanya bermanfaat membentuk otot, tetapi menyehatkan mata. Selain itu, kuning telur juga berperan mencegah mata Anda sakit pada saat usia tua nanti. Jadi konsumsi telur minimal satu butir setiap hari, Anda bisa merebus untuk menikmati telur.

3. Bawang putih
Bawang putih adalah bumbu dapat yang sangat populer, Anda pasti mudah untuk mendapatkannya. Nah, bawang putih ternyata tidak hanya bermanfaat sebagai penyedap masakan, tetapi berkhasiat menjaga kesehatan lensa mata dan mencegah katarak. Selain itu, bawah putih juga berkhasiat dalam menurunkan kolesterol.

4. Wortel
Wortel adalah jenis sayur yang sangat enak dan lezat bila disajikan dalam kuah sub. Ternyata kandungan beta-carotene yang kaya pada wortel sangat baik bagi retina dan melindungi mata dari sinar matahari. Selain itu, bagi pria mengkonsumsi wortel juga mempunyai manfaat bagi kesehatan.

5. Ikan
Selain sayuran, ternyata daging ikan juga bermanfaat menyehatkan mata. Anda bisa mengkonsumsi ikan tuna, ikan salmon, dan cod, karena jenis ikan ini kaya akan asam lemak omega-3 yang juga ditemukan dalam retina sehingga dapat membuat mata Anda sehat.

6. Kacang-kacangan
Mengkonsumsi kacang-kacangan juga mampu melindungi mata dari berbagai penyakit. Anda bisa mencoba mengkonsumsi kacang almond, mete, dan juga kacang tanah, karena kacang ini kaya akan asam lemak omega-3 sama seperti ikan.

7. Alpukat
Alpukat adalah buah yang kaya akan kandungan zat lutein. Zat ini adalah senyawa yang dapat mencerahkan penglihatan dan menurunkan risiko katarak bila usia Anda sudah tuan. Jadi, alpukat tidak hanya enak dibuat jus, tetapi juga menyehatkan mata.

8. Cokelat hitam
Cokelat hitam bukan cuma lezat, tetapi juga menyehatkan. Kandungan flavonoid di dalamnya bertugas menjaga kesehatan pembuluh darah dan melancarkan sirkulasi ke arah mata. Jadi sudah enak menyehatkan lagi.

Itulah beberapa makanan yang bagus bagi kesehatan mata. Jadi tetap jaga dan rawat mata Anda dengan mengkonsumsi makanan sehat di atas supaya mata Anda sehat selalu. Semoga bermanfaat!