12 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Tipscaraalami.com - Manfaat buah naga - Anda orang Tionghoa? Atau mungkin Anda masih keturunan Tionghoa? Kalau iya, Anda pasti tidak asing lagi dengan buah naga. Buah naga adalah salah satu buah yang sering disajikan dalam berbagai upacara adat Tionghoa. Meskipun begitu, buah ini bukan berasal dari China, melainkan berasal dari Amerika latin dan menyebar ke Australia, Srilanka, China lalu masuk ke Negara Asia timur dan akhirnya sampai di Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Untuk di Indonesia sendiri, dari Aceh sampai Papua, sudah banyak yang menanam buah ini. Buah yang sejatinya termasuk dalam keluarga kaktus ini mempunyai nama latin Hylocereus polyrhizus. Buah ini akan tumbuh subur bila ditanam di daerah sejuk serta di daerah pegunungan, dan sangat cocok di tanam di seluruh pelosok negeri.


manfaat buah naga
Manfaat buah naga (c) Pixabay.com/hans
Ternyata, buah berbentuk menyerupai kepala naga ini selain rasanya yang nikmat juga baik bagi kesehatan. Buah naga mengandung nutrisi yang sangat baik bagi tubuh kita, nutrisi itu antara lain vitamin C, vitamin B1, Vitamin B3, vitamin B12, kalori, protein, karbohidrat, serat, kalsium fosfor, zat besi, serat, serta mengandung banyak air. Dengan nutrisi yang dimiliki oleh buah naga, buah ini tentu sangat berguna bagi manusia.

Seperti dilansir dari berbagai sumber, berikut manfaat buah naga bagi kesehatan dan juga kecantikan tubuh.


Manfaat Buah Naga

1. Mencegah kanker
Manfaat buah naga yang pertama adalah dapat mencegah kanker. Buah naga adalah salah satu buah yang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Cara yang paling sederhana adalah dengan memblender 500 g buah naga lalu meminumnya setiap hari.

2. Menjaga kesehatan jantung
Mengkonsumsi buah naga secara teratur dapat membantu merawat kesehatan jantung kita. Hal ini disebabkan karena kandungan vitamin C, B1, B2, dan B3 dalam buah naga dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

3. Mencegah diabetes mellitus
Selain menjaga kesehatan jantung, manfaat buah naga lainnya adalah dapat mencegah diabetes mellitus. Pola makan yang berlebihan dan tidak sehat bisa berakibat fatal bagi kesehatan. Salah satu penyakit yang dapat menyerang adalah diabetes mellitus. Untuk itu, demi menghindari penyakit tersebut usahakan untuk mengkonsumsi buah naga. Tentu saja hal ini harus diimbangi dengan pola hidup yang sehat. Buah naga sendiri dapat mencegah diabetes mellitus karena buah naga sendiri mengandung zat yang efektif mengurangi kadar gula dalam darah.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh
Dengan kandungan vitamin C yang cukup tinggi, buah naga mampu membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Karena vitamin C merupakan nutrisi yang sangat efektif untuk menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, buah naga juga sangat baik jika dikonsumsi oleh anak saat masa pertumbuhan.

5. Merawat kesehatan kulit
Buah naga dapat dijadikan lulur untuk menjaga kesehatan kulit. Caranya adalah mengupas satu buah naga lalu haluskan. Setelah halus, saring buah naga untuk mengambil airnya. Oleskan air tersebut ke wajah atau bagian tubuh lainnya secara teratur setiap hari.

6. Manfaat buah naga menetralkan racun
Karena mengandung antioksidan, buah naga mampu menetralkan racun di dalam tubuh manusia seperti arsen, merkuri dan racun lainnya yang dapat membahayakan kesehatan.

7. Merawat kesehatan mata
Manfaat buah naga lainnya yaitu dapat membuat mata sehat. Buah naga mengandung karoten yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata Anda.

8. Menghambat penuaan dini
Antioksidan dalam buah naga ini selain menetralkan racun, buah naga juga mampu menghambat penuaan dini.

9. Memperkuat tulang dan gigi
Karena buah naga mengandung kalsium serta fosfor. Dengan kandungan kalsium dan fosfor itu, buah naga tentu sangat bermanfaat untuk menguatkan kesehatan tulang dan gigi.

10. Menurunkan kadar kolesterol
Dengan kandungan vitamin B3 yang dimiliki buah naga, ternyata buah naga diyakini mampu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh kita. Maka dari itu, dianjurkan untuk mulai mengkonsumsi buah naga secara teratur guna menjaga kestabilan kolesterol di dalam tubuh.

11. Penambah nafsu makan
Anda termasuk orang yang nafsu makannya kurang? Cobalah mengkonsumsi buah naga secara teratur. Dengan kandungan vitamin B1 dan Vitamin B12, buah naga dipercaya mampu menambah nafsu makan.

12. Mengobati asma
Jika Anda salah seorang yang mempunyai penyakit asma, cobalah untuk mengkonsumsi buah naga secara teratur. Buah naga dipercaya mampu mengobati penyakit asma karena buah naga memiliki nutrisi-nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh kita.

Itulah beberapa manfaat buah naga bagi kesehatan, ternyata buah naga bukan hanya buah yang unik bentuknya dan enak untuk dikonsumsi. Khasiatnyapun tidak kalah nikmat dengan rasanya. Bagi Anda yang telah mengkonsumsi bahkan menggemari buah ini, tanpa Anda sadari telah mendapatkan manfaat. Bagi yang belum mengkonsumsi, mulailah mengkonsumsi buah ini.

Selain khasiat buah naga bagi kesehatan, baca juga artikel menarik lainnya dari Tipscaraalami seperti manfaat buah jagung bagi kesehatan. Semoga bermanfaat!