0
Tipscaraalami.com - Manfaat kacang hijau - Kacang hijau ( Vigna radiate) merupakan jenis palawija yang sangat terkenal di daerah tropis. Tumbuhan ini termasuk jenis tumbuhan polong-polongan (Fabaceae) memiliki banyak sekali manfaat dalam kehidupan sehari-hari yaitu sebagai sumber bahan makan yang berprotein nabati tinggi. Tanaman ini menempati urutan ketiga setelah kacang kedelai dan kacang tanah. Pemanfaatan kacang hijau ini yang bernilai ekonomis yaitu terdapat pada bijinya. Biji kacang hijau ini dapat diolah menjadi bubur, sebagai onde-onde, gandas turi, bakpau, tepung hunkue dan masih banyak lagi.
manfaat kacang hijau
Manfaat kacang hijau (c) Pixabay.com/PDPics
Tauge, siapa yang tidak kenal dengan tauge? tauge merupakan biji kacang hijau yang berkecambah. Tauge ini mengandung enzim aktif salah satunya enzim amylase bermanfaat untuk membantu dalam metabolisme karbohidrat.

Ada beberapa kandungan nutrisi dalam kacang hijau, antara lain:

1. Sumber protein
Sumber protein yang terdapat pada kacang hiaju ini merupakan sumber alternatif protein nabati. Kandungan protein sangat tinggi yaitu sebanyak 7 gr per 100 gr. Protein dalam kacang hijau memiliki asam amino yang cukup lengkap. Walaupun kadar protein pada kecambah berkurang yaitu hanya 3 gr per 100 gr, namun kandungan asam aminonya sebagian dalam bentuk bebas dan cepat di serap oleh tubuh.

2. Kaya akan serat
Kandungan serat dalam kacang hijau mencapai 7,6 gr per 100 gr. Serat ini dapat mencukupi kebutuhan serat harian Anda yaitu sekitar 30%. Serat ini berfungsi untuk melancarkan saluran pencernaan, mencegah konstipasi (sembelit), dan menjaga perut Anda agar tetap kenyang.

3. Rendah karbohidrat
Kandungan karbohidrat di dalam kacang hijau adalah 19 gr per 100 gr. Kandungan karbohidrat memang cukup rendah, oleh karena itu sangat baik di konsumsi pada saat Anda melakukan program diet atau dalam pembentukan badan.

4. Mengandung lemak sehat
Kandungan lemak pada kacang hijau ini adalah omega -3 (0,9 mg per 100gr) dan omega -6(119 mg per 100 gr). Peran omega 3 sendiri dalam tubuh yaituk untuk menurunkan kolesterol dalam darah.

5. Kaya vitamin dan mineral
Kacang hijau kaya akan vitamin dan mineral. Vitamin di dalamnya antara lain vitamin B (thiamin) yang cukup tinggi yakni sebanyak 0,2 mg per 100gr. Selain itu juga kaya vitamin B seperti riboflavin, B6, sam panthotenat, serta niasin. Vitamin ini memiliki fungsi yaitu meningkatkan energi dan untuk metabolisme tubuh. Kacang hijau kaya akan mineral, yaitu dalam 100 gr mengandung potassium (266 mg), manganese (48 mg), phosphorus(99mg), kalsium (27 mg), besi (1,4 mg), magnesium ( 0,8 mg), dan zinc (0,8 mg).

6. Kaya enzim katif
Kacang hijau kaya akan enzim aktif, diantaranya yaitu enzim amylase yang dapat meningkatkan dan pembentukan energi. Enzim amylase dapat rusak jika dalam suhu 40°.

Itulah kandungan kacang hijau. Ternyata kacang hijau tidak mau kalah akan kandungan nutrisi dan vitamin dari jenis kacang lainnya. Selain kandungan kacang hijau,, seperti dilansir dari berbagai sumber, ini manfaat kacang hijau dan khasiat kacang hijau bagi kesehatan tubuh manusia.


Manfaat Kacang Hijau

1. Menurunkan kolesterol
Bagi Anda yang punyai kadar kolesterol yang tinggi sebaiknya Anda mengkonsumsi kacang hijau. Karena kacang hijau merupakan makanan yang rendah akan kolesterol yang banyak mengandung serat dan mudah larut. Perlu Anda ketahui bahwa serat terdiri dari 2 macam, yaitu serat yang dapat larut dan serat yang tidak mudah larut. Serat yang tidak larut berfungsi untuk menormalkan buang air besa, namun tidak begitu berpengaruh dalam menurunkan tekanan darah. Kalau serat yang mudah larut apabila di campur dengan air maka akan berubah seperti jelly yang akan membantu kerja salura pencernaan.

Sangat dianjurkan mengonsumsi 10 smapai dengan 25 gram serat mudah larut setiap hari untuk menurunkan jumlah kolesterol LDL (kolesterol jahat). Kandungan satu cangkir kacang hijau yaitu 1,9 gram dari total jumlah serat yang mudah larut yang dianjurkan untuk di konsumsi.

2. Mencegah kanker payudara
Selain itu, manfaat kacang hijau lainnya adalah mencegah kanker payudara. Dalam kacang hijau mengandung zat yang membunuh infeksi virus. Zat ini memperlambat pertumbuhan sel kanker termasuk pada sel kanker payudara. Zat ini juga di ketahui dapat menghambat dan mencegah pembentukan sel-sel tumor.

3. Pasca menopause
Kacang hijau mengandung isoflavon yang berguna untuk membantu pengaturan hormonal. Isoflavon merupakan kelompok dari phytoestrogen yang jumlahnya kira-kira 495,1 mikro gram. Dalam mengkonsumsi 90 mg per hari phytoestrogen dapat membantu perempuan pasca-menopause dalam mencegah osteoporis dengan merangsang pembentukan tulang.

Itulah beberapa manfaat kacang hijau bagi kesehatan tubuh. Untuk cara mengkonsumsinya, Anda bisa merebus sampai setengah matang. Ingat, jangan menambahkan gula karena dapat mengurangi nutrisi dan vitamin yang ada pada kacang hijau.

Selain manfaat kacang hijau bagi kesehatan, ketahui juga manfaat kulit pisang untuk kesehatan. Semoga bermanfaat!
loading...
loading...
 
Top