0
Tipscaraalami.com - Manfaat kacang merah - Tanaman kacang merah tergolong dalam tanaman semak merambat yang dalam pertumbuhannya membutuhkan media untuk merambat. Tanaman ini memiliki jenis daun yang majemuk berbentuk jorong dan beranak daun tiga. Tinggi tanaman ini mencapai 3m-5m dan buahnya berbentuk polong serta memanjang. Dalam setiap polongnya biasanya berisi 2 atau 3 kacang merah. Kacang ini memiliki ukuran yang lebih besar dari pada kacang lainnya, berwarna merah bata atau merah tua.

Tanaman kacang merah ini tumbuh pada habitat yang dingin atau basah yaitu di ketinggian 1400m hingga 2000m di atas permukaan laut. Suhu yang di gunakan agar tanaman ini bisa tumbuh sekitar 16°C sampai 27°C dengan curah hujan diantara 900mm sampai 1500mm per tahun. Dalam curah hujan sekitar 500mm sampai 600mm kacang ini juga dapat tumbuh, namun hanya untuk satu kali musim penanaman saja. Tidak hanya suhu yang harus di perhatikan dalam menanam tumbuhan ini, media yang di gunakan yaitu tanah pun juga harus di perhatika, seperti kandungan PH-nya yaitu sekitar 6.0 sampai 6.8 dengan sistem drainase yang baik.
manfaat kacang merah
Manfaat kacang merah (c) Pixabay.com
Kacang merah ini terbagi menjadi 3 jenis, yaitu kacang adzuki, kidney bean, dan red bean. Kacang adzuki atau kacang yang berukuran kecil ini memiliki warna yang lebih gelap di bandingkan red bean dan banyak tumbuh di Asia Timur. Sedangkan kidney bean merupakan kacang merah yang paling besar ukurannya diantara kedua kacang tadi. Kacang jenis kidney bean ini juga sering di jumpai di Indonesia.

Perlu Anda ketahui bahwa kacang merah mengandung banyak serat. Memang, kacang merah ini belum banyak di konsumsi karena biasannya kacang merah di gunakan sebagai campuran dalam sup. Berbeda dengan kacang kedelai karena kacang kedelai ini merupakan kacang yang sering diolah.

Kacang merah memiliki kandungan asam folat, karbohidrat, kalsium, dan protein yang tinggi. Peran karbohidrat dan serat memabantu dalam menurunkan kolesterol dalam tubuh. Kadar glikemik pada kacang merah juga mengurangi gejala penyakit diabetes. Secara rinci kandungan dalam kacang merah antara lain vitamin B6, besi, thiamin, serat (fiber), asam folat, mangan, dan protein. Dalam 9gr protein dari kacang merah itu cukup untuk memenuhi kebutuhan protein dalam tubuh sebesar 17%.

Berikut manfaat kacang merah untuk kesehatan yang kami kutip dari berbagai sumber.


Manfaat Kacang Merah

1. Antioksidan
Sebuah penelitian di Departement Pertanian Amerika Serikat mengatakan bahwa kandungan antioksidan dalam kacang merah melebihi kulalitas antioksidan pada buah-buah yang lain seperti cerri, cranberry, dan blueberry. Kacang merah menempati peringkat atas pada daftar makanan mengandung antioksidan. Antioksidan itu sendiri berguna utuk menjaga fungsi-fungsi sel terhadap kerusakan dari radikal bebas.

2. Sumber protein
Manfaat kacang merah sebagai sumber protein. Kacang kaya akan protein yang sehat. Kacang ini mengandung protein yang lengkap dengan semua jenis asam amino yang di perlukan untuk gizi tubuh. Kacang-kacangan rendah lemak dan bebas kolesterol. Dalam secangkir kacang merah akan memberikan lebih dari 15 gram protein.

3. Meningkatkan energy tubuh
Selain mengandung protein, kacang merah mengandung zat besi yang baik untuk tubuh. Kandungan zat besi pada kacang ini dapat memenuhi kebutuhan energi kita. Dalam satu cangkir kacang merah yang sudah di masak, mengandung lebih dari 15 mg zat besi. Yaitu setara dengan 30% kebutuhan harian tubuh. Karena dalam metabolisme tubuh, tubuh juga membutuhkan energi.

Kacang merah juga mengandung hemoglobin yang berperan untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Oleh karena itu konsumsilah kacang merah secara rutin karena sangat baik bagi kelancaran oksigen di dalam tubuh. Apalagi bagi apabila Anda sekarang ini dalam keadaan hamil atau menyusui sangat dianjurkan sekali mengkonsumsi kacang merah untuk menunjang pertumbuhan janin.

4. Menyehatkan pencernaan
Manfaat kacang merah lainnya adalah membuat pencernaan sehat. Kacang merah sangat terkenal dengan kandungan seratnya. Kandungan serat ini sangat membantu dalam pencernaan usus, karena serat membantu pergerakan usus sehingga dapat menstabilkan kerja usus. Yang pada akhirnya akan menyebabkan kelancaran dalam buang air besar. Kelancaran dalam buang air besar menekan resiko terkena gejala kanker pada usus besar.

5. Mengontrol kadar gula dalam darah
Serat yang terdapat di kacang merah ini berguna untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Kandungan serat yang tinggi ini akan memperlambat proses pencernaan dan memiliki indeks glisemik rendah. Sehingga bagi Anda penderita diabetes, konsumsilah kacang merah supaya dapat mengontrol kadar gula dalam darah Anda.

6. Mengoptimalkan memori otak
kandungan thiamin yang terdapat pada kacang merah yaitu mempunyai peran yang penting dalam proses neurotransmitter dalam memori otak. Yaitu menurunkan fungsi mental ( pikun ) dan penyakit pikun.

Cara memasak kacang merah yang sehat:
Dalam proses memasak ada beberapa hal yang harus di perhatikan supaya kandungan nutrisi dari kacang merah ini tidak hilang. Berikut adalah cara memasak yang benar :
  1. Apabila kemasan kacang dalam bentuk kaleng, untuk mengurangi natrium bilas kacang hingga bersih sebelum di masak
  2. Apabila kacang merah kering yang menjadi pilihan kedua yang dapat di masak . Pertama bilas kacang kering dengan air hingga bersih. Pilih kacang yang baik, kemudian rendam pada air dingin. Pada hari selanjutnya ganti air rendaman kemudian didihkan, masak sampai matang kira-kira 15 menit sampai 1 jam tergantung pada banyak sedikitnya kacang yang di masak.
  3. Jika yang di masak merupakan kacang sayur, maka Anda dapat langsung memasak tanpa proses merendam terlebih dahulu. Namun sebelum kacang ini matang jangan menambahkan bahan yang bersifat asam seperti garam atau tomat agar kacang ini tidak lembek dan tidak sulit untuk matang.
Itulah beberapa manfaat kacang merah, khasiat kacang merah, kandungan kacang merah, dan cara memasak dan memilih kacang merah yang baik. Semoga artikel manfaat kacang merah ini bermanfaat bagi Anda.

Selain manfaat kacang merah untuk kesehatan, baca juga daftar makanan yang dapat menjaga kesehatan mata. Terimakasih!
loading...
loading...
 
Top