6 Manfaat Buah Manggis Bagi Kesehatan

Tipscaraalami.com - Manfaat buah manggis - Akhir-akhir ini kita sering melihat atau mendengar iklan tentang extrak kulit manggis yang dijadikan bahan obat-obatan. Nah, kabar baik untuk Anda, kami juga telah mengulasnya tentang manfaat kulit manggis untuk kesehatan beberapa waktu yang lalu. Lalu bagaimana sebenarnya manfaat buah manggis tersebut? Buah yang berwarna merah keunguan dengan daging buah berwarna putih ini memang banyak digemari oleh masyarakat karena memiliki rasa yang manis agak asam.

Buah manggis ini memiliki nama latin garcinia mangostana. Banyak orang yang percaya bahwa buah manggis ini berasal dari kepulauan nusantara. Pohon manggis biasa disebut pohon hijau abadi yang hanya hidup di daerah tropis. Tinggi pohon buah manggis ini bias mencapai 25 m.

Manfaat buah manggis (c) wikipedia.org
Kembali pada khasiat buah manggis tadi. Mungkin banyak orang yang tidak menyangka jika buah yang satu ini memiliki manfaat dan khasiat bagi manusia. Namun, setelah penelitian membuktikan kegunaan dari buah manggis ini, banyak orang mulai memanfaatkan buah yang satu ini untuk menjaga kesehatan tubuh mereka. Anda penasaran dengan khasiat buah manggis ataupun manfaat buah manggis ini?

Seperti dilansir dari berbagai sumber, berikut manfaat buah manggis bagi kesehatan tubuh.


Manfaat Buah Manggis

1. Manfaat buah manggis mencegah timbulnya kanker
Di dalam buah manggis ditemukan senyawa xamthone atau senyawa anti kanker dan sangat baik dalam mencegah kanker dan memperlambat proses tumbuhnya sel-sel kanker. Penyakit kanker yang dapat dicegah dengan memanfaatkan buah manggis antara lain kanker usus, kanker hati dan lain sebagainya. Selain dapat menyembuhkan penyakit kanker, kandungan xanthone dalam buah manggis juga mampu memperlambat tumbuhnya sel-sel yang menjadi penyebab tumbuhnya penyakit leukemia.

2. Manfaat buah manggis menangkal radikal bebas dan memperkuat kekebalan tubuh
Buah manggis mengandung senyawa catechins yang terbukti secara medis mampu mengalahkan Vitamin C serta vitamin E yang ada di dalam tubuh kita. Vitamin C dan Vitamin C ini berguna untuk menangkal radikal bebas yang menyerang tubuh kita. Maka dari itu, buah manggis yang kaya akan catechins ini sangat berguna untuk menangkal radikal bebas dan memperkuat system imunitas yang ada di dalam tubuh kita. Untuk itu, usahakan untuk mengkonsumsi buah manggis secara teratur agar Anda dapat terhindar dari bahaya radikal bebas yang menyerang tubuh kita. Selain itu, Anda akan mendapat cadangan antioksidan alami yang sangat melimpah dari buah manggis.

3. Jus buah manggis mampu untuk menghilangkan rasa sakit
Manfaat buah manggis lainnya adalah menghilangkan rasa sakit. Menurut penelitian para ahli buah manggis mampu mengurangi rasa nyeri pada tubuh kita. Caranya adalah buatlah jus dari buah manggis lalu minum secara rutin.

4. Buah manggis dapat mencegah penyakit batu ginjal
Apakah Anda sering buang air kecil setelah mengkonsumsi buah manggis? Jangan khawatir, itu memang salah satu efek bila mengkonsumsi buah manggis. Jangan salah, dengan sering buang air kecil tersebut Anda akan terhindar dari penyakit batu ginjal. Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda disarankan untuk mengkonsumsi buah manggis secara rutin minimal 3 ons setiap satu hari.

5. Buah manggis mampu menurunkan berat badan
Di atas telah disebutkan bahwa buah manggis mengandung denyawa xanthone yang berguna untuk mencegah penyakit jantung dan diabetes. Namun ternyata zat ini bukan hanya mencegah penyakit tersebut, namun zat ini juga berguna untuk melunakan sel-sel membrane tubuh Anda yang telah membesar dan mengeras bersamaan dengan membesarnya tubuh kita.

6. Kulit manggis mampu mencegah penuaan dini
Selain buahnya, kulit manggis juga memiliki manfaat serta khasiat. Untuk itu, jangan terburu-buru untuk membuang kulit manggis setelah Anda menikmati buah manggis ini. Kembali senyawa xanthone ini membuat Anda harus berfikir ulang jika ingin membuang kulit manggis tersebut.

Memang, kulit manggis ternyata kaya akan xanthone yang mampu mencegah penuaan dini. Caranya adalah dengan membuat jus dari kulit manggis ini. Pertama-tama Anda keruk kulit bagian dalam manggis agar kulit lunak terpisah dari kulit luarnya. Tambahkan ethanol dengan perbandingan 1:2 lalu blender hingga halus. Setelah itu diamkan selama 24 jam lalu saring jus tersebut agar ampasnya terpisah. Soal rasa Anda tidak perlu khawatir, Anda bias menambahkan madu, anggur, apel atau buah lainnya agar jus zanthone ini tetap nikmat untuk dikonsumsi.

Itulah beberapa manfaat buah manggis bagi kesehatan tubuh. Ternyata buah yang rasanya manis ini punya segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Jadi tak salah bila Anda memasukkan buah manggis ke dalam daftar belanjaan Anda, untuk merasakan kesemua manfaat di atas. Nah, setelah mengetahui manfaat buah manggis untuk kesehatan, sekarang Anda wajib juga mengetahui akan manfaat kulit manggis itu sendiri. Semoga bermanfaat!

Bila artikel ini bermanfaat, segera klik tombol share di bawah, supaya teman-teman Anda ikut juga merasakan manfaatnya. Terimakasih!