3 Penyebab Asam Urat Dan Cara Mengatasinya

Penyebab asam urat - Penyakit asam urat kerap juga disebut dengan penyakit gout, ini karena kebanyakan penumpukan sampah dalam tubuh sehingga bisa terjadi asam urat. Asam urat merupakan limbah yang tertumpuk dan berasal dari pemecahan zat pirin yang terdapat dalam sel-sel tubuh. Pembuangan ini biasanya paling banyak berasal dari ginjal dalam bentuk urin dan sebagian kecil lainnya dibuang melalui saluran pencernaan yang berbentuk tinja.

Jika anda merasa sangat sakit di beberapa bagian sendi anda, di saat itulah asam urat sedang meradang di bagian tersebut. Ini terjadi karena asam urat yang dibuang dari tubuh lebih sedikit dari pada jumlah yang di produksi sehingga asam urat bertumpuk dan akan membentuk Kristal tajam natrium urat yang berukuran mikro kemudian bermuara di sendi-sendi atau pada sekeliling jaringan sendi. Dan ketika Kristal tajam telah masuk ke ruang sendi di saat itulah proses peradangan terjadi dan itu terjadi sangat sakit.


Penyebab asam urat

Ada 4 bagian sendi yang sering terjadi peradangan asam urat yaitu sebagai berikut :

Pada bagian tangan dan kaki


Ini terjadi kemungkinan karena tingginya pembentukan Kristal tajam pada kedua bagian ini. Terjadinya pembentukan Kristal yang lebih tinggi ini bisa terjadi karena suhu di kedua bagian ini lebih rendah dibandingkan dengan suhu didaerah lainnya ini disebabkan tingkat keringat yang bisa keluar dari bagian ini sangat sedikit.

Pada bagian sendi lutut dan sendi siku


Bagian selanjutnya yang rentan terkena asam urat yaitu pada bagian siku dan lutut karena pada bagian ini paling sering terdapat penumpukan asam urat dan paling banyak terdapat Kristal tajam.

Sedangkan sendi atau bagian yang jarang terkena penyakit ini yaitu pada bagian-bagian yang dekat dengan badan seperti di sendi leher, punggung, bahu dan pinggul. Pada bagian ini diterangkan jarang terkena penyakit asam urat karena pada bagian ini lebih banyak lemaknya dan lebih sering berkeringat dibanding bagian sendi lainnya yang lebih mudah terserang penyakit asam urat.

Lihat juga:
Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kanan Kiri Dan Belakang
20 Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Alami Terbukti Manjur
Obat Sakit Kepala Alami Ampuh Dan Cepat
8 Obat Sakit Gigi Paling Ampuh Cepat Dan Mujarab

Semua penyakit muncul pasti karena ada penyebabnya, termasuk dengan datangnya penyakit asam urat ini.

Berikut merupakan penyebab datangnya asam urat yaitu :

Dari makanan


makanan laut contohnya kerang dan ikan yang mengandung banyak minyak.
Daging merah contohnya daging sapi, babi dan daging kambing.
makanan jeroan contohnya ginjal, jantung, otak dan hati.

Penyebab asam urat dengan makanan seperti diatas biasanya karena terlalu banyak kandungan zat purin dalam makanan tersebut sehingga sangat mudah penyakit ini datang.

1. Minuman keras


Selain makanan sebagai faktor penyebab asam urat ternyata dari minuman keran atau biasa disebut dengan miras juga bisa mengakibatkan timbulnya penyakit tersebut. Dengan banyak minum minuman keras maka mengakibatkan produksi asam urat di dalam hati bisa meningkat drastis, selain itu unsur alkohol dalam miras juga mengurangi asam urat yang seharusnya dibuang oleh urin. Dari minuman keras tersebut yang wajib harus diwaspadai yaitu jenis minuman bir dan spirit, soalnya dua minuman tersebut banyak mengandung purin yang bisa meningkatkan asam urat secara signifikan. Akan tetapi berbeda dengan minuman sejenis wine karena minuman ini tidak mengandung banyak zat purin yang tidak mengakibatkan asam urat cara signifikan jika tingkat konsumsi tidak terlalu banyak yaitu dikonsumsi 1 atau 2 kali sehari.

2. Minuman yang berkadar gula tinggi


Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan oleh para ahli peneliti makanan dan minuman menyimpulkan bahwa minuman ringan dengan kadar gula tinggi atau minuman yang mengandung fruktosa diatas normal bisa menyebabkan seseorang lebih mudah terserang penyakit asam urat. Kenapa fruktosa merupakan penyebab asam urat datang ? ini karena fruktosa itu adalah zat gula alami yang biasanya terkandung atau bisa ditemukan di buah-buahan. Sedangkan dengan minuman diet atau minuman ringan tidak berdampak negative atau berdampak buruk untuk penyakit ini.

3. Obat – obatan


Selain dari makanan dan minuman penyebab asam urat juga bisa ditimbulkan dari obat-obatan yang biasa anda konsumsi, diantaranya yaitu sebagai berikut :
Niacin : obat yang biasa digunakan oleh para dokter untuk mengobati kolesterol tinggi.
Diuretic : biasanya obat ini digunakan untuk mengobati penyakit darah tinggi dan untuk penumpukan cairan yang tidak wajar didalam tubuh
Obat pereda tekan tinggi : contohnya obat prnyumbat saluran kalsium, penghambat beta dan penghambat enzim yang dirubah ke angiotensin.

Oleh karena penyebab asam urat sangat mudah kita temukan dikehidupan kita sehari – harus, sebaiknya kita segera waspada dan berhati-hati dengan pola hidup kita agar kesehatan kita jauh lebih baik. Dan untuk menghilangkan penyakit tersebut sebaiknya anda menghindari makanan, minuman, serta obat-obatan pemicu asam urat ini hadir.

Artikel lainnya:
7 Obat Sakit Gigi Berlubang Tradisional Paling Ampuh Dan Cepat
Obat Sakit Tenggorokan Alami Dan Ampuh
10 Ciri Ciri Dan Gejala Awal Usus Buntu
Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri Kanan Dan Belakang