6 Obat Sakit Mata Alami Yang Ampuh

Salah Satu karunia terindah yang diberikan oleh Allah SWT kepada kita adalah mata. Bagaimana tidak, dengan adanya mata kita bisa mengerahui beraneka macam warna, melihat keindahan dunia, dan masih banyak yang lainnya. Namun jika mata kita mengalami gangguan seperti mata minus atau rabun, mata katarak, mata merah, maupun mata bintitan pastilah kita akan mencari obat sakit mata untuk menyembuhkan penyakit tersebut.

Sebenarnya, untuk mendapatkan obat sakit mata tersebut bisa memanfaatkan bahan-bahan alami. Pemanfaatan bahan-bahan alami ini sangat baik, selain bisa digunakan untuk mengobati mata, bisa juga untuk menjaga kesehatan tubuh. Poin pentingnya adalah tidak akan pernah timbul efek sampingnya seperti penggunaan obat mata seperti buatan pabrik yang menggunakan bahan kimia.

obat sakit mata

Bagi Anda yang belum tahu apa saja obat mata menggunakan bahan dasar alami, pada kesempatan kali ini, Anda akan kami beritahu. Untuk menjawab rasa penasaran Anda selama ini, coba perhatikan dengan seksama uraian di bawah ini.

Lihat juga:
8 Makanan Yang Dapat Menjaga Kesehatan Mata
9 Manfaat Wortel Bagi Kesehatan Tubuh
16 Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan Dan Kecantikan
Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kanan Kiri Dan Belakang

Obat Sakit Mata Berbahan Dasar Alami


Secara tidak langsung, bahan-bahan di sekitar kita bisa kita jadikan sebagai obat untuk menyembuhkan beberapa penyakit mata. Berikut ini akan dijelaskan mengenai apa saja bahan alami yang bisa difungsikan sebagai obat mata.

Adapun bahan-bahan alaminya antara lain:

1. Mengompres dengan air dingin


Bukan hanya berfungsi untuk menurunkan panas maupun luka-luka berdarah saja, ternyata mengompres mata menggunakan air dingin juga bisa meringankan rasa sakit atau rasa gatal di mata. Caranya cukup mudah yakni menyiapkan kantung teh chamomile yang sebelumnya telah di seduh dengan air panas. Lalu dingin sebentar kemudian masukkan ke dalam lemai es selama beberapa jam. Setelah kantung teh chamomile dirasa cukup dingin, ambil dan kompreskan pada mata dengan kondisi mata tertutup kurang lebih selama 10 menit. Agar hasilnya bisa maksimal, Anda dapat melakukannya sebanyak 3 – 4 kali dalam satu hari.

2. Daun sirih


Daun sirih merupakan jenis tanaman yang hidupnya merambat. Salah satu kegunaan dari daun sirih yaitu mengobati mata minus serta mata gatal dan merah. Hal ini dikarenakan dalam daun sirih mengandung zat antiseptik dan polifenol yang baik untuk mata. Untuk mendapatkannya pun cukup mudah, Anda bisa membudidayakan sendiri tanaman ini atau membelinya di pasar tradisional. Untuk masalah harganya tidak mahal, cukup dengan uang dua ribu lima ratus rupiah sudah mendapatkan satu ikat daun sirih.

Untuk mengobati mata minus, hal yang perlu dipersiapkan adalah 2 lembar daun sirih dan air. Fungsi air di sini guna mencuci daun sirih sampai benar-benar bersih. Kalau sudah dirasa sudah bersih, tempelkan daun sirih tadi pada kedua mata Anda menjelang tidur, jangan lupa melakukannya secara teratur. Sedangkan untuk mengobati mata merah disertai rasa gatal adalah dengan menyiapkan 5 – 6 heli daun sirih, kemudian rebus daun tersebut hingga mendidih. Dinginkan rebusan ramuan tadi hingga terasa hangat suam-suam kuku atau dingin sepenuhnya, langkah terakhir yakni basuh mata Anda menggunakan ramuan tadi.

3. Tomat


Tahukah Anda bahwa tomat bisa mengobati penyakit katarak, selain terkandung vitamin C, di dalam buah tomat juga mengandung tembaga. Vitamin C dan tembaga merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh mata. Kegunaan dari tembaga itu sendiri yakni membantu dalam produksi melamin, dan pigmen hitam pada mata. Sedangkan diet kaya akan vitamin C bisa membantu mengobati mata katarak tanpa operasi.

4. Wortel


Bukanlah menjadi sebuah rahasia lagi kalau wortel merupakan makanan yang sangat baik untuk mata bahkan. Dengan mengkonsumsi buah wortel sebanyak 100 gram setiap harinya, telah mencukupi kebutuhan tubuh akan vitamin A. Vitamin A pada wortel berbentuk betakaroten. Semakin banyak betakaroten yang terkandung pada wortel, semakin banyak pula kandungan vitamin A-nya.

Banyak tidaknya kandungan betakaroten dalam wortel dapat kita lihat secara kasat mata, wortel dengan warna orange segar kandungan betakarotennya lebih banyak dibandingkan wortel berwarna kekuningan. Sebuah penelitian pernah dilakukan oleh WHO (World Healt Organitation) memperoleh hasil bahwa fungsi dari wortel selain untuk menjaga kesehatan mata juga bisa membantu mata mencegah terjadinya kebutaan, serta memperindah mata Anda.

5. Air dan garam


Salah satu obat untuk mengatasi sakit mata dan mata gatal yakni ramuan antara air dan garam. Larutan kedua bahan tersebut mengandung anti bakteri dan dapat membunuh bakteri yang menyebabkan sakit mata.

6. Alpukat


Buah yang memiliki kandungan lutein tinggi yakni buah alpukat. Fungsi dari lutein adalah mencegah degenerasi makular, dan menyembuhkan mata minus serta katarak. Kegunaan dari lutein yakni membantu dalam penyerapan betakaroten dan alfa untuk membentuk vitamin A. Anda bisa mengkonsumsi buah alpukat dengan cara membuatna menjadi salad buah, jus atau mengkonsumsinya secara langsung.

Tanpa kita sadari, banyak sekali bahan alami yang terdapat di sekitar kita dan bisa dijadikan sebagai obat sakit mata. Oleh karenaya, jika Anda sedang mengalami sakit mata sebaiknya mengobatinya dengan bahan-bahan alami saja.

Artikel lainnya:
6 Bahaya Merokok Bagi Fisik, Membuat Anda Terlihat Tua
20 Manfaat Buah Strawberry Untuk Kesehatan Tubuh
14 Manfaat Buah Jeruk Untuk Kesehatan Yang Luar Biasa
5 Manfaat Daun Kemangi Bagi Kesehatan