12 Macam Buah Obat Panas Dalam Yang Efektif

Obat panas dalam - Panas dalam bukanlah sebuah penyakit layaknya anggapan yang berkembang selama ini. Panas dalam merupakan sebuah pertanda bahwa ada gangguan dalam tubuh, bisa disebabkan oleh kekurangan vitamin c, kinerja ginjal yang terlalu berat, hingga kenaikan suhu tubuh. Panas dalam biasa ditandai dengan bibir pecah-pecah, radang tenggorokan, sariawan hingga sulit menelan.

Kehadiran panas dalam tentu akan sangat mengganggu aktifitas harian karena menimbulkan rasa tak nyaman saat menelan dan bahkan berkomunikasi. Oleh karena itu, pengobatan panas dalam harus segera dilakukan agar tubuh terutama tenggorokan tak terlalu lama tersiksa. Salah satu cara mudah mengobati panas dalam adalah dengan mengkonsumsi buah-buahan, namun tak sembarang buah yang dapat dijadikan sebagai obat panas dalam.


Obat panas dalam

Berikut beberapa jenis buah yang mampu mengobati panas dalam dengan cepat:

1. Jeruk


Jeruk adalah salah satu buah populer dan sering dijadikan sebagi jus. Disamping rasanya yang menyegarkan, jeruk tenyata juga dapat dijadikan obat panas dalam. Hal ini dikarenakan jeruk mengandung asam askorbat yang bersifat antasida atau menetralkan asam lambung. Cara terbaik mengkonsumsi jeruk adalah dengan mencampurnya dengan madu, madu akan melapisi tenggorokan dan membebaskan dari rasa kering, sedangkan jeruk akan menekan produksi asam lambung dan secara perlahan menetralkannya.

Lihat juga:
28 Ciri Ciri Kanker Serviks Dan Gejala Yang Patut Anda Waspadai
6 Obat Sakit Mata Alami Yang Ampuh
5 Obat Luka Bakar Alami Menyembuhkan Secara Tradisional
7 Manfaat Sayur Kangkung Bagi Kesehatan Tubuh

2. Pisang


Kandungan antasid dalam pisang dipercaya mampu menetralkan keasaman lambung yang menjadi penyebab utama panas dalam. Konsumsi satu buah pisang perhari sudah mampu menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan juga menurunkan resiko panas dalam secara berkala. Selain itu, kandungan magnesium, phospor, kalium, mineral dan berbagai vitamin dalam pisang juga akan membantu tubuh tetap sehat.

3. Apel


Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah apel mampu meringankan gejala sakit tenggorokan dan sariawan saat panas dalam. Selain itu, sifat apel yang berair dan dingin di tenggorokan juga akan mempermudah penderita mengkonsumsinya.

4. Delima


Seperti halnya buah apel, buah delima juga dapat dijadikan sebagai obat panas dalam karena kandungan vitamin c didalamnya. 100 gram buah delima mengandung 30 mg vit C yang mampu memenuhi 40% kebutuhan tubuh. Selain itu, buah delima juga bersifat anti infamasi atau anti peradangan sehingga dapat meredakan nyeri tenggorokan yang biasa menyertai panas dalam.

5. Mangga


Mengkonsumsi mangga dapat melenyapkan panas dalam karena kandungan dalam mangga yang mmapu menurunkan suhu ginjal dan juga menetralkan racun dalam tubuh.

6. Semangka


Semangka adalah buah yang mengandung banyak air. Kandungan air dalam semangka yang mencapai 95% dari bobot buahnya mampu membantu mendinginkan tubuh saat panas dalam. Hanya saja, konsumsi buah semangka sebagai obat panas dalam tak dianjurkan bagi penderita hipotensi atau darah rendah.

7. Mentimun


Sama halnya dengan semangka, mentimun yang dikenal sebagai lalap juga sangat membantu mengurangi panas dalam. Cara mengolahnya adalah dengan mengupas dan menjadikannya sebagai jus. Lagi-lagi sama halnya dengan semangka, mentimun juga tak dianjurkan bagi penderita tekanan darah rendah.

8. Tomat


Tomat disebut sebut sebagai obat alami panas dalam yang mampu bekerja dengan cepat. hal ini tak mengherankan mengingat buah tomat ukuran kecil saja telah mampu menghasilkan 23 mg vitamin C. Tak hanya itu, khasiat tomat untuk meredakan sariawan dan bibir pecah pecah yang menyertai panas dalam juga tak diragukan lagi.

9. Sirsak


Konsumsi setengah buah sirsak ukuran sedang sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian. Karenanya, buah yang juga kaya serat dan antioksidan ini sangat cocok untuk mengatasi panas dalam dan juga sebagai langkah pencegahannya.

10. Kiwi


Buah kiwi tergolong buah yang jarang digemari, meski begitu buah-buahan asal China ini ternyata mengandung vitamin c dua kali lebih banyak dari buah jeruk. Tak heran jika buah kiwi juga digadang gadang sebagai salah satu buah yang mujarab untuk mengatasi panas dalam.

11. Anggur


Anggur adalah buah yang tak diragukan lagi khasiatnya. buah yang disebut hingga 14 kali dalam alqur’an karena manfaatnya ini juga dapat meredakan panas dalam. Hal ini dikarenakan karena buah anggur memiliki kandunagn vitamin C yang tinggi. Selain itu, buang anggur terutama anggur merah juga mengandung antioksidan tinggi dan juga anti inflamasi yang dapat meredakan radang tenggorokan.

12. Strawberry


Strawbery adalah jenis buah yang memiliki tampilan yang sangat cantik dan menarik sehingga sering dijadikan garnis di piring saji. Dibalik penampilannya yang menarik, buah strawbery ternyata memiliki manfaat yang mengagumkan. dua porsi buah strawbery atau sekitar 147 gram mampu menghasilkan vit C hingga 86 gram. Jumlah vit C yang sangat tinggi inilah yang mmebuat buah cantik ini dapat membantu meringankan gejala panas dalam.

Selain mengkonsumsi berbagai jenis buah obat panas dalam diatas, anda juga harus meminum banyak air putih dan mengurangi makanan pedas, berlemak, serta berminyak agar proses penyembuhan dapat berlangsung lebih cepat.

Artikel lainnya:
Manfaat Daun Singkong Untuk Kesehatan dan Kecantikan
8 Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan Tubuh
6 Manfaat Buah Manggis Bagi Kesehatan
7 Manfaat Buah Sawo Untuk Kesehatan