0
Tipscaraalami.com - Usus buntu adalah salah satu penyakit yang sangat ditakuti manusia, bagaimana tidak dengan rasa sakit yang luar biasa pasti kita tidak akan tahan dan mesti dirawat dengan cara operasi. Penyakit usus buntu bisa terjadi ketika usus buntu meradang, pecah, dan mengalami infeksi. Penyebab usus buntu umumnya terjadi karena sering menahan angin, angin tersebut masuk kedalam usus dan mengakibatkan dinding usus menipis.

gejala usus buntu, penyebab usus buntu
(c) Pixabay.com/Nemo
Sebelum penyakit usus buntu menyerang Anda, lebih baik Anda mengetahui gejala awal usus buntu. Berikut 7 gejala awal yang akan dirasakan seseorang saat mengalami usus buntu, seperti dilansir dari Healthmeup.com.


Gejala Usus Buntu


1. Sakit di bagian pusar
Jangan remehkan bila bagian pusar Anda terasa sakit, karena bisa saja sakit di pusar itu gejala awal dari usus buntu. Rasa sakit ini selanjutnya akan bergerak ke perut bagian bawah secara perlahan.

2. Rasa sakit yang semakin parah
Pada mulanya rasa sakit akan terasa biasa saja, namun dalam hitungan jam bisa menjadi semakin parah dan sangat parah. Rasa sakitnya bahkan bisa sangat intens. Biasanya seseorang akan kesulitan melakukan apapun ketika mengalami sakit ini.

3. Demam
Pada mulanya kemunculan usus buntu dibarengi dengan demam dan akan sakit pada bagian perut. Ketika situasi dan keadaan semakin parah, demam pun semakin tinggi.

4. Mual dan muntah
Mual dan mentah adalah gejala lainnya usus buntu. Awalnya ini mungkin terlihat seperti penyakit lainnya yang lebih ringan, bila mual yang dibarengin dengan muntah tidak kunjung berhenti lebih dari 12 jam, maka Anda haru pergi ke dokter secepatnya untuk mendapatkan pertolongan.

5. Diare
Dalam banyak kasus usus buntu, sakit perut yang parah biasanya bersamaan dengan diare. Kotoran yang dikeluarkan biasanya juga mengandung lendir. Bila sudah meminum obat diare tapi diare tetap tidak berhenti, segeralah Anda pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

6. Kembung dan sering buang gas
Perut jadi kembung dan sering mengeluarkan angin, tapi tidak terlihat seperti ada penyakit. Bila perut kembung dan sering buang angin dibarengin dengan rasa sakit di bagian bawah, sebaiknya Anda harus pergi menjumpai dokter untuk berkonsultasi.

7. Nyeri perut
Untuk mengetahui atau mengecek apakah Anda menderita penyakit usus buntu, coba lakukan penekanan padan bagian bawah perut bagian kanan, setelah itu dilepas. Bila Anda mengalami rasa sakit saat tekanan dilepas, maka itu merupakan gejala usus buntu yang pecah.

Cara mencegah usus buntu
Cara mencegah dari penyakit usus buntu adalah dengan membiasakan diri hidup sehat. Selain berolahraga, Anda harus sering mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak serat, seperti yang terdapat pada buah dan sayuran. Makanan yang memiliki serat pasti akan membantu melunakkan makanan di perut, sehingga tidak tinggal terlalu lama di dalam usus besar.

Other articles:
Health Benefits of Pomegranate
Benefits of Dragon Fruit For Health
Health Benefits of Beets
Health Benefits of Starfruit
Itulah gejala akan terkena usus buntu, Beberapa gejala di atas mungkin tampak seperti gejala penyakit biasa. Namun bila semakin banyak gejala yang Anda alami, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Semoga bermanfaat!
loading...
loading...
 
Top