10 Ciri Ciri Dan Gejala Awal Usus Buntu

Apa itu usus buntu? Apa gejala dan ciri ciri usus buntu? Bila Anda masih sangat awan dengan penyakit ini, maka kami akan menjelaskan sedikit tentang usus buntu. Usus buntu adalah bagian usus normal yang memiliki bentuk mirip dengan cacing dan banyak juga yang bilang mirip umbai cacing. Nah sesuai dengan namanya, usus itu memang buntu, beda dengan usus lainnya yang ujungnya berakhir sampai ke anus.

Letak usus buntu ini pada tumbuh Anda berada di bagian perut sebelah kanan bawah. Penyakit usus buntu ini bisa terjadi akibat usus buntu mengalami peradangan. Saat usus buntu meradang, maka usus buntu akan membengkak yang isinya dipenuhi oleh nanah berasal dari sel-sel mati yang berasal dari infeksi.

Nah yang patut Anda ketahui bahaya bila tidak mengobati usus buntu adalah usus buntu bisa membengkak serta bisa pecah atau meledak, serta seluruh isinya tersebut akan menyebar ke rongga perut. Nah bahayanya lagi rongga perut Anda bisa infeksi yang bisa mengancam keselamatan nyawa Anda. Sangat mengerikan ya?

Ciri Ciri Dan Gejala Awal Usus Buntu

Tapi untuk memastikan seseorang itu terkena radang usus buntu atau tidak Anda harus memeriksanya langsung ke dokter. Dokter nanti bisa mengecek, bisa melakukan penanganan bila Anda mengidap penyakit usus buntu. Karena radang usus buntu bila tidak langsung di tangani oleh ahlinya bisa berakibat fatal, dan mengancam nyawa Anda.

Namun sebelum Anda pergi ke dokter dan mengecek apakah Anda mengidap penyakit usus buntu, Anda patut juga mengetahui dulu atau mendeteksi dini dengan mengetahui apa saja ciri-ciri usus buntu atau gejala awal usus buntu.

Berikut ciri ciri usus buntu yang jangan sampai Anda mengabaikannya:

Ciri Ciri Usus Buntu


1. Sakit perut kanan bawah


Ciri ciri atau gejala awal usus buntu yang paling utama terjadi adalah sakit perut di bagian kanan bawah. Pada awalnya sakit perut berada di sekitar pusar, lalu selanjutnya berpindah ke bagian perut bagian kanan bawah. Nah saat berjalan sakitnya akan sangat terasa, serta saat perut digerakkan, saat batuk, saat bersin, bahkan saat mengalami guncangan, misal saat Anda naik mobil, naik motor, dll.

Lihat juga:
Gejala kanker tenggorokkan yang harus diwaspai
Penyebab kanker yang tak terduga
Gejala kanker serviks yang tersembunyi
Cara mencegah kanker dengan cara alami

2. Sakit perut tiba tiba


Ciri ciri usus buntu yang kedua yang harus Anda waspadai adalah sakit perut dengan tiba-tiba dan rasanya sangat sakit yang tak bisa Anda tahan. Bila Anda jarang sakit perut dengan sangat sakit, dan bila hal ini menimpa Anda, yaitu sakit perut dengan sangat kuat secara tiba-tiba, ini patut Anda curigai bahwa bisa jadi ini adalah gejala awal terkena usus buntu.

3. Badan panas


Saat gejala usus buntu itu datang badan akan terasa agak panas.

4. Demam ringan


Selain badan panas, ciri ciri usus buntu lainnya adalah demam ringan. Nah bila Anda tiba-tiba badan panas atau demam ringan Anda patut curiga, karena bisa saja itu gejala awal usus buntu.

5. Sakit di bagian pusar


Jangan remehkan bila bagian pusar Anda terasa sakit, karena bisa saja sakit di pusar itu gejala awal dari usus buntu. Rasa sakit ini selanjutnya akan bergerak ke perut bagian bawah secara perlahan.

Lihat juga:
Tanda tanda keguguran yang harus diwaspai
Gejala stroke ringan
Bahaya sering minum air dingin
Tanda tanda diabetes

6. Rasa sakit yang semakin parah


Pada mulanya rasa sakit akan terasa biasa saja, namun dalam hitungan jam bisa menjadi semakin parah dan sangat parah. Rasa sakitnya bahkan bisa sangat intens. Biasanya seseorang akan kesulitan melakukan apapun ketika mengalami sakit ini.

7. Mual dan muntah


Mual dan mentah adalah gejala lainnya usus buntu. Awalnya ini mungkin terlihat seperti penyakit lainnya yang lebih ringan, bila mual yang dibarengin dengan muntah tidak kunjung berhenti lebih dari 12 jam, maka Anda haru pergi ke dokter secepatnya untuk mendapatkan pertolongan.

8. Diare


Dalam banyak kasus usus buntu, sakit perut yang parah biasanya bersamaan dengan diare. Kotoran yang dikeluarkan biasanya juga mengandung lendir. Bila sudah meminum obat diare tapi diare tetap tidak berhenti, segeralah Anda pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

9. Kembung dan sering buang gas


Perut jadi kembung dan sering mengeluarkan angin, tapi tidak terlihat seperti ada penyakit. Bila perut kembung dan sering buang angin dibarengin dengan rasa sakit di bagian bawah, sebaiknya Anda harus pergi menjumpai dokter untuk berkonsultasi.

10. Nyeri perut


Untuk mengetahui atau mengecek apakah Anda menderita penyakit usus buntu, coba lakukan penekanan padan bagian bawah perut bagian kanan, setelah itu dilepas. Bila Anda mengalami rasa sakit saat tekanan dilepas, maka itu merupakan gejala usus buntu yang pecah.

Cara mencegah usus buntu


Cara mencegah dari penyakit usus buntu adalah dengan membiasakan diri hidup sehat. Selain berolahraga, Anda harus sering mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak serat, seperti yang terdapat pada buah dan sayuran. Makanan yang memiliki serat pasti akan membantu melunakkan makanan di perut, sehingga tidak tinggal terlalu lama di dalam usus besar.

Apakah harus periksa ke dokter?


Sangat kami rekomendasikan supaya Anda periksa ke dokter. Karena usus buntu ini adalah penyakit yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh Anda, bisa saja berujung meninggal bila Anda telat memeriksa ke dokter. Nanti dokter bisa melakukan penanganan seperti operasi bila diperlukan.

Saran kami bila Anda mengalami tanda tanda usus buntu di atas Anda jangan langsung meminum obat di apotek, atau obat maag, langsung saja Anda pergi ke dokter untuk memeriksanya.

Lihat juga:
Obat herbal diabetes paling ampuh
Obat herbal ambeien tanpa perlu operasi
Health Benefits of Pomegranate
Benefits of Dragon Fruit For Health
Health Benefits of Beets
Health Benefits of Starfruit

Itulah ciri ciri usus buntu atau gejala usus buntu yang patut Anda wasapadai. Beberapa gejala di atas mungkin tampak seperti gejala penyakit biasa. Namun bila semakin banyak gejala yang Anda alami, sebaiknya segera periksa diri Anda ke dokter.

Semoga artikel ciri ciri dan gejala awal terkena penyakit radang usus buntu ini bermanfaat bagi Anda. Jangan ragu untuk memeriksa diri ke dokter bila terjadi sesuatu pada tubuh Anda. Semoga bermanfaat!