Resep Lumpia Goreng Semarang Enak Dan Gurih

Resep lumpia - Lumpia merupakan jajanan khas Semarang yang berisi rebung, udang, daging ayam serta telur yang dibalut dengan kulit tipis. Lumpia adalah jajanan khas Jawa yang mendapat pengaruh dari kuliner masyarakat keturunan Tiongkok yang tinggal di kota Atlas tersebut.

Menurut cerita, resep lumpia goreng Semarang lahir dari tangan sepasang suami istri keturunan Tionghoa yang bermukim di Semarang sekitar satu abad lalu. Jika dilihat dari penampakan luarnya, lumpia hampir sama dengan spring roll yang merupakan satu jenis dimsum yang berasal dari negeri tirai bambu tersebut.

Resep Lumpia

Seiring dengan berkembangnya waktu, setidaknya ada enam varian lumpia di Semarang dengan cita rasa yang berbeda-beda. Pertama, di gang Lombok oleh Siem Swie Kiem, kedua di jalan Pemuda milik almarhum Siem Swie Hie, dan yang ketiga di jalan Mataram milik almarhumah Siem Hwa Nio. Ketiga versi lumpia tersebut bersumber dari satu keluarga yaitu Siem Gwan Sing dan Tjoa Po Nio yang merupakan menantu dan putri tunggal pencipta resep lumpia pertama kali di Semarang.

Lihat juga resep:
Aneka Resep Kue Coklat Enak Dan Empuk
Resep Brownies Kukus Sederhana Dan Murah
Resep Lidah Kucing Renyah Dan Enak
Resep Lapis Surabaya Lembut Enak Dan Irit Telur

Resep lumpia variasi keempat adalah lumpia yang dibuat oleh mantan pegawai lumpia di jalan Pemuda dan yang kelima ialah orang-orang yang hobi dengan kuliner yang kemudian membuat lumpia dengan resep hasil pembelajaran dari lumpia yang telah ada.

Di tahun 2015 ini pembuat lumpia yang tertua yaitu Siem Swie Kiem tetap setia melayani pecinta jajanan isi rebung ini di toko warisan orang tuanya di gang Lombok nomor 11, Semarang. Racikan rebung yang tidak berbau dan terasa sedap merupakan keunggulan dan keistimewaan makanan ini serta tambahan telur dan udang menambah cita rasa lumpia semakin lezat dan tidak amis sedikitpun. Hal tersebut yang membuat lumpia gang Lombok ini tetap terkenal dan jaya di usia yang tidak muda lagi. Karena ketenaran lumpia ini, beberapa stasiun televise lokal maupun nasional turut meliput dan mencicipi nikmatnya lumpia Semarang.

Sebenarnya lumpia memiliki dua jenis cara penyajian yaitu dengan cara basah dan goreng. Mungkin banyak dari Anda yang kurang familiar dengan lumpia basah karena selama ini yang sering dijajakan adalah lumpia goreng. Artikel kali ini akan fokus pada topik lumpia goreng.

Resep lumpia mempunyai dua unsure utama yaitu kulit dan isi lumpia tersebut. Kulit lumpia sendiri bertekstur sangat tipis, hal ini ditujukan agar saat digoreng nantinya kulit akan sangat renyah dan tidak mudah lembek. Hambatan yang dijumpai orang-orang saaat membuat lumpia adalah saat mengolah rebungnya. Kebanyakan dari mereka tidak berhasil membuat lumpia yang lezat karena rebung yang dipakai terasa pahit.

Untuk menghindari hal tersebut, Anda dapat memilih rebung yang benar-benar muda dan sebelum rebung diolah Anda wajib membersihkannya terlebih dahulu. Setelah bersih, rebung dipotong membentuk batang korek api lalu cuci hingga bersih dan rendam rebung dengan air bekas cucian beras selama kurang lebih 24 jam. Kemudian, cuci bersih kembali dan rebus rebung sebanyak 2-3 kali dengan menambahkan 2 sendok makan gula pasir.

Namun jika Anda ingin lebih praktis, Anda dapat membeli rebung matang yang dijual di supermarket. Berikut ialah penjelasan mengenai resep lumpia dan cara membuat lumpia.

Resep Lumpia Goreng Semarang


Bahan-bahan untuk resep lumpia:
  • 10 lembar kulit lumpia
  • 300 gram rebung siap pakai
  • 250 gram udang besar yang telah dibersihkan
  • 3 butir telur
  • 100 gram daging ayam cincang
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh penyedap rasa

Cara Membuat Lumpia
  • Tumis bawang putih hingga harum dan masukkan udang, daging ayam cincang, dan rebung hingga matang lalu masukkan orak-arik telur.
  • Siapkan 1 lembar kulit lumpia dan letakkan 2 sendok makan adonan yang ditumis tadi dan gulung kulit lumpia hingga membentuk amplop.
  • Lakukan hingga semua kulit lumpia terisi.
  • Goreng lumpia dalam minyak panas dengan api sedang hingga kekuningan lalu tiriskan dan sajikan.

Demikian penjelasan mengenai resep lumpia dan cara membuat lumpia yang sangat nikmat bila disantap dengan cabai rawit hijau dan sedikit acar mentimun. Semoga artikel resep lumpia ini dapat menginspirasi Anda dan selamat mencoba membuat lumpia ala Anda sendiri di rumah.

Resep lainnya:
Resep Brownies Kukus Amanda Original Bandung
Resep Bika Ambon Medan Asli Enak Dan Empuk
Resep Martabak Manis Bangka Mini Spesial Enak
Resep Kastengel Spesial Renyah Dan Harum