Resep Pancake Sederhana Enak Dan Praktis

Resep pancake - Pancake ialah kue tipis dan pipih atau dikenal masyarakat Indonesia dengan sebutan kue dadar. Kue ramping ini dimasak di wajan datar anti lengket. Biasanya pancake atau panekuk dimakan dengan tambahan potongan buah, sirup, madu, selai atau bahkan daging.

Dulu pancake day dikenal hanya di negara-negara Eropa saja, negara-negara di Asia seperti Indonesia tidak begitu mengenal adanya pancake day. Di sejumlah negara seperti Kanada, Inggris, Irlandia dan Australia, pancake dimakan pada saat Shrove Tuesday yang biasa dikenal sebagai Hari Pancake. Shrove Tuesday lebih sering dipakai di Amerika, Prancis sementara negara-negara lain menyebutnya Mardi Gras atau Fat Tuesday.

Pancake day bahkan menjadi ajang untuk acara amal dan acara sekolah seperti lomba lari dengan membawa pancake dengan wajan. Para peserta lomba berlari sambil melempar pancake mereka masing-masing dari wajan dan mencoba untuk menangkapnya kembali. Terdengar seru sekali!

Resep Pancake

Karena begitu populer pancake diadopsi di hampir semua negara dengan nama-nama berbeda. Seperti di Jerman, pancake dibuat dalam bentuk yang lebih padat dan terbuat dari bahan dasar kentang yang disebut pfannkuchen. Sedangkan di Perancis, terdapat pancake yang tipis dan crispy yang disebut crepes. Ada juga yang bentuknya lebih menggembung dan tebal seperti roti yang disebut galettes. Sedangkan orang-orang Belanda yang berada di Amerika membuat kue buckwheat yang terbuat dari sorgum dan menyerupai pancake pada tahun 1740 an.

Lihat juga resep:
Resep Lidah Kucing Renyah Dan Enak
Resep Lapis Surabaya Lembut Enak Dan Irit Telur
Resep Brownies Kukus Amanda Original Bandung
Resep Bika Ambon Medan Asli Enak Dan Empuk

Pancake atau panekuk ini adalah kue dadar yang dibuat dari beberapa komposisi sederhana seperti tepung terigu, susu, telur dan gula. Lazimnya pancake disajikan bersama dengan sirup mapel, selai, madu namun seiring berkembangnya waktu para penikmat pancake mengkolaborasikannya dengan coklat, es krim, durian, dan variasi topping lainya sesuai selera.

Pelengkap panekuk sangat beragam sekarang ini nanun tujuannya tetap sama yaitu agar rasanya menjadi lebih enak dan tidak membosankan. Terlebih lagi, pancake juga dapat dibuat dalam waktu singkat sehingga tidak hanya ibu rumah tangga, remaja dan pegawai kantor pun pasti sempat untuk membuat panekuk untuk sarapan di pagi hari.

Sebenarnya tata cara memasak pancake dari membuat adonan sampai siap disajikan sangatlah sederhana dan tidak perlu keahlian khusus dalam memasak. Asalkan memilih bahan yang tepat dan menjalankan tahap demi tahap dengan runtut maka pancake lezat pun dapat terealisasikan. Dengan membuat panekuk sendiri, Anda dapat mengkreasikan sendiri panekuk Anda dengan menambahkan bahan-bahan pelengkap sesuai selera Anda bahkan memungkinkan Anda untuk mengeksplorasi penyajiannya.

Jadi, bila Anda ingin mengetahui dan mempraktekkan membuat pancake sendiri di rumah, berikut resep pancake sederhana dan cara membuat pancake sederhana.

Resep Pancake


Bahan adonan pancake:
  • 250 ml susu cair
  • 100 gram tepung terigu
  • 1 butir telur yang dipisahkan kuning dan putihnya
  • Margarin untuk olesan
  • Garam secukupnya

Bahan topping pancake:
  • Es krim
  • Sirup Mapple

Cara membuat pancake:
  • Campur rata dan aduk tepung terigu, sedikit garam, 1 kuning telur dan susu cair kedalam sebuah wadah.
  • Aduk secara manual hingga semua bahan tercampur rata atau bisa menggunakan mixer dengan kecepatan yang paling rendah untuk mencampur semua bahan.
  • Kemudian kocok putih telur hingga kaku dengan menggunakan garpu.
  • Masukkan adonan tepung ke dalam adonan putih telur dan aduk hingga rata. Bisa juga dengan cara mengambil sedikit putih telur sedikit demi sedikit dan campurkan ke dalam tepung terigu dan aduk hingga merata.
  • Panaskan wajan datar dengan ukuran bebas dan olesi wajan dengan margarin lalu kecilkan api.
  • Tuang adonan sekitar 2,5 ukuran sendok sayur, kemudian tutup sebentar.
  • Balik adonan jika sudah ada sedikit pori-pori dan pinggir pancake mulai sedikit mengeras.
  • Lakukan cara tersebut hingga adonan habis.
  • Hidangkan pancake dengan sirup maple diatasnya dan tambahkan es krim diatas pancake yang telah disiram dengan sirup.
  • Pancake sederhana siap untuk dihidangkan.

Itulah resep pancake sederhana dan cara membuat pancake yang sederhana dan mudah, semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan Anda tentang resep makanan. Untuk resep pancake durian atau cara membuat pancake durian, caranya sama saja dengan resep pancake sederhana ini, cuma yang perlu Anda lakukan adalah cuma menambahkan topping durian saja.

Resep lainnya:
Resep Martabak Manis Bangka Mini Spesial Enak
Resep Kastengel Spesial Renyah Dan Harum
Resep Bolu Pandan Kukus Dang Panggang Enak
Resep Bolu Panggang Lembut Sederhana