7 Obat Gatal Alergi Kulit Alami Tradisional

Obat gatal alergi - Salah satu jenis alergi yang sering dialami oleh kebanyakan orang adalah alergi kulit. Alergi kulit atau yang biasa disebut dengan dermatitis atopic merupakan peradangan pada kulit yang pada umumnya disebabkan oleh pemakaian produk yang tidak cocok, memakan makanan yang memicu alergi, bersin, ruam pada kulit, serta perubahan cuaca yang extrim.

Alergi kulit pada umumnya ditandai dengan gejala kulit berwarna kemerahan, radang, bengkak, gatal serta biduran. Kebanyakan orang menggunakan obat gatal alergi yang dibeli di apotek berupa saleb, krim, ataupun berupa serbuk. Namun tidak banyak yang mengetahui bahwa ada beberapa cara alami serta bahan-bahan alami yang dapat dilakukan untuk mengatasi gatal kulit akibat alergi. Berikut penjelasannya.

Obat gatal alergi

Cara Meminimalisir Resiko Gatal Kulit Akibat Alergi


Bagi Anda yang sering merasakan gatal kulit akibat alergi mungkin Anda perlu memperhatikan kebersihan rumah ataupun tempat-tempat yang biasa Anda tempati. Gatal kulit akibat alergi dapat di minimalisir dengan cara-cara berikut ini:
  • Menjaga kebersihan rumah terutama kebersihan kamar tidur. Karena kamar merupakan tempat dimana kita menghabiskan banyak waktu istirahat kita disana. Bagi Anda yang memiliki riwayat alergi atau gatal kulit sebaiknya Anda menghindari penggunaan rak buku di dalam kamar. Karena biasanya di dalam rak buku terdapat banyak debu apalagi jika buku-buku tersebut jarang dibaca.
  • Mengatur suhu ruangan di suhu 18-23 derajat celcius serta gunakan penyaring udara dengan cara menutup ventilasi pada AC menggunakan kain halus untuk membantu menyaring partikel udara.
  • Cara mengatasi gatal kulit akibat alergi ialah dengan cara menghindari makanan-makanan pemicu alergi kulit. Makanan-makanan tersebut antara lain susu, telur, kacang-kacangan, dan makanan laut atau seafood. Sebaiknya jika Anda telah mengetahui makanan apa saja yang tidak cocok dengan tubuh Anda, segera jauhi makanan tersebut karena akan berakibat fatal.

Obat Alami Untuk Mengatasi Gatal Kulit Akibat Alergi


Obat gatal alergi yang pada umumnya digunakan oleh kebanyakan orang ialah bedak tabur ataupun krim. Memang tidak ada salahnya untuk menggunakan obat-obat tersebut, namun ada kalanya bagi mereka yang memiliki kulit sensitif setelah pemakaian obat tersebut kulit malah mengalami iritasi atau gangguan kulit lainnya jika bahan-bahan tersebut tidak cocok dengan kulit Anda. Lantas cara mengatasi gatal kulit akibat alergi yang seperti apa yang sebaiknya dilakukan?

Lihat juga:
4 Obat Pelangsing Herbal Yang Aman
7 Obat Herbal Asam Urat Yang Terbukti Ampuh Dan Aman
Obat Darah Tinggi Alami Yang Ampuh Dan Cepat
Obat Sakit Tenggorokan Alami Dan Ampuh

Berikut adalah beberapa bahan-bahan alami yang dapat diterapkan untuk mengatasi gatal kulit:

1. Lemon dan Minyak Kelapa


Cara mudah untuk mengatasi kulit gatal ialah dengan menggunakan lemon dan minyak kelapa. Caranya cukup mudah, campurkan perasan air lemon dengan minyak kelapa kemudian oleskan pada bagian kulit yang gatal. Diamkan selama semalaman sampai gatal ataupun radang menghilang.

2. Daun Salam


Tentu hampir semua ibu-ibu memiliki daun salam di dapur rumah mereka. Selain untuk bumbu masakan ternyata daun salam juga memiliki khasiat untuk menyembuhkan gatal kulit akibat alergi. Caranya ialah dengan membersihkan beberapa helai daun salam dengan cara dicuci bersih kemudian tumbuk daun lalu letakkan pada bagian kulit yang mengalami gatal.

3. Jahe


Selain untuk mengobati batuk, jahe juga berkhasiat untuk menyembuhkan gatal kulit. Caranya adalah dengan menyiapkan 15 gram jahe, 30 cc cuka beras putih serta gula merah secukupnya. Bahan-bahan tersebut direbus menggunakan 400 cc air, biarkan hingga air menyesut setengahnya. Saring rebusan jahe dan di minum secara rutin.

4. Temu Hitam


Obat gatal alergi selanjutnya adalah menggunakan temu hitam. Caranya tumbuk temu hitam yang dicampur menggunakan kunyit kemudian oleskan tumbukan temu hitam dan kunyit pada kulit yang gatal. Gunakan tiga kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Minyak Goreng dan Garam


Salah satu bahan alami untuk mengobati gatal kulit yang sangat mudah dijumpai adalah minyak goreng dan garam. Caranya cukup mudah yaitu dengan mengoleskan campuran minyak goreng dan garam pada kulit yang gatal.

6. Kunyit


Bahan alami untuk mengobati gatal kulit selanjutnya adalah menggunakan campuran kunyit dan daun sambiloto. Caranya dengan menumbuk halus dua bahan tersebut kemudian oleskan tumbukan pada kulit.

7. Lidah Buaya


Siapa yang tidak tahu lidah buaya. Selain berkhasiat untuk menghitamkan rambut ternyata lidah buaya juga bermanfaat utuk menghilangkan gatal pada kulit. Caranya potong lidah buaya dan oleskan cairan atau gel yang ada pada lidah buaya ke bagian kulit yang gatal. Lakukan secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Nah, itulah beberapa ulasan mengenai cara mengatasi gatal kulit akibat alergi serta mengenal obat gatal alergi yang alami. Memiliki riwayat alergi memanglah tidak menyenangkan, namun mulai memperhatikan serta menghindari hal-hal pemicu alergi merupakan hal yang paling bijak untuk dilakukan. Dan bahan-bahan alami diatas patut Anda coba dirumah. Selamat mencoba.

Artikel lainnya:
5 Obat Herbal Diabetes Yang Bisa Diracik Sendiri
Obat Herbal Ambeien Tanpa Operasi
6 Obat Darah Tinggi Alami Cepat
Obat Darah Rendah Alami Yang Ampuh Dan Cepat