7 Obat Sakit Maag Alami Tradisional Yang Bagus

Obat sakit maag - Sakit maag atau dispepsia merupakan suatu kondisi kelainan pada dinding lambung karena peradangan sehingga mengakibatkan luka yang biasa disebut tukak lambung. Gejala orang yang mengidap penyakit maag adalah timbulnya perasaan panas maupun perih pada leher sampai ke perut bagian tengah. Seseorang dengan penyakit maag akan merasa perih selama beberapa menit atau bahkan jam saat penyakitnya kambuh ataupun bisa terjadi setelah makan. Rasa nyeri yang dirasakan berasal dari radang di lambung yang terkena asam dan hal ini bisa juga menyebabkan komplikasi penyakit lain jika si penderita tidak merasakan apapun saat penyakit maagnya kambuh.

Selain gejala di atas, seorang penderita maag akan mengalami gejala lain seperti munculnya rasa mual, hilangnya nafsu makan serta gangguan pencernaan bahkan beberapa penderita mengalami kesulitan dalam mencerna makanan yang berlemak. Saat seseorang mendapati dirinya ada pada gejala tersebut, maka dia akan mengambil suatu langkah untuk menemukan obat maag yang berbahan kimia ataupun dengan membuat obat sakit maag dengan memanfaatkan tanaman herbal di sekitar rumah.

Obat sakit maag

Berikut ini adalah beberapa alternatif herbal penyembuhan sakit maag yang bisa anda coba jika sakit maag anda mulai kambuh.

1. Kunyit


Kunyit yang dikenal sebagai bumbu dapur dapat menyembuhkan maag karena khasiatnya yang mampu menetralisir asam lambung yang berlebihan serta menyembuhkan infeksi karena asam lambung. Untuk memanfaatkan kunyit sebagai obat asam lambung, anda bisa mengolahnya dengan mengambil beberapa ruas kunyit yang kemudian diparut serta diperas untuk diambil airnya. Hasil perasan kunyit itu tadi diminum dua kali sehari pagi dan sore. Selain cara tersebut, anda bisa merebus irisan kunyit dan meminum air rebusan kunyit sebanyak dua kali sehari pagi dan sore. Jika cara ini dilakukan secara rutin, maka besar kemungkinan bagi anda untuk tidak merasakan nyeri di lambung.

Lihat juga:
Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kanan Kiri Dan Belakang
20 Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Alami Terbukti Manjur
Obat Sakit Kepala Alami Ampuh Dan Cepat
8 Obat Sakit Gigi Paling Ampuh Cepat Dan Mujarab

2. Daun jambu biji


Selain kunyit, obat sakit maag yang lainnya adalah daun jambu biji yang juga berkhasiat untuk mengobati sakit perut serta sariawan. Jika anda ingin memanfaatkan daun jambu biji untuk pengobatan maag, anda bisa melakukan dengan cara memetik beberapa lembar daun jambu biji yang kemudian direbus dengan 1,5 liter air sampai mendidih dan disaring. Setelah itu, rebusan daun jambu biji tersebut diminum secara rutin 3 kali sehari. Dengan mengkonsumsi rebusan daun jambu biji, maka sakit maag anda akan berkurang.

3. Temulawak


Khasiat temulawak sebagai obat herbal sudah tidak lagi diragukan karena banyak penyakit yang bisa disembuhkan dengan temulawak bahkan penyakit maag itu sendiri. Pengobatan maag dengan menggunakan temulawak dapat dilakukan dengan mengambil 1 rimpang temulawak yang kemudian dikupas dan diiris tipis-tipis. Irisan temulawak tersebut diangin-anginkan sampai kering dan kemudia direbus dengan air 5-7 gelas sampai mendidih. Setelah itu, bisa anda dinginkan dan saring lalu dikonsumsi satu kali dalam sehari.

4. Daun salam


Obat sakit maag yang lain adalah dengan memanfaatkan daun salam yang biasanya digunakan untuk penyedap masakan. Dalam mengobati sakit maag, anda bisa melakukannya dengan merebus 15-20 lembar daun salam dengan setengah liter sampai air mendidih. Untuk menambah cita rasa ramuan yang anda buat, maka anda bisa menambahkan gula batu sebagai perasa. Rebusan daun salam tersebut dikonsumsi setiap hari sampai rasa perih di lambung benar-benar hilang.

5. Biji pala


Seperti beberapa jenis tanaman lainnya, biji pala juga dapat digunakan untuk obat penyakit maag. Biji pala yang biasa dikenal oleh orang Indonesia sebagai bumbu masak, ternyata dapat dimanfaatkan untuk obat tradisional dengan cara menyiapkan 1 gram serbuk biji pala serta 6 gram serbuk buah pisang batu yang kemudian kedua serbuk ini diseduh dengan air 100 ml dan dikonsumsi selama 30 hari sampai rasa sakit di bagian perut mulai reda.

6. Labu kuning


Labu kuning ternyata dapat dijadikan sebagai obat sakit maag yang lezat. Bagi penderita maag, anda dapat memanfaatkan labu kuning untuk mengurangi rasa sakit di lambung dengan cara merebus labu kuning yang sebelumnya dibersihkan terlebih dahulu. Pengkonsumsian labu kuning secara teratur akan membantu penderita maag untuk meminimalisir dampak dari sakit maag tersebut.

7. Daun meniran


Kombinasi antara daun pegagan, meniran serta temulawak sangat efektif untuk meredakan sakit maag yang anda derita. Untuk mengolah ketiga jenis tanaman ini, maka anda perlu menyiapakn ketiga jenis bahan tersebut yang kemudian dibersihkan dan merebus ketiga bahan tersebut sampai mendidih dan mengkonsumsi hasil rebusan tersebut secara rutin sampai sakit maagnya mulai berkurang.

Beberapa ramuan obat sakit maag di atas bisa dijadikan solusi alternatif pengobatan herbal bagi anda yang terserang penyakit maag. Selain dengan memanfaatkan khasiat dari obat-obatan herbal tersebut, anda juga perlu menjaga pola hidup serta kesehatan anda sehingga penyakit maag tidak dengan mudah datang menghampiri anda. Selain itu, dengan menangani sakit maag sejak dini, berarti anda telah berusaha untuk mencegah terjadinya komplikasi penyakit dalam diri anda.

Artikel lainnya:
7 Obat Sakit Gigi Berlubang Tradisional Paling Ampuh Dan Cepat
Obat Sakit Tenggorokan Alami Dan Ampuh
10 Ciri Ciri Dan Gejala Awal Usus Buntu
Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri Kanan Dan Belakang