9 Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan

Tipscaraalami.com - Manfaat buah apel bagi kesehatan - Siapa sih yang tidak tau buah yang sangat cantik ini. Buah apel adalah buah yang di hasilkan dari pohon apel, dan jenis apel yang paling banyak laku adalah apel merah. Selain apel warna merah, ada juga yang membudidaya apel warna hijau dan kuning. Selain di buat jus, apel juga sangat enak dikonsumsi secara mentah.


manfaat buah apel
(c) Pixabay.com/Fruchthandel_Magazin
Selain enak dan bentuknya bikin gemas, kandungan dan khasiat apel juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Apel dapat mengatasi dan mencegah berbagai penyakit, baik penyakit ringan sampai penyakit yang berat. Penasaran manfaat mengkonsumsi apel bagi kesehatan? Dikutip dari Healthmeup.com, ini 9 manfaat buah apel yang penting bagi kesehatan tubuh.


Manfaat Buah Apel

1. Menjaga kesehatan jantung
Manfaat buah apel yang pertama adalah bagus bagi jantung. Karena penyakit jantung adalah penyakit yang sangat berbahaya bagi kesehatan, dan bisa membuat seseorang yang mengidap penyakit jantung bisa saja berujung pada kematian. Untuk mencegah dan menjaga agar jantung tetap sehat, ternyata bisa dilakukan dengan mengkonsumsi buah apel. Kandungan nutrisi yang disebut quercetin, catechin, phloridzin, dan chlorogenic acid yang kaya pada apel bisa membantu menjaga sistem kardiovaskular dari kerusakan yang berkaitan dengan oksigen.

Selai itu, serat yang tinggi pada apel juga bisa menurunkan kolesterol buruk dan mengontrolnya. Orang yang mengonsumsi dua apel setiap hari mengalami penurunan kolesterol hingga 16 persen lebih banyak.

2. Mencegah Alzheimer
Manfaat buah apel selanjutnya, mencegah alzheimer. Para peneliti dari Cornell University yang telah menguji coba pada tikus menemukan bahwa quercetin pada apel bisa melindungi sel otak dari radikal bebas yang bisa menyebabkan kerusakan otak dan penyakit ingatan seperti Alzheimer. Jadi, jangan malas untuk mengkonsumsi apel supaya otak Anda jadi sehat.

3. Mencegah kanker paru-paru
Kanker paru-paru bisa disebabkan oleh kebiasaan buruk merokok, cara mengatasi dan mencegah kanker paru-paru tidak hanya saja dengan berhenti merokok, mengkonsumsi makanan sehat alami juga bisa mencegah dan mengatasi kanker paru-paru, seperti buah apel.

Berdasarkan penelitian pada 10.000 orang, mereka yang mengonsumsi lebih banyak apel memiliki penurunan risiko kanker paru-paru sebesar 50 persen. Hal tersebut terjadi karena pada apel memiliki kadar flavonoid pada quercetin dan naringin di dalam apel yang tinggi. 

4. Mencegah kanker payudara
Selain mencegah paru-paru, manfaat buah apel bagus juga untuk mencegah kanker payudara. Kanker yang satu ini adalah sangat ditakuti oleh wanita diseluruh dunia. Untuk mencegahnya, Anda bisa mengkonsumsi apel. Penelitian di Cornell University menemukan bahwa mengonsumsi satu buah apel setiap hari bisa menurunkan risiko kanker payu dara hingga 17 persen. Dengan mengonsumsi tiga apel setiap hari bisa menurunkan risiko kanker payu dara hingga 39 persen dan mereka yang makan enam apel setiap hari memiliki risiko kanker payu dara 44 persen lebih rendah.

5. Mencegah kanker usus besar dan lever
Ada satu lagi penelitian mengungkapkan bahwa tikus yang memakan ekstrak kulit apel memiliki risiko kanker usus besar 43 persen lebih rendah. Tak hanya itu, tikus yang makan ekstrak kulit apel juga memiliki risiko kanker lever 57 persen lebih rendah. Selain itu, para penelitian lainnya juga menunjukkan laporan yang mana pada kandungan pectin pada apel juga bisa menurunkan seseorang terkena resiko usus besar, dan juga membuat saluran pencernaan jadi sehat.

6. Menjaga kesehatan pasien diabetes
Kandungan pectin yang ada di dalam apel juga bermanfaat menurunkan kebutuhan tubuh akan insulin. Hal ini ditengarai bisa membantu pasien diabetes untuk mengontrol insulin dan gula darah mereka.

7. Menurunkan berat badan
Selain itu, manfaat buah apel juga ada untuk diet. Mengkonsumsi apel tiap hari juga bisa menurunkan berat badan, dan melancarkan program diet Anda. Sebuah penelitian di Brazil menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi tiga apel atau pear setiap hari saat diet mengalami penurunan berat badan yang lebih banyak dibanding wanita yang tidak makan buah ketika berdiet.

8. Melindungi tulang
Selain bagus pada untuk diet, apel juga bagus bagi tulang, yaitu apel dapat membuat tulang Anda jadi kuat dengan kandungan lavanoid bernama phloridzin di dalam apel. Anda akan terbebas dari mengalami menopause dari osteoporosis serta membantu meningkatkan kepadatan tulang. Tak hanya itu, boron yang juga terkandung dalam apel bisa menguatkan tulang.

9. Membantu mengatasi asma
Manfaat lainnya apel bagi kesehatan yaitu juga dapat mengatasi sesak napas. Ajak keluarga, anak, atau keponakan Anda untuk sering minum jus apel supaya terbebas dari penyakit asma. Selain itu, manfaat buah apel bagi ibu hamil  juga ada, yaitu dapat mencegah anaknya terkena sesak napas ketika lahir, dan jangan lupa untuk meminum jus apel ketika hamil.

Itulah manfaat buah apel bagi kesehatan. Ternyata sangat berlimpah manfaatnya! Jadi tunggu apa lagi, segera tambahkan apel ke dalam daftar belanjaan Anda. Semoga bermanfaat!