20 Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan [Part 2]

Sambungan dari...20 Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan [Part 1]


Manfaat Buah Pisang

11. Manfaat buah pisang melancarkan darah ke otak
Melanjutkan artikel sebelumnya tentang manfaat buah pisang bagi kesehatan, manfaat lainnya buah pisang ternyata dapat melancarkan aliran darah ke otak. Potasium yang banyak pada pisang ternyata mampu membantu sirkulasi oksigen ke otak, mencegah tekanan darah tinggi dan juga mencegah stroke.
manfaat buah pisang
(c) Pixabay.com/PublicDomainPictures

12. Manfaat buah pisang memperlancar proses metabolisme / buang air besar
Ternyata dengan makan pisang juga bermanfaat bagi sistem pencernaan. Pisang dapat memperlancar pembuangan sisa kotoran tubuh. Jadi sangat cocok bagi Anda yang susah buang air besar.

13. Manfaat buah pisang mengurangi rasa sakit ketika haid
Untuk mengatasi nyeri ketika haid, sebelum menggunakan obat penghilang rasa nyeri, lebih baik atasi dulu dengan cara alami, yaitu dengan mengkonsumsi buah pisang.

14. Manfaat buah pisang mengatasi gatal akibat gigitan nyamuk
Jenis gigitan nyamuk tertentu bila tidak di obati bisa berbahaya, Anda bisa mengoles pisang di sekitar gigitan tersebut. Selain menghilangkan rasa gatal dan sakit akibat gigitan nyamuk, pisang juga berfungsi sebagai zat anti racun, yang dapat menghilangkan racun di bekas gigitan nyamuk tersebut, dan Anda akan bebas dari berbagai penyakit yang ditimbulkannya.

15. Manfaat buah pisang meningkatkan kekebalan tubuh
Pisang juga ampuh menangkal dan melindungi tubuh Anda dari berbagai serangan penyakit. Konsumsi pisang minimal satu setiap hari, makan sistem kekebalan tubuh Anda akan kuat melawan infeksi dan berbagai hantaman penyakit.

16. Pisang dapat mengatasi hipertensi (tekanan darah tinggi)
Kandungan kalium yang tinggi pada pisang ternyata dapat membantu mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit, sehingga akan membuat tekanan darah jadi stabil. Kandungan serat dalam buah pisang mampu mengikat lemak dapat dan mencegah terbentuknya plak yang dapat menimbulkan naiknya tekanan darah dalam tubuh kita

17. Manfaat buah pisang mencegah penyakit jantung
Selain mengatasi tekanan darah tinggi, sering mengkonsumsi pisang juga dapat mencegah penyakit jantung. Hal tersebut dikarenakan vitamin C dan flavonoid yang terkandung pada pisang yang bersifat antioksidan ternyata dapat mencegah proses oksidasi lemak yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

Selain itu, kalium yang terdapat pada pisang merupakan tonik yang baik untuk jantung. Serat pektinnya ikut berpengaruh dalam membantu menurunkan kolesterol. So, sebelum terkena penyakit jantung. Jadi jangan ragu lagi untuk mengkonsumsi pisang tiap hari, sebelum penyakit jantung menghampiri Anda, lebih baik mencegahnya.

18. Manfaat buah pisang mengatasi anemia (kurang darah)
Buah pisang juga bisa membantu Anda yang mengalami anemia atau kurang darah. Hal tersebut karena di buah pisang juga terdapat zar besi, yang bermanfaat mengatasi anemia.

19. Manfaat buah pisang menurunkan berat badan
Bagi Anda yang mungkin sedang mengikuti program diet, mengkonsumsi pisang setiap hari dapat membantu menurunkan berat badan dengan cepat. Jadi patut di coba untuk melancarkan program diet Anda.

20. Baik untuk Ibu hamil
Asam folat yang terdapat pada pisang ternyata sangat cocok dikonsumsi oleh ibu hamil karena dapat membuat janin jadi sempurna, pembentukan sel-sel baru dan mencegah terjadinya cacat bawaan.

Itulah 20 manfaat buah pisang bagi kesehatan tubuh. Jangan ragu untuk mengkonsumsi pisang supaya merasakan semua manfaat dan khasiat di atas. Ingat, jangan mengkonsumsi pisang yang telah di olah, seperti pisang bakar, pisang goreng, keripik pisang, dan berbagai olahan makanan pisang lainnya. Anda cukup mengkonsumsi secara alami atau mentah saja buah pisang yang telah masak. Semoga bermanfaat!