5 Manfaat Kalsium Bagi Tubuh Selain Untuk Tulang

Tipscaraalami.com - Manfaat kalsium - Untuk membuat tulang dan gigi tetap sehat dan kuat, Anda diwajibkan mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium. Sumber kalsium yang tinggi bisa Anda dapatkan pada susu murni, keju, kacang kedelai dan yogurt. Selain itu, makanan yang banyak mengandung kalsium yang lainnya bisa Anda dapatkan pada brokoli, lobak, kale, sayuran hijau, ikan salmon, jeruk dan pisang. Bila Anda malas mengkonsumsi makanan sumber kalsium, Anda bisa meminum suplemen kalsium.


manfaat kalsium
Manfaat Kalsium (c) Morguefile.com/wax115
Selain itu manfaat kalsium bagi tulang, ternyata kalsium ada manfaat lainnya bagi kesehatan tubuh. Seperti dilansir dari Sheknows.com, ini fungsi kalsium bagi tubuh manusia selain buat tulang.


Manfaat Kalsium

1. Mencegah osteoporosis
Pengertian osteoporosis adalah suatu kelainan pada tulang atau penyakit tulang yang membuat tulang rapuh dan keropos. Ciri-ciri osteoporosis adalah tulang mulai rapuh, keropos dan penurunan kualitas jaringan tulang. Cara mencegah penyakit osteoporosis bisa dengan cara memperbanyak mengkonsumsi kalsium. Kalsium sangat penting bagi tulang dan gigi, yaitu dapat menjaga tulang dan gigi tetap sehat dan kuat. Jadi jangan malas untuk mengkonsumsi makanan kaya akan kalsium untuk mencegah penyakit osteoporosis ini.

2. Membuat berat badan turun
Kalsium punya efek tertentu terhadap metabolisme tubuh. Sebab kalsium berperan dalam memaksimalkan pembakaran lemak daripada menyimpannya. Sehingga kalsium bisa dibilang sebagai nutrisi yang dapat menurunkan berat badan. Jadi sangat bagus dikonsumsi bagi yang melakukan program diet sehat.

3. Mengatasi nyeri haid
Untuk mengatasi nyeri akibat haid yang datang tiap bulan pada wanita, Anda bisa mengkonsumsi makanan sumber kalsium. Anda bisa meminum susu dan nyeri di perut akan mereda.

4. Melawan kanker
Antioksidan disebut sebagai senyawa yang ampuh menurunkan risiko kanker. Namun ternyata kalsium juga berperan dalam melawan kanker usus besar, ovarium, dan kanker payu dara. Jadi bagi wanita sangat disarankan untuk mencukupi kalsium dalam tubuhnya.

5. Menyehatkan jantung
Mengkonsumsi kalsium secukupnya juga bermanfaat membuat jantung Anda sehat dan juga pembuluh darah. Tapi jangan sampai berlebihan bila mengkonsumsi kalsium, karena kalsium bila berlebihan di konsumsi justru merusak jantung.

Ingat, meskipun makanan sehat, bila dikonsumsi secara berlebihan malas juga berbahaya bagi kesehatan. Konsumsilah secara bijak.

Itulah beberapa manfaat kalsium bagi tubuh selain menyehatkan tulang. Jadi jangan mengabaikan nutrisi sehat ini, karena banyak gejala kekurangan kalsium bagi tubuh Anda bila malas mengkonsumsinya, seperti penyakit osteoporosis. Semoga bermanfaat!