0
Tipscaraalami.com - Manfaat bawang bombay bagi kesehatan - Bawang bombai adalah salah satu rempah-rempah yang fungsinya dan rasanya hampir sama dengan bawang jenis biasa. Perbedaan bawang bombai dengan bawang jenis biasa hanya ukurannya saja yang lebih besar dan rasanya tidak sepedas bawang biasa. Kenapa bawang ini disebut bawang bombai? Karena pada zaman dahulu banyak pedagang dari kota Bombai India sana yang membawa bawang ini ke Indonesia, karena itulah orang Indonesia menyebutnya bawang bombai.

Bawang Bombai adalah rempah yang akan membuat masakan Anda jadi enak dan memberikan aroma lezat. Tapi bawang bombai tidak hanya untuk penyedap masakan saja, tetapi bawang bombai ternyata menyimpan kandungan dan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan.

Seperti dilansir dari Allwomenstalk.com, ini 7 manfaat bawang bombay bagi kesehatan.

Manfaat Bawang Bombay Untuk Kesehatan

1. Menyehatkan jantung
manfaat bawang bombai bagi kesehatan
(c) Pixabay.com/maddox74
Apakah Anda pernah memakan bawang bombai secara mentah? Bila belum, Anda patut mencobanya. Karena mengkonsumsi bawang bombai secara mentah  ternyata mampu menurunkan kolesterol jahat. Jadi secara otomatis kesehatan pun terjaga jika bawang bombai mentah dikonsumsi secara teratur.

2. Mengandung phytochemcial
Bawang bombai kaya akan phytochemcial yang membantu vitamin C memaksimalkan fungsinya bagi tubuh. Adanya phytochemcial juga mampu melancarkan peredaran darah dan menurunkan inflamasi, sehingga mampu menyehatkan sistem kardiovaskular. Selain mengkonsumsi bawang jenis biasa, tak salahnya mencoba juga bawang bombai ini.

3. Menangkal osteoporosis
Untuk mengatasi tulang yang keropos atau osteoporosis tidak hanya saja dengan mengkonsumsi susu, Anda bisa juga mencoba bawang bombai untuk menangkal osteoporosis. Senyawa yang khusus ada pada bawang bombai akan menggantikan tulang yang keropos pada wanita yang menderita osteoporosis. Jadi tulang Anda akan kuat bila rajin mengkonsumsi bawang bombai.

4. Mengandung kromium
Kromium adalah mineral yang membantu sel merespon kinerja insulin dalam mengontrol gula darah dalam tubuh. Kromium pun bisa ditemukan dalam bawang bombai. Tidak hanya itu, bila Anda mengkonsumsi bawang bombai yang masih hijau akan bermanfaat memenuhi kebutuhan vitamin A Anda, karena bawang bombai juga kaya akan vitamin A.

5. Sumber serat
Serat tak hanya terdapat pada buah saja, pada bawang bombai juga kaya akan serat. Serat pada bawang bombai juga bermanfaat menurunkan berat badan Anda, jadi sangat cocok bagi Anda yang sedang berdiet. Jadi manfaat bawang bombay untuk kesehatan adalah dapat menurunkan berat badan. Selain itu, bawang bombai juga bermanfaat melancarkan pencernaan.

6. Menguatkan sistem imun
Ada banyak antioksidan dalam bawang bombai yang ampuh menguatkan sistem imun dan menurunkan inflamasi. Seperti yang diketahui, sistem imun yang kuat adalah kunci mempertahankan diri dari serangan berbagai macam penyakit. Jadi mengkonsumsi bawang bombai bermanfaat sebagai benteng untuk mencegah berbagai penyakit yang akan menyerang Anda.

7. Mengobati flu
Fungsi bawang bombay lainnya yaitu dapat mengatasi flu. Konon pada zaman dahulu ketika wabah flu menyerang, dengan meletakkan bawang bombai di dalam ruangan, virus flu mampu pergi dan tidak menyerang lagi. Meskipun belum dibuktikan secara ilmiah, namun tidak ada salahnya mencoba cara itu ketika tubuh mengalami penurunan stamina.

Itulah manfaat bawang bombay. Ternyata rempah bumbu masakan ini banyak fungsi dan kandungan bagi kesehatan. Jadi tak salahnya mencoba mengkonsumsi bawang bombai ini. Semoga bermanfaat!
loading...
loading...
 
Top