10 Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Tipscaraalami.com - Manfaat buah mangga - Mangga adalah salah satu buah yang tak asing lagi di Indonesia, hampir di semua daerah dapat dijumpai. Di Indonesia sendiri bisa tumbuh berbagai jenis pohon mangga, bahkan sampai 40 jenis. Jenis mangga yang bisa tumbuh sangat beragam, ada yang rasanya asam, dan manis. Cara budidaya mangga sendiri bisa dibilang sangat mudah, bahkan biji yang sudah masak bila di buang di tanah bisa tumbuh sendiri.


manfaat buah mangga
(c) Pixabay.com/PublicDomainPictures
Mangga yang memiliki batang sampai 40 meter tingginya ini sangat banyak manfaatnya, salah satunya dapat menghentikan pendarahan dan mengatasi stres. Lalu seperti apa manfaat buah mangga bagi kesehatan lainnya? Seperti dilansir dari Care2.com, ini 10 manfaat buah mangga yang bagus bagi kesehatan.

Manfaat Buah Mangga

1. Mencegah kanker
Buah yang agak asam bila masih muda ini bermanfaat mencegah kanker. Berbagai penyakit kanker dapat di atasi dengan kandungan zat antioksidan yang kaya pada buah mangga , seperti kanker prostat, kanker usus, kanker payu dara, dan leukemia. Beberapa zat antioksidan tersebut antara lain quercetin, isoquercetin, astragalin, fisetin, gallic acid dan methylgallat. Jadi perbanyak mengkonsumsi mangga supaya dapat melindungi tubuh dari kanker.

2. Menurunkan kolesterol
Pada mangga juga kaya akan kandungan serat, zat pectin, dan vitamin C, dan kesemua kandungan tersebut berkhasiat menurunkan tingkat kolesterol, terutama kolesterol buruk yang bisa menyebabkan berbagai macam penyakit. Jadi jangan malas untuk mengkonsumsi mangga untuk menurunkan tingkat kolesterol yang tinggi pada tubuh Anda.

3. Kesehatan mata
Sumber vitamin A yang banyak tidak hanya terdapat pada wortel saja, tetapi pada buah mangga juga kaya akan vitamin A. Vitamin A bermanfaat menjaga mata agar tetap sehat, dan mencegah berbagai masalah pada mata, seperti mata kering dan kebutaan. Jadi mengkonsumsi satu buah mangga sedang setiap hari sudah cukup bagi Anda untuk memenuhi asupan vitamin A harian, yaitu sebesar 25 persen.

4. Mencegah diabetes
Buah mangga juga dapat mengatasi penyakit diabetes.  Buah mangga mengandung index glycemix yang relatif rendah sehingga aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes dan tak akan mengakibatkan lonjakan insulin. Dan tidak hanya buahnya saja, ternyata daun mangga juga dapat menjaga tingkat insulin dalam tubuh agar tetap stabil. Anda bisa mengolahnya dengan cara merendam daun mangga dengan air dan merebusnya. Anda bisa meminumnya setelah sehari terendam di dalam air di pagi hari.

Selain manfaat mangga mencegah diabetes, Anda wajib juga mengetahui tanda dan gejala awal penyakit diabetes.

5. Sumber vitamin E yang baik
Selain mencegah diabetes, manfaat buah mangga lainnya adalah kaya akan vitamin E. Sumber vitamin E pada buah mangga ternyata sangat baik bagi kesehatan tubuh. Selain itu vitamin E yang terdapat pada mangga juga bermanfaat bagi suami istri untuk meningkatkan hubungan intim mereka.

6. Membantu pencernaan
Untuk melancarkan sistem pencernaan, Anda tidak perlu mengkonsumsi pepaya saja, tetapi mangga juga dapat melancarkan pencernaan, sehingga buang air besar Anda akan lancar. Hal tersebut di sebabkan oleh serat pada buah mangga yang tinggi yang bermanfaat bagi pencernaan Anda agar tetap lancar.

7. Meredakan panas tubuh
Pada saat cuaca sangat panas, tubuh akan dehidrasi dan tak jarang bisa mengakibatkan heat stroke. Untuk mengatasinya, ternyata meminum jus mangga bisa mengatasi semua masalah tersebut yang juga berbahaya bagi tubuh. Untuk mendapatkan khasiat alami mangga, jangan tambahkan gula atau apapun dalam jus mangga.

8. Meningkatkan kekebalan tubuh
Manfaat buah mangga lainnya, meningkatkan kekebalan tubuh. Tubuh yang tidak kebal akan rentang terkena berbagai penyakit, seperti infeksi pada kulit. Agar tubuh kebal dari penyakit, mengkonsumsi mangga ternyata dapat meningkatkan kekebalan tubuh dengan kandungan vitamin C dan A pada buah mangga, serta 25 jenis karotenoid.

9. Manfaat mangga untuk ibu hamil
Nutrisi dan gizi yang kaya pada buah mangga juga bermanfaat bagi ibu hamil dan bayi yang dikandungnya. Biasanya ibu yang hamil sering mengalami sembelit, serat pada mangga bisa mengatasi masalah sembelit. Selain itu, vitamin A pada mangga sangat bagus bagi perkembangan penglihatan janin.

10. Manfaat mangga untuk kecantikan
Selain untuk kesehatan, ternyata mangga juga banyak manfaatnya untuk kecantikan, seperti melindungi kulit dari dampak sinar matahari. Tak hanya itu, masker buah mangga yang di oleskan pada kulit wajah juga bermanfaat mengecilkan pori-pori, melembabkan kulit, menghilangkan kerutan pada kulit, dan mencerahkan kulit wajah.

Anda bisa juga mengkonsumsi mangga muda, atau jus mangga.

Itulah 9 manfaat buah mangga bagi kesehatan. Jadi jangan malas untuk mengkonsumsi buah mangga untuk mendapatkan khasiat luar biasa tersebut. Semoga bermanfaat!