0
Tipscaraalami.com -Penyebab perut kembung -  Pengertian perut kembung adalah dimana di dalam sistem pencernaan, seperti di usus kecil, usus besar, kerongkongan, dan lambung banyak terdapat gas atau angin. Kelebihan angin yang terdapat pada bagian tersebut akan membuat perut membengkak dan akan menyebabkan perut jadi kembung, hal ini sangat menyusahkan bagi seseorang dalam melakukan berbagai aktivitas. Perut kembung selain membuat seseorang tak nyaman, tapi bisa juga membuat perut seseorang mual, dan ingin muntah.

makanan penyebab perut kembung
Ilustrasi (c)Pixabay.com/PublicDomainPictures
Banyak hal penyebab perut kembung, seperti masuk angin karena banyak menelan gas udara, merokok, banyak makan, konstipasi, masalah hormon dan masalah perut lainnya. Tapi tak hanya itu saja yang membuat perut Anda kembung, tetapi makanan yang Anda konsumsi sehari-hari juga memicu perut jadi kembung.

Untuk mengatasi perut kembung, Anda harus teliti memilih makanan, karena makanan yang tampak sehat belum tentu menyehatkan dan bisa juga membuat perut Anda bertambah kembung dan akan sering buang angin. Seperti dilansir dari Magforwomen.com, ini 5 makanan penyebab perut kembung yang harus Anda hindari.

Penyebab Perut Kembung

1. Makanan yang digoreng dan berminyak
Sering mengkonsumsi makanan yang berminyak merupakan penyebab perut sering kembung. Hindari mengkonsumsi makanan yang di goreng atau berminyak, seperti masakan yang di tumis, ikan goreng, kue yang digoreng, ayam goreng, dan berbagai jenis makanan yang di goreng lainnya.

Alasan kenapa makanan yang berminyak dan di goreng dapat membuat perut penuh dengan gas adalah karena makanan tersebut membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna. Tubuh membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencernanya dan mengeluarkan gas lebih banyak yang membuat perut terasa kembung.

2. Makanan penyebab gas
Selain makanan yang berminyak dan digoreng, ada beberapa jenis makanan lainnya yang menyebabkan perut kembung, seperti kembang kol, kubis brokoli, kecambah, bawang putih, dan lainnya. Bukannya melarang mengkonsumsi makanan tersebut, tapi konsumsilah sewajarnya, karena makanan sehat bila dikonsumsi secara berlebihan pasti tidak bagus bagi tubuh.

3. Produk susu
Makanan penyebab perut kembung lainnya adalah susu. Pasti akan banyak orang yang heran kenapa susu yang merupakan makanan menyehatkan ini bisa menyebabkan perut jadi kembung. Alasannya karena mungkin saja setiap orang memiliki kekuatan dan kecepatan yang berbeda-beda dalam mencerna makanan, hanya orang-orang tertentu yang akan mengalami perut kembung akibat mengonsumsi produk susu. Hanya orang yang memiliki masalah saat mencerna laktosa dalam produk susu saja yang akan merasa kembung saat mengonsumsinya.

4. Makanan kaya zat tepung
Makanan-makanan yang terbuat dari tepung selain tidak memberikan nutrisi apa-apa bagi tubuh dan tidak menyehatkan, ternyata dapat membuat sistem pencernaan dimasuki gas, dan akan membuat perut jadi kembung. Makanan yang terbuat dari tepung sangat susah dicerna oleh sistem pencernaan manusia dan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk mencernanya, akibatnya tubuh akan mengeluarkan lebih banyak gas yang menyebabkan rasa tak nyaman dan perut kembung. Selain itu, makanan yang terbuat dari tepung seperti roti, biskuit, dan lainnya juga bisa memberikan efek yang sama.

5. Makanan kaya sodium
Selain itu, garam adalah salah satu faktor penyebab perut kembung. Waktu Anda mengkonsumsi garam, atau makanan yang banyak mengandung garam, cairan dalam tubuh akan terserap dengan cepat.Dengan begitu tubuh akan mulai terasa berat dan perut pun terasa kembung. Hindari makanan yang banyak mengandung garam, termasuk juga pada makanan olahan dan kemasan.

Itulah beberapa makanan penyebab perut kembung dan sering buang angin. Perut kembung tidak hanya terjadi pada orang dewasa saja, tetapi pada anak dan pada bayi akan mengalami perut kembung juga. Oleh karena itu, hindari dan jauhi kesemua jenis makanan di atas untuk mencegah atau mengakhiri perut kembung Anda. Semoga bermanfaat!
loading...
loading...
 
Top