4 Penyebab Sering Buang Angin Dan Cara Mengatasinya

4 Penyebab Sering Buang Gas Atau Kentut Dan Cara Mengatasinya - Kentut atau sering disebut juga keluar angin atau keluar gas pasti dialami banyak orang. Tapi apa jadinya bila Anda sering buang angin dan ditambah suaranya yang kencang disaat Anda lagi bersama orang-orang, pasti rasa malu yang sangat amat bila angin yang Anda keluarkan sangat bau.

Penyebab Sering Buang Angin, kentut, gas Dan Cara Mengatasinya
Penyebab sering kentut (c) Pixabay.com/OpenClips

Memang buang angin itu tidak bisa ditahan, dan wajib Anda lakukan supaya perut tidak mulas dan baik bagi kesehatan. Penyebab sering buang angin tidak selamanya disebabkan oleh sering masuk angin, karena makanan yang Anda konsumsi juga bisa membuat perut jadi kembung dan memproduksi gas dalam usus Anda.

Lalu apa saja makanan yang dapat memproduksi angin dalam perut? Seperti dilansir dari Boldsky.com, ini 4 makanan yang menyebabkan Anda sering buang gas dan jauhi makanan tersebut.


Penyebab Sering kentut

1. Makanan manis
Penyebab Anda sering kentut dengan suara nyaring dan membuat kentut Anda sangat bau adalah makanan manis. Kurangi mengkonsumsi makanan manis, karena makanan manis selain membuat kentut Anda bau dan bersuara nyaring, tetapi juga tidak bagus bagi kesehatan Anda.

Makanan manis banyak mengandung gula, dan gula tersebut akan dipecah oleh bakteri di dalam perut Anda dan akan menjadi gas yang berbau tak sedap. Makanya, kurangi makanan manis, terutama makanan yang banyak mengandung gula.

2. Karbohidrat
Karbohidrat yang dapat memproduksi gas banyak terdapat pada minuman berpemanis, minuman bersoda, dan makanan-makanan tertentu yang mengandung karbohidrat. Penyebab karbohidrat dapat memproduksi gas adalah karena karbohidrat dapat memproduksi karbon dioksidan saat dicerna oleh bakteri dalam tubuh.

3. Zat tepung
Apakah Anda sering mengkonsumsi makanan olahan yang mengandung tepung? Jika pernah dan sering, lebih baik Anda mengurangi mengkonsumsi makanan yang terdapat zat tepung. Karena makanan yang mengandung zat tepung akan akan memproduksi angin dan gas berlebihan didalam perut Anda. Makanan olahan atau yang mengandung banyak zat tepung selain dapat memproduksi gas berlebihan, ternyata juga tidak bagus bagi kesehatan Anda, karena dapat menghambat penyerapan nutrisi dari makanan alami.

4. Rokok
Apakah Anda perokok? Merokok selain tidak bagus bagi kesehatan, tetapi merokok juga dapat membuat dan memproduksi gas dalam perut Anda. Merokok akan mengumpulkan banyak gas buangan dalam tubuh menjadi satu dalam sistem Anda dan mengeluarkannya menjadi kentut. Mulai serang Anda wajib berhenti merokok, bila Anda sulit berhenti merokok, kami Tipscaraalami.com juga menulis artikel tentang cara paling ampuh untuk berhenti merokok dan cara membersihkan paru-paru dari racun rokok.

Cara mengatasinya
Cara mengatasi perut yang sering buang angin atau kentut caranya sangatlah mudah, Anda cukup menghindari ke empat jenis hal di atas. Cara lainnya untuk mengatasi perut yang kembung dan banyak gas, Anda bisa meminum obat Anti perut kembung untuk membersihkan gas yang masih ada dalam perut dan akan mencegah kentut. Semoga bermanfaat!

Lihat juga: