20 Cara Mengatasi Perut Kembung Secara Alami Cepat

Cara mengatasi perut kembung - Apa itu perut kembung? Perut kembung adalah masalah atau gangguan pada pencernaan Anda yang mengakibatkan perut Anda jadi kembung. Anda akan terganggu, merasa tidak nyaman karena perut terasa penuh, bengkak, dan sering buang angin atau gas. Masalah perut kembung ini terjadi tidak hanya pada orang dewasa saja, tetapi juga terjadi sama anak-anak.

Masalah perut kembung ini sudah pasti akan mengganggu aktivitas Anda bila tidak segera di atasi. Bila Anda mengalami perut kembung, kemungkinan perut Anda akan lebih mudah sakit, jadi Anda harus periksa diri ke dokter, dan Anda bisa mengkonsumsi obat yang diberikan oleh dokter.

Penyebab perut kembung


Penyebab utama perut kembung adalah adanya gas yang berlebihan dalam perut yang tak terbuang.

Cara Mengatasi Perut Kembung Secara Alami Cepat

Angin atau gas yang tak terbuang itu mengidap di dalam lambung, usus besar dan usus kecil. Tak hanya itu, makanan yang Anda konsumsi juga dapat membuat perut jadi kembung. Gejala yang ditimbulkan dari perut kembung adalah badan jadi kurus, perut jadi bengkak, buang air sedikit dan bila perut ditekan seperti ada yang naik di sekitar dada.

Selain itu penyebab perut kembung lainnya adalah sering menelan udara saat makan atau sering di luar ruangan, merokok, sembelit, makan terlalu cepat, dan saat berat badan naik. Selain itu sering mengkonsumsi minuman bersoda bisa membuat perut jadi kembung juga.

Ciri ciri perut kembung


Selain perut Anda jadi membesar atau kembung, gejala perut kembung atau ciri ciri perut kembung adalah Anda mengalami sensasi bengkak atau penuh pada bagian perut, rasa nyeri dan penuh gas pada perut, Anda setip saat akan membuang angin, dan perut Anda terasa bergejolak.

Nah seperti yang saya jelaskan di atas, untuk cara mengatasi perut kembung, Anda jangan terburu-buru dulu meminum obat yang di jual di pasar. Dan sebelum Anda periksa ke dokter juga Anda bisa menggunakan cara alami dan tanpa efek apapun. Seperti dilansir dari Boldsky.com, berikut cara mengatasi perut kembung secara alami dan aman.

Cara Mengatasi Perut Kembung


1. Minum air


Kekacauan yang terjadi di dalam perut akan mengakibatkan perut banyak menumpuk gas, dan perutpun jadi kembung. Dengan meminum air, air akan melunakkan semua kekacauan didalam perut. Seperti menghilangkan rasa sakit, dan mengatasi masalah konstipasi yang di sebabkan oleh kekacauan di dalam perut tadi.

Lihat juga:
Cara menghilangkan bau ketiak secara alami
Manfaat susu kambing bagi kesehatan tubuh
Manfaat air putih bagi tubuh
Manfaat susu kambing etawa

2. Melakukan aktivitas


Bila perut Anda masih kembung dan terasa sangat berat, sebaiknya banyak-banyak melakukan aktivitas, seperti melakukan pekerjaan rumah tangga atau berjalan-jalan. Dengan melakukan aktivitas, perut akan teras lebih nyaman, dan perut kembung jadi hilang. Lebih baik lagi bila sehabis makan jangan beristirahat, lakukan aktivitas kecil supaya perut tidak menyimpan gas.

3. Minum soda


Soda adalah solusi masalah perut kembung Anda. Kandungan karbon dioksida dalam soda ternyata dapat mengatasi semua masalah perut kembung Anda. Setelah meminum soda, jangan heran jika akan banyak mengeluarkan gas atau angin. Karbon dioksidanya akan bereaksi dalam perut dan melepaskan gas yang menumpuk di dalamnya. Tapi ingat, minum soda tiap hari juga tidak bagus bagi kesehatan.

4. Mint


Selain minum soda, cara mengatasi perut kembung lainnya adalah mint. Untuk mengatasi perut kembung bisa juga dengan mint. Mint tidak hanya mengatasi perut kembung, tetapi juga dapat menghilangkan rasa sakit yang diakibatkan oleh perut kembung. Anda juga bisa mencampur mint dengan teh ataupun minuman lainnya, seperti jahe, jus lemon, jeruk nipis dan lainnya.

5. Makan dan mengunyah dengan pelan


Makan dan mengunyah makanan dengan pelan juga dapat mencegah perut kembung. Cara ini juga dapat mengurangi jumlah gas dalam perut. Selain itu, makan makanan yang sehat, seperti buah dan sayur dan olahraga rutin juga dapat mengatasi masalah perut kembung.

6. Jahe


Jangan lupa untuk konsumsi jahe, karena jahe memiliki kandungan bahan aktif yang bermanfaat untuk mengatasi dan mengurangi masalah peradangan di usus. Caranya Anda bisa merebus jahe tersebut, lalu Anda minum.

7. Minum yoghurt


Yoghurt adalah minuman yang baik dikonsumsi yang bermanfaat untuk usus. Probiotik adalah microorganisme baik yang ada di usus yang berfungsi membantu proses sistem pencernaan di dalam usus agar berjalan lancar. Jadi sumber probiotik tersebut berada di yoghurt.

8. Buah jeruk


Jeruk adalah buah yang kaya vitamin C ini ternyata juga bermanfaat mengatasi perut kembung secara alami. Anda bisa membuat jus jeruk atau memakan buah jeruk. Cukup sehari 1 buah jeruk Anda akan terbebas dari yang namanya perut kembung atau masuk angin.

9. Daun pepaya


Anda pasti suka makan buah pepaya. Lalu bagaimana apakah Anda sering memakan daun pepaya yang dijadikan lalapan? Nah daun pepaya ini ternyata dapat mengatasi perut kembung. Anda bisa merebus daun pepaya muda, lalu Anda bisa meminumnya saat hangat.

Ternyata rasa pahit yang terdapat pada daun pepaya tersebut lah yang bermanfaat bagi perut, yaitu mencegah dan mengobati perut kembung.

Bila terlalu pahit dan Anda tak sanggup meminumnya, Anda bisa memasukkan beberapa sendok madu jangan gunakan gula.

10. Minuman dan makanan dingin


Saat perut kembung lagi melanda Anda, jangan sekali-kali minum atau mengkonsumsi makanan dingin, karena dapat memperparah perut kembung Anda. Sebaliknya sangat di anjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang panas-panas.

11. Makan teratur


Obat tradisional perut kembung lainnya atau cara mengatasi perut kembung adalah dengan cara mengatur pola makan yang teratur. Bila Anda sedang lapar dan Anda tidak langsung memasukkan makanan ke dalam perut, kemungkinan perut Anda akan mudah masuk angin.

Karena perut yang lagi kosong akan sangat mudah masuk angin. Jadi harus teratur makannya, yaitu sehari 3 kali dan harus pas waktu juga.

12. Pakai jaket saat keluar


Saat sedang mengendarai motor atau keluar di malam hari jangan lupa untuk memakai jaket. Terlalu minim memakai baju saat sedang berada di luar atau saat perjalanan jauh dengan menggunakan motor bisa berakibat masuk angin, jadi perut akan membengkak atau kembung.

13. Pappermint


Mentol yang terdapat pada daun pappermint ternyata sangat berguna untuk mengatasi perut kembung atau obat alami perut kembung. Anda bisa mengunyah daun pappermint ketika perut kembung.

14. Bergerak sehabis makan


Nah biasanya orang kalau habis makan itu akan lemas, dan bikin mereka ngantuk. Jadinya ada yang malas bergerak sehabis makan dan bahkan ada yang tidur sehabis makan. Sehabis makan bila kita malas bergerak ternyata tidak hanya makanan yang kita makan saja yang susah di cerna tubuh, tetapi dapat membuat perut masuk angin.

Bergeraklah sehabis makan, karena dengan bergerak sehabis makan tumpukan gas yang ada di saluran pencernaan akan berkurang.

Lihat juga:
Gejala stroke ringan
Efek sering minum air dingin
Tanda tanda diabetes yang harus diwaspadai
Ciri ciri usus buntu

15. Jeruk nipis


Buah yang rasanya sangat asam ini dan kaya dengan kandungan vitamin C ini ternyata dapat mengatasi perut kembung juga. Caranya sangat gampang, cukup peras air nya di dalam gelas yang telah terisi air putih hangat, lalu minum.

16. Merokok


Hindari merokok. Merokok tidak hanya berdampak buruk bagi kesehatan tubuh Anda dan orang sekitar Anda yang terkena asapnya, tetapi merokok dapat menyebabkan perut jadi kembung.

Saat Anda sedang menghisap rokok, makan udara juga akan terhisap dan akan menyebabkan perut jadi kembung.

17. Sedotan


Saat minum air, sebaiknya tanpa sedotan dan langsung minum dengan gelas atau botol. Karena memakai sedotan dapat membuat perut jadi kembung juga karena beresiko udara masuk ke perut juga.

18. Makan labu


Konsumsi labu, karena buah sayur ini bermanfaat membantu mengurangi gas berlebih dalam perut. Anda bisa merebusnya untuk dimakan.

19. Nanas


Kandungan enzim bromelain pada buah nanas dapat membantu juga mengurangi gas di dalam perut. Anda bisa memakannya begitu saja atau membuat jus nanas.

20. Perbanyak konsumsi serat


Serat bermanfaat membantu memudahkan makanan masuk kedalam tubuh dan melewati susu dengan mulus, jadi Anda kan terhindar dari susah buang air besar dan sembelit.

Periksa ke dokter


Selain cara dengan cara alami di atas untuk mengobati perut kembung, Anda patut memeriksa diri ke dokter juga bila Anda mengalami gangguan kesehatan yang sangat parah seperti:
  • Muntah 
  • Diare 
  • Berat badan turun dengan cepat 
  • Sakit perut yang tidak berhenti 
  • Saat BAB keluar darah 
  • BAB berwarna gelap 
  • Dan gangguan kesehatan lainnya saat perut kembung 
Segera periksa diri ke dokter bila mengalami hal diatas karena bergejala Anda akan mengalami penyakit yang berbahaya.

Lihat juga:
Obat herbal diabetes alami
Obat herbal ambeien alami
Cara mengatasi anak susah makan
Tanda tanda keguguran yang harus di waspadai

Itulah cara mengatasi perut kembung secara alami dan tanpa obat perut kembung. Lakukan cara di atas untuk mengatasi perut kembung. Dan buat apa meminum obat bila cara alami masih ampuh mengatasi perut kembung. Baca juga artikel sebelumnya, cara membersihkan kotoran telinga bayi yang aman. Semoga bermanfaat!