6 Manfaat Ikan Salmon Untuk Kesehatan Yang Dahsyat

Tipscaraalami.com - Manfaat ikan salmon bagi kesehatan - Ikan salmon adalah ikan yang hidup di perairan Samudra Atlantik dan Samudra Pasifik. Ikan ini berbeda dengan jenis ikan laut lainnya, karena ikan salmon ini bisa hidup di air laut dan air tawar. Mereka lahir di air tawar atau sungai-sungai di daratan dan akan bemigrasi ke laut dan kembali lagi ke air tawar untuk bereproduksi.

Di luar negeri sana, ikan ini banyak digunakan sebagai resep masakan dan makanan yang lezat. Selain enak dan lezat, mengkonsumsi ikan salmon ternyata memberikan khasiat yang bagus bagi tubuh manusia. Seperti dilansir dari Magforwomen.com, ini manfaat ikan salmon bagi kesehatan.


manfaat ikan salmon
Manfaat ikan salmon (c) Pixabay.com/FULVIO_TOGNON

Manfaat Ikan Salmon

1. Asam amino
Ternyata ikan unik uni kaya akan kandungan asam amino. Manfaat asam amino yang ada pada ikan salmon adalah menjaga kesehatan persendian, memaksimalkan fungsi insulin, dan mencegah inflamasi pada saluran pencernaan.

2. Mencegah penyakit
Mengkonsumsi ikan salmon juga bermanfaat mencegah berbagai penyakit, seperti penyakit kardiovaskular, radang sendi, dan diabetes. Selain itu, ikan salmon juga ampuh mencegah penggumpalan darah dalam tubuh.

3. Fungsi otak
Asam lemak omega-3 pada salmon adalah salah satu nutrisi yang menunjang kesehatan fungsi otak. Penyakit Alzheimer pun bisa dicegah dengan makan ikan salmon. Selain itu, konsumsi ikan salmon dikaitkan dengan penurunan stres dan depresi. Jadi tidak akan rugi sedikitpun bila Anda mengkonsumsi ikan ini.

4. Membentuk otot
Selain bermanfaat bagi otak, manfaat ikan salmon lainnya adalah dapat membentuk otot. Untuk membentuk otot dan banyak terdapat protein tidak hanya dengan telur saja, ternyata mengkonsumsi daging ikan salmon juga dapat membentuk otot. Protein tinggi pada salmon tidak bisa dicerna dengan mudah seperti karbohidrat. Namun fungsi dari protein tersebut adalah membentuk otot yang membantu pembakaran lemak dalam tubuh secara lebih maksimal.

5. Enzim, jaringan, dan hormon
Selain itu, beberapa nutrisi penting dalam salmon adalah zat besi, kalsium, selenium, vitamin A, B, dan D. Semua nutrisi itu berperan dalam pembentukan jaringan, rambut, enzim, hormon, dan kuku.

6. Mata sehat
Untuk menjaga kesehatan mata ternyata tidak hanya dengan wortel saja, ternyata mengkonsumsi ikan salmon bisa juga membuat mata sehat. Asam lemak omega-3 dan asam amino bekerja sama dalam mencegah penuaan mata. Sehingga rajin makan salmon mampu membuat mata tetap sehat dan pandangan semakin tajam.

Ternyata banyak sekali manfaat ikan salmon bagi kesehatan tubuh. Jadi jangan ragu untuk mencoba ikan unik ini demi merasakan kesemua manfaat di atas. Semoga bermanfaat!